Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2015/09/23

Rabu, 23 September 2015

Bacaan   : Keluaran 17:8-16
Setahun : Amos 6-Obaja 1
Nas       : Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak (Keluaran 17:12)

BERKAT MELALUI SAHABAT

Adegan akhir film animasi Cars sangat menyentuh hati saya. Sebuah mobil balap berhenti di tengah pertandingan untuk menolong rekan mobil balap lain yang mengalami kecelakaan dan terbakar. Dengan sekuat tenaga ia menyemangati dan mendorong rekannya hingga mencapai garis akhir. Berkat pertolongan sahabat, mobil balap yang terbakar itu berhasil menyelesaikan pertandingan dengan baik.

Musa menghadapi situasi serupa. Saat bangsa Israel harus berhadapan dengan Bangsa Amalek, Allah memberikan kemenangan bagi umat-Nya dengan cara yang unik. Sementara orang Israel berperang, Allah memerintahkan Musa untuk pergi ke puncak bukit dan mengangkat tinggi tongkatnya. Allah menambahkan kekuatan bagi bangsa Israel saat tangan Musa terangkat memegang tongkat. Apabila ia menurunkan tangannya, kekuatan musuh yang bertambah (ay. 11). Tetapi, Musa tidak sanggup terus mengangkat tangan dan memastikan tongkat terangkat tinggi. Ketika kekuatannya melemah, Allah menghadirkan Harun dan Hur. Mereka menopang tangan Musa hingga dapat tetap tegak sampai matahari terbenam (ay. 12).

Marilah kita mengingat kembali orang-orang yang telah Tuhan hadirkan dalam hidup kita. Tidak jarang jawaban doa dari Tuhan datang melalui mereka. Berkat-Nya kita alami melalui kehadiran mereka. Kita dimampukan untuk tetap tegak berkat topangan mereka. Sambil mengucap syukur atas kehadiran mereka, marilah kita juga menyediakan diri untuk Tuhan pakai menjadi saluran berkat bagi orang di sekitar kita. -- Silvia Wiguno Setiawan/Renungan Harian

TUHAN MENETAPKAN KITA BUKAN UNTUK MERONGRONG DAN MELEMAHKAN,
MELAINKAN UNTUK SALING MENOLONG DAN SALING MENGUATKAN.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org