Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2015/09/06

Minggu, 6 September 2015

Bacaan   : Mazmur 127
Setahun : Yehezkiel 20-21
Nas       : Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga. (Mazmur 127:1)

KALAU BUKAN TUHAN

Apakah Anda pernah berpikir, "Kalau bukan saya yang bekerja, mana bisa keluarga saya hidup?" atau "Kalau bukan saya yang mengatur semuanya, mana ada kerjaan di kantor yang beres?" Hati-hati dengan pikiran seperti itu karena hal itu adalah suatu bentuk kesombongan tersembunyi. Saat kita berpikir atau berkata seperti itu sebenarnya kita sedang mengagungkan diri sendiri melebihi Allah. Kita berpikir, kitalah yang menjadikan keluarga atau perusahaan kita mampu bertahan. Padahal, tidak begitu kebenarannya.

Salomo memperingatkan kita akan hal tersebut dalam nyanyian ziarahnya yang kemudian dicatat sebagai Mazmur 127. Frasa kunci dalam Mazmur Salomo ini adalah "Jikalau bukan Tuhan yang..." Ya, jika bukan Tuhan yang memberkati kita, seberapa keras pun usaha kita tidak akan membuat keluarga kita bertahan hidup. Jika bukan Tuhan yang memberkati pekerjaan kita, mungkin kantor atau toko atau bisnis yang kita kelola sudah gulung tikar dari dulu.

Hari ini marilah kita merenungkan kata-kata Salomo ini, "Jikalau bukan TUHAN yang..., sia-sialah..." Kita dapat melengkapi sendiri titik-titiknya. Kebenaran ini dapat diberlakukan dalam berbagai sisi kehidupan kita, seperti dalam kehidupan pernikahan, membesarkan anak, membangun relasi, dan pelayanan di gereja. Jikalau bukan Tuhan yang campur tangan, sia-sialah semua usaha kita, sekeras apa pun itu. Biarlah kebenaran ini mendorong kita untuk terus mengandalkan pemeliharaan dan kedaulatan Tuhan dalam seluruh aspek kehidupan kita. -- Denny Pranolo/Renungan Harian

JIKA TUHAN TIDAK IKUT CAMPUR DALAM HIDUP KITA,
TIDAK ADA HAL BAIK YANG DAPAT KITA HASILKAN.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org