Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2015/06/21

Minggu, 21 Juni 2015

Bacaan   : Yohanes 14:1-14
Setahun : Ayub 25-29
Nas       : Kata Yesus kepadanya, "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku?" (Yohanes 14:9)

TIDAK MENGENAL AKU?

Mendadak saya merasa "kehilangan anak". Delapan tahun sudah putri sulung saya belajar di negeri tetangga: dari SMP hingga tamat PTN, dan kini mulai menapaki dunia kerja. Meski tiap hari bercakap di telepon dengan ibunya, dan sesekali dengan saya, bagi saya tetap ada sesuatu yang hilang. Saya tak tahu persis bagaimana kehidupannya di sana: di sekolah, di asrama, di gereja, bahkan yang terpenting: persekutuannya dengan Tuhan! Walau tiap libur semester dia pulang dan tinggal bersama kami sekitar dua minggu, namun kehidupannya yang sesungguhnya tetaplah "rahasia" bagi saya.

Masalah Filipus agaknya lebih parah. Bukankah tiap hari ia bergaul dengan Tuhan? Bukankah ia dapat secara langsung menanyakan ajaran Tuhan yang tak ia pahami? Bukankah kreativitas Tuhan membuatnya menjadi cerdas dan berhikmat pula? Tetapi, dari teguran Tuhan kepadanya (ay. 9), kelihatannya Filipus belum mengenal siapa Dia sesungguhnya! Dan, agaknya bukan ia saja yang demikian, melainkan Tomas juga. Pertanyaannya di ayat 5 menunjukkan ketidaktahuannya tentang siapa Tuhan dan apa tujuan-Nya datang ke dunia ini!

Saya pun jadi bertanya-tanya: apakah saya sudah betul-betul mengenal Dia? Pada "hari terakhir", Dia berterus terang bahwa banyak orang yang "tidak pernah dikenal-Nya", padahal mereka mengaku telah "bernubuat, mengusir setan, dan mengadakan banyak mukjizat demi nama-Nya" (Matius 7:23). Oh, "kehilangan anak" memang suatu kerugian besar, namun "kehilangan Dia" sungguh tak terbayangkan! -- Hiendarto Soekotjo

BERUSAHALAH SUNGGUH-SUNGGUH MENGENAL ALLAH,
SEBAB TAK SEMUA ORANG BERHASIL MENDAPATKANNYA!

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org