Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2015/05/26

Selasa, 26 Mei 2015

Bacaan   : Kejadian 4:1-16
Setahun : 2 Tawarikh 18-20
Nas       : Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya. (Kejadian 4:7b)

PERINGATAN DINI

Kain dan Habel -- sebuah kisah klasik sepanjang masa. Sebelum Kain membunuh Habel, Allah sudah memperingatkan Kain. Ketika ia hendak berbuat tidak baik, dosa tengah menanti di ambang pintu (ay. 7b). Ia harus mampu menguasai dirinya. Namun, ternyata roh jahat lebih dominan bersemayam dalam dirinya sehingga pembunuhan terhadap adiknya tidak terhindarkan lagi. Peringatan dini dari Allah tidak ia hiraukan. Jatuhlah Kain ke dalam dosa. Padahal, penyebabnya sangat sepele, karena persembahannya tidak diterima Allah (ay. 5). Alkitab tidak menjelaskan alasannya. Diperkirakan, Kain tidak mempersembahkan kurban yang terbaik.

Karena pembunuhan itu, Allah pun mengusir Kain. Kehidupannya akan lebih sukar. Ia menjadi pelarian dan pengembara di bumi (ay. 12). Namun, Allah tidak menghukum Kain dengan kematian. Allah bahkan masih memberikan kemurahan kepada Kain dengan memberinya tanda, agar setiap orang yang berjumpa dengannya tidak membunuhnya. Sungguh luar biasa rahmat dan belas kasih Allah terhadap Kain.

Dalam pergaulan sehari-hari, bisa jadi kita iri atau benci kepada sesama. Nah, jika kita bermaksud berbuat tidak baik terhadap seseorang, Roh Kudus akan mengingatkan kita. Ketika mendengar suara-Nya, berupa bisikan lembut dalam nurani kita, camkanlah hal itu sebagai peringatan dini dari Tuhan. Jangan membiarkan dosa, yang tengah berdiri di balik pintu, menerobos masuk. Sebaliknya, biarlah kasih Allah melembutkan hati kita dan mengubah kebencian kita pada orang itu. -- Tjetjep Gunawan /Renungan Harian

JANGAN MEMBUKAKAN PINTU UNTUK DOSA
YANG HENDAK SINGGAH KE DALAM HATI KITA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org