Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2015/05/21

Kamis, 21 Mei 2015

Bacaan   : Roma 15:1-13
Setahun : 2 Tawarikh 1-3
Nas       : Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci. (Roma 15:4)

MEMBACA DAN KERENDAHAN HATI

Sebuah artikel menjelaskan bahwa manfaat membaca itu ternyata bukan sekadar membantu proses menghafalkan suatu informasi. Manfaat lain yang tidak kalah penting, membaca dapat melatih kita untuk membuka diri menjadi pribadi yang rendah hati. Membaca mendorong kita berinteraksi dengan pemikiran orang lain, yang dapat memperluas wawasan kita atau menantang pendapat yang selama ini kita percayai. Di situlah kerendahan hati kita diasah.

Alkitab berisi firman Tuhan yang ditulis oleh sekitar 40 pengarang dengan latar belakang dan kebudayaan yang berbeda-beda. Harus kita akui, sebagai orang awam yang tidak belajar di sekolah Alkitab, kita sering kali mengalami kendala saat mencoba mengerti maknanya. Misalnya saja, bagaimana bisa memahami Kitab Bilangan, yang penuh dengan angka dan perhitungan memusingkan? Atau Kitab Kidung Agung, yang kadang-kadang dikomentari sebagai "bacaan untuk tujuh belas tahun ke atas"?

Di sinilah pentingnya kita meminta pimpinan Roh Kudus. Kita perlu merendahkan hati dulu, agar Roh Kudus leluasa membimbing kita. Mungkin memang banyak bagian yang tidak dapat kita pahami dengan baik karena keterbatasan kita. Namun, Roh Kudus akan menuntun kita menemukan wawasan baru dan menantang pendapat kita yang tidak sesuai dengan kebenaran. Melalui Alkitab, Roh Kudus juga akan memperlihatkan betapa sejak semula sampai selama-lamanya Tuhan sangat mengasihi kita semua. Dan Tuhan mengundang kita untuk membaca "surat cinta-Nya", agar kita semakin mengenal Dia. -- Sisilia Lilis /Renungan Harian

MEMBACA ALKITAB DENGAN KERENDAHAN HATI
MEMBAWA KITA KEPADA PENGENALAN AKAN TUHAN.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org