Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2015/03/02

Senin, 2 Maret 2015

Bacaan   : Ulangan 32:44-47
Setahun : Ulangan 3-4
Nas       : Perhatikanlah segala perkataan yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini supaya kamu memerintahkannya kepada anak-anakmu untuk melakukan dengan setia... (Ulangan 32:46)

PESAN TERAKHIR

Pesan terakhir seseorang yang hendak meninggal dunia acap kali sarat makna. Karena itu, pihak yang mendengarnya berusaha memperhatikan baik-baik dan memenuhi pesan itu. Menjelang akhir hidupnya, Musa menggunakan kesempatan untuk meninggalkan pesan penting kepada bangsa Israel yang selama empat puluh tahun dipimpinnya. Pesan itu harus didengarkan, diperhatikan, dan diingat-ingat oleh seluruh bangsanya. Musa menegaskan agar pesan itu diperhatikan dengan sungguh-sungguh.

Kepada generasi yang baru itu, Musa mewanti-wanti agar mereka jangan mengulangi kesalahan yang sama, kesalahan angkatan terdahulu yang harus dibayar dengan harga yang sangat mahal. Ia mengingatkan bahwa mereka bukanlah satu bangsa yang kebetulan disayang dan dipilih Tuhan. Sebaliknya, mereka adalah bangsa yang ditetapkan Tuhan sendiri melalui janji-Nya kepada Abraham, Ishak, dan Yakub. Allah yang telah menciptakan, memelihara, dan menjaga mereka dengan perhatian dan kesetiaan sedemikian rupa. Musa memakai istilah "dijaga-Nya sebagai biji mata-Nya sendiri" (32:10), suatu pelukisan yang menunjukkan betapa khusus dan istimewa kasih dan perhatian Allah kepada mereka.

Di dalam pesan peringatan ini berlaku prinsip dasar yang tak akan berubah: hidup dalam ketaatan kepada firman Tuhan, itulah satu-satunya jalan untuk menikmati hubungan yang benar dengan Tuhan. Apakah kita setia menjalani hidup sesuai dengan prinsip firman-Nya? Mari kita memperhatikannya baik-baik agar kita tidak terjerat dan jatuh. -- Samuel Yudi S /Renungan Harian

SETIAP ANAK TUHAN ADALAH SEBUAH BINTANG.
KIRANYA BINTANG ITU TIDAK PADAM, DAN MAKIN MENYALA TERANG.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org