Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2015/02/08

Minggu, 8 Februari 2015

Bacaan   : Yohanes 12:20-36
Setahun : Imamat 19-21
Nas       : Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; lalu Andreas dan Filipus menyampaikannya kepada Yesus. (Yohanes 12:22)

MEMBIMBING DAN MELEPASKAN

Kita tidak boleh acuh tak acuh apabila melihat seseorang yang bingung mencari pegangan hidup. Sebagai orang percaya, kita dapat membimbing orang itu kepada Tuhan Yesus. Bimbinglah orang itu satu-dua langkah kepada Yesus, kemudian lepaskan. Selanjutnya, biarlah Yesus sendiri yang menanganinya. Jangan sampai kita membuat seseorang terlalu bergantung kepada kita.

Suatu hari beberapa orang Yunani ingin berjumpa dengan Yesus. Mereka mendatangi Filipus. Agaknya Filipus adalah pribadi yang peragu sehingga ia berunding dengan Andreas. Untunglah, Andreas memang seorang pengantara sejati. Ia pernah membawa Simon saudaranya kepada Yesus. Ia pernah pula membawa seorang anak yang memiliki lima roti dan dua ikan. Kali ini ia dan Filipus mengantar orang Yunani itu kepada Yesus.

Apa yang kita pelajari dari kisah ini? Banyak. Antara lain, perlu kerja sama tim dalam pekerjaan Tuhan. Kekurangan seseorang bisa diimbangi oleh kelebihan yang lain. Yang penting, Tuhan Yesus harus diutamakan. Pelajaran lain kita peroleh pada diri Yesus. Yesus setia mengikuti jadwal kehendak Bapa-Nya. Dia tidak mau memakai jalan pintas. Kedatangan orang Yunani itu menjanjikan keberhasilan Yesus merekrut banyak pengikut, tetapi itu bukan maksud Bapa. Yesus tahu itu, "Apabila Aku ditinggikan dari bumi [disalibkan], baru Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku." Ikutilah teladan Yesus. Jangan menginginkan hasil yang instan. Untuk memperoleh mahkota kita harus mau memikul salib terlebih dahulu. -- Herodion Pitrakarya G /Renungan Harian

JADILAH ORANG KRISTEN YANG MENGIKUTI JADWAL ALLAH.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org