Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2010/08/17

Selasa, 17 Agustus 2010

Bacaan   : Ulangan 8
Setahun : Mazmur 96-98; 1 Korintus 1:1-17
Nas       : Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak Tuhan ... haruslah engkau ingat kepada Tuhan, Allahmu (Ulangan 8:2,18)

SURAT TAHUNAN

Seorang ayah punya kebiasaan unik. Sejak putrinya lahir, ia mengkhususkan sebuah laci untuk menyimpan catatan-catatan berisi kisah-kisah lucu, sedih, peristiwa-peristiwa penting, pengalaman bersama keluarga, teman gereja, teman sekolah. Juga kerinduan dan harapan sang ayah terhadap masa depan putrinya. Bersama surat itu, juga ada foto-foto, buku rapor, dan berbagai benda kenangan lain. Ketika ulang tahun putrinya menjelang, ia tinggal membuka laci itu. Maka, hamburan barang dan catatan itu menolongnya merangkumkan kebaikan Tuhan yang dialami putrinya sepanjang tahun, dalam sebuah "surat tahunan". Itulah kado utamanya bagi putrinya di setiap ulang tahunnya, yang juga selalu sangat dinanti oleh anaknya.

Sungguh indah apabila kita punya kesempatan khusus untuk mengingat segala berkat yang sudah diterima. Lebih lagi, mengingat Sang Sumber Berkat sebagai yang berdaulat atas kehidupan yang berlangsung. Seperti ketika Musa meminta bangsa Israel mengingat lagi segala kebaikan Tuhan dalam Ulangan 8. Dan, dari segala ingatan baik atas pimpinan Tuhan, membuat bangsa itu mampu mensyukuri segala hal yang dapat mereka nikmati hingga saat itu.

Demikian pula di hari ulang tahun Indonesia ini, kita mau mengingat segala berkat Tuhan pada Indonesia. Mengumpulkan segala perkara baik, prestasi, peningkatan kehidupan, dan segala kemajuan yang telah dicapai. Dari situ kita akan mampu menaikkan syukur, yang menandakan penghormatan kita kepada Allah yang berdaulat atas kehidupan bangsa ini. Dari situ pula kita dijauhkan dari sikap hati yang hanya mau menuntut, tanpa mau bersumbangsih. Selamat ulang tahun, Indonesia! -- AW

DIRGAHAYU INDONESIA, DI HARI JADIMU KAMI BERSYUKUR
SEBAB CINTA TUHAN BAGI INDONESIA, SUNGGUH TAK TERUKUR

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org