Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2010/07/11

Minggu, 11 Juli 2010

Bacaan   : Yakobus 1:21-25
Setahun : Mazmur 1-3; Kisah Para Rasul 17:1-15
Nas       : Tetapi siapa yang meneliti hukum yang sempurna ... dan bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar lalu melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya (Yakobus 1:25)

BERBAHAGIA KARENA BERBUAT

Suatu pagi, seseorang yang mengidentifikasi dirinya sebagai sirtom93 menulis pesan di sebuah situs internet. Ia mengancam akan membakar sekolahnya di Norfolk, Inggris, pada pukul 11.30. Banyak orang di seluruh dunia membaca pesan itu, tetapi tidak berbuat apa-apa. J.P. Neufeld berbeda. Ia membaca pesan itu pada pukul 10.47. Dari internet, ia melacak identitas sirtom93. Juga mencari nomor telepon kantor polisi Norfolk di Inggris yang berjarak 5.000 kilometer dari rumahnya di Kanada. Berkat laporannya, polisi berhasil membekuk sirtom93 sesaat sebelum ia beraksi. Tindakan J.P. berhasil mencegah pembunuhan massal.

Dengan membaca kita hanya menerima informasi, tetapi tidak bisa mengubah situasi. Membaca Alkitab pun demikian; hanya sibuk meneliti kebenaran Alkitab tidak bisa mengubah apa pun. Tidak menghasilkan perubahan atau pertumbuhan rohani. Baru ketika orang berjuang mewujudkannya, ia "akan berbahagia oleh perbuatannya" (ayat 25). Ketika firman Tuhan diwujudnyatakan, kuasa Tuhan bekerja. Kita bisa melakukan perbuatan yang baik dan benar bagi diri sendiri maupun sesama. Dari situ kita bertumbuh. Memang tidak selalu kita berhasil melakukan firman, tetapi yang penting bertekun. Sekalipun gagal, orang yang terus berusaha melakukan firman akan berbahagia karena mendapat pengalaman iman.

Banyak orang suka membaca Alkitab, tetapi enggan memberlakukannya. "Ini bukan saat yang tepat, " kita berdalih. "Nanti akan saya lakukan!" Ini bentuk penipuan diri. Dengan menunda melakukan firman, kita kehilangan kesempatan untuk menjadi agen perubahan. Kebahagiaan pun menjauh. Sungguh sayang! -- JTI

BAGI MEREKA YANG TEKUN MEMBERLAKUKAN FIRMAN-NYA
KEGAGALAN HANYALAH KESUKSESAN YANG TERTUNDA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org