Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/1997/07/18

Jumat, 18 Juli 1997

Bacaan   : Amsal 24:30-34
Setahun : Amsal 22-24
Nas       : "Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring," maka datanglah kemiskinan seperti seorang penyerbu (Amsal 24:33-34)

PEKARANGAN SI PEMALAS

Suatu hari kelak saya akan menulis buku berjudul How To Have A Crummy Lawn (Cara Membuat Pekarangan yang Berantakan). Seluruh halaman buku itu akan kosong, karena itulah isinya -- tidak dibutuhkan apapun. Biarkan saja dan dalam sekejap rumput-rumput liar akan tumbuh dengan subur di mana-mana. Resep ajaib untuk membuat pekarangan yang jelek adalah: jangan disiram, jangan diberi pupuk, jangan disemprot anti hama, dan jangan dirawat.

Buku itu tentu saja tidak akan terkenal atau laris karena tak seorang pun menginginkan pekarangannya tidak terawat, setidaknya bagi orang yang masih sadar. Mereka merawat taman, apa adanya, sampai suatu ketika terabaikan.

Ketika saya mencabut rumput-rumput liar, saya sering bertanya pada diri sendiri, apakah saya memberi perhatian yang cukup bagi kehidupan rohani, seperti saya memberi perhatian pada pekarangan? Betapa mudah rumput-rumput kemarahan dan perasaan tidak puas tumbuh dalam jiwa saya. Betapa cepat kecemasan menggantikan kedamaian dalam hati saya.

Jauh sebelumnya, penulis Amsal telah mengamati hal yang sama di "ladang seorang pemalas" ketika menulis: "semua itu ditumbuhi onak, tanahnya tertutup dengan jeruju, dan temboknya sudah roboh. Aku memandangnya, aku memperhatikannya, aku melihatnya dan menarik suatu pelajaran" (Amsal 24:30-32).

Resep untuk membuat pekarangan yang berantakan dan kehidupan yang rusak adalah sama -- hanya dibutuhkan sedikit kelalaian [DCM]


Take time to be Holy, speak oft with thy Lord;
Abide in Him always and feed on His Word;
Make friends of God's children, help those who are weak,
Forgetting in nothing His blessing to seek. -- Longstaff

KELALAIAN MEMBUAT HIDUP MENJADI PUING-PUING

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org