Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/berita_pesta/119

Berita PESTA edisi 119 (31-5-2017)

Mei 2017

Berita PESTA -- Edisi 119, Mei 2017
 
SABDA PESTA
Berita PESTA -- Edisi 119, Mei 2017

DAFTAR ISI

 
EDITORIAL

Salam damai sejahtera,

Pada pertengahan kuartal II ini, kami bersyukur karena tim PESTA dapat menjalankan kegiatan kelas diskusi PESTA dan sekaligus mengerjakan e-Sertifikat PESTA 2016. Kami berharap e-Sertifikat yang dikirimkan kepada seluruh peserta dapat menambah semangat mereka untuk terus belajar dan diperlengkapi.

Melalui sajian Berita PESTA Mei ini, simaklah artikel dengan judul "Kristus Adalah Penopang Alam Semesta". Kiranya melalui artikel ini, kita akan semakin dapat merenungkan dan memahami bahwa Kristuslah pusat alam semesta dan hidup kita, dan bahwa kita harus bergantung penuh kepada-Nya. Selamat menyimak. Tuhan beserta kita!

Pemimpin Redaksi Berita PESTA,
Amidya

Amidya
Situs PESTA

 
BERITA PESTA & POKOK DOA

1. Kelulusan Kelas Paskah dan DRK Maret/April 2017

Kelulusan Kelas

Kami bersyukur kepada Tuhan yang telah memimpin jalannya kelas diskusi Paskah dan DRK yang telah berlangsung pada bulan Maret/April 2017. Kelas Paskah diikuti oleh 14 peserta, dan semuanya berhasil mengikuti diskusi dari Termin I -- IV. Topik yang paling banyak menarik perhatian peserta adalah topik "Sejarah Paskah", yang memperoleh komentar jawaban sebanyak 48 komentar dari peserta, sedangkan kelas DRK yang diikuti oleh 16 peserta, pada akhir diskusi berhasil meluluskan 14 peserta. Terdapat 2 peserta yang tidak menyelesaikan diskusi karena kesibukan dalam pekerjaan dan pelayanan. Topik yang menarik perhatian dari peserta kelas DRK adalah topik "Pribadi Roh Kudus", yang memperoleh komentar jawaban sebanyak 87 dari peserta dan moderator. Kami ucapkan selamat kepada seluruh peserta yang berhasil menyelesaikan kelas Paskah dan DRK. Kiranya tetap semangat dan antusias untuk mengikuti kelas-kelas PESTA selanjutnya. Bagi peserta DRK yang belum lulus, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengikuti kembali kelas DRK pada periode selanjutnya.

2. Bergabunglah dalam Kelas PKS Juli/Agustus 2017

Kelas PKS

Pernikahan pada zaman ini sangat rentan terhadap pengaruh pandangan-pandangan postmodern yang dapat menjauhkan kita dari tujuan awal Allah membentuk lembaga pernikahan. Bagaimana anak-anak Tuhan dapat menjalankan pernikahan sesuai dengan visi Allah dan kebenaran dalam Kitab Suci? Mengapa Allah menghendaki pernikahan monogami? Bahasan tersebut akan kita pelajari dalam kelas Pernikahan Kristen Sejati (PKS) pada bulan Juli/Agustus 2017. Para pembaca setia Berita PESTA yang tertarik bergabung dalam kelas ini bisa segera mendaftarkan diri dengan mengirimkan email kepada Kusuma dengan subjek [DAFTAR - KELAS PKS]. Dengan sukacita, kami menantikan Anda untuk bergabung dalam kelas PKS Juli/Agustus 2017.

3. Pengerjaan E-Sertifikat PESTA 2016

e-Sertifikat PESTA

Syukur kepada Allah yang menolong tim PESTA dan tim Multimedia YLSA dalam penyelesaian desain e-Sertifikat PESTA. Pada awal Mei ini, kami telah mengerjakan e-Sertifikat kelas-kelas 2016 dan memasuki proses Quality Control sebelum dikirimkan kepada seluruh peserta kelas PESTA 2016 melalui email masing-masing. Doakan kiranya proses pengerjaan ini dapat kami selesaikan dengan baik sehingga peserta dapat menerima hasil belajar mereka bersama PESTA pada tahun 2016.

4. Dapatkan Bahan Pendidikan Kristen Elektronik di Situs Sekolah.co!

Sekolah.co

Situs Sekolah.co adalah situs yang dikelola oleh Yayasan Lembaga SABDA yang menyajikan sumber-sumber bahan terbaik tentang sekolah dan pendidikan Kristen elektronik di internet. Jika Anda memiliki bahan-bahan seputar sekolah, Anda dapat berpartisipasi dan mengirimkannya ke email sekolah@sabda.org. Situs Sekolah.co ini dapat Anda akses secara gratis. Dapatkan bahan-bahan artikel mengenai pendidikan teologi, sekolah Alkitab, pendidikan umum, dan situs-situs pendidikan melalui situs ini. Selamat menjelajah situs sekolah.co dan dapatkan informasi berharga mengenai sekolah dan pendidikan.

 
ARTIKEL: KRISTUS ADALAH PENOPANG ALAM SEMESTA

Kitab Suci telah mengatakan bahwa Yesus Kristus telah menopang alam semesta yang begitu besar dan hampir tidak terbatas itu dengan kuasa-Nya. Saya memakai frasa "hampir tidak terbatas" karena ini adalah satu kalimat yang berada dalam pengertian dunia relatif. Batas alam semesta belum dapat kita mengerti, tetapi kita mengerti bahwa alam semesta pasti memiliki keterbatasan. Seperti sebuah rumah yang besar, alam semesta juga ditopang oleh satu kekuatan yang terus memeliharanya. Kekuatan apakah itu? Alam semesta itu begitu ajaib, mengherankan, dan begitu tertib. Kalau manusia mengakui alam semesta sebagai sumber kekuatan, berarti kita mengakui bahwa penopangan Allah atas alam semesta itu bukanlah hal yang kecil! Kalau orang merancang pesawat terbang dengan menghitung faktor-faktor bentuk fisik dari burung, kekuatan tekanan udara, dan penghematan tenaga yang dilakukan burung saat terbang, berarti kita mengakui bahwa sepandai-pandainya manusia, tidaklah sepandai Allah yang menciptakan burung-burung beterbangan.

God create all things by Jesus

Kebenaran ini kita jumpai dalam surat Ibrani. Penulis surat Ibrani sangatlah hebat, ia mempunyai pengertian yang luar biasa tentang Kristus. Ia mempunyai pengenalan tentang Kristus, bukan saja tentang Kristus yang pernah hidup dalam sejarah, lahir di Betlehem, mati disalibkan, dan naik ke surga, melainkan ia sekaligus mempunyai pengertian global, prasejarah, dan praeksistensi dari Kristus dalam kekekalan. Ibrani 1:1-3 berbunyi demikian:

"Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi."

Klausa "yang berhak menerima segala sesuatu yang ada" ditunjukkan kepada Yesus Kristus, mempunyai arti: hak milik atas dunia bukan berada di tangan para pemimpin dunia, melainkan di tangan Kristus, Dia yang berhak menerima segala sesuatu yang ada. Klausa "oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta" berarti bahwa melalui Kristus sebagai Mediator, Allah telah menciptakan segala sesuatu. Kristus mempunyai fungsi Pencipta. Alam semesta diciptakan oleh Allah melalui Kristus sehingga dalam hal penciptaan, Kristus juga adalah Pencipta alam semesta. Di sini, kita melihat perencanaan atas alam semesta dalam Wahyu Umum yang Allah nyatakan kepada kita melalui Wahyu Khusus. Selain diciptakan melalui Kristus, alam semesta juga ditopang oleh Kristus. Dia yang memelihara, menahan, dan memperhatikan segala sesuatu yang ada. Yang memberikan napas kepada kita adalah Kristus. Segala yang ada, termasuk umat milik-Nya, pengikut-Nya, atau musuh-Nya, semua kekuatannya ditopang oleh Kristus.

Yesus menopang dunia

Kenapa Kristus mau menopang bahkan segala ajaran sesat, gereja setan, dan sekte-sekte yang menyeleweng melawan Dia? Mengapa orang-orang yang melawan Tuhan mendapatkan kekuatan dan topangan dari Tuhan juga? Kalau Allah memperbolehkan manusia melawan Dia, itu adalah supaya manusia mau bertobat melalui kasih Tuhan Yesus yang panjang, lebar, dan dalam, atau kalau mereka tidak bertobat, itu artinya mereka menghina kasih Tuhan yang panjang, lebar, dan dalam tersebut. Dengan demikian, manusia diizinkan melawan Tuhan dan menumpuk dosa-dosanya hingga suatu saat nanti penghukuman yang keras akan datang kepada mereka (Roma 2:4-6).

Alam semesta sampai sekarang terus berada dan berdiri karena ditopang oleh kekuatan yang sama dengan kekuatan yang menciptakan alam, yaitu kekuatan Pencipta itu sendiri. Pribadi Kedua adalah Pribadi Pencipta, sekaligus Pribadi Penopang, Kristus yang sudah menciptakan, juga menopang, memelihara, serta mempertahankan apa yang ada. Dengan demikian, kita melihat bahwa alam semesta bergantung pada satu pusat, yaitu Kristus.

Unduh Audio

Diambil dari:
Judul buku: : SPIK: Siapakah Kristus?
Judul artikel : Kristus adalah Penopang Alam Semesta
Penulis : Pdt. Dr. Stephen Tong
Penerbit : Momentum, Surabaya 2015
Halaman : 26 -- 28
 
Stop Press! Publikasi e-Doa untuk Melengkapi Para Pendoa Kristen

Publikasi e-Doa

Berdoalah, supaya kamu jangan masuk ke dalam pencobaan. (Lukas 22:40, AYT)

Jika Anda terlibat dalam pelayanan doa, kami mengundang Anda untuk mendapatkan berbagai bahan berupa renungan, artikel, kesaksian, dan inspirasi dari tokoh-tokoh pendoa melalui publikasi e-Doa. Anda bisa mendapatkan berbagai inspirasi, penguatan iman, serta kekayaan dalam kehidupan rohani yang sangat dibutuhkan sebagai prajurit doa dalam masyarakat Kristen Indonesia.

Untuk berlangganan, silakan mendaftarkan alamat email Anda ke doa@sabda.org atau subscribe ke alamat INI. Dengan menjadi pelanggan e-Doa, Anda secara otomatis akan menerima pokok-pokok doa dari Open Doors, 40 Hari Doa bagi Bangsa-Bangsa, dan Kalender Doa SABDA (KADOS).

 

Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr')
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan Berita PESTA.

Redaksi: Amidya, Ayub, dan Yulia
Kontak | Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
©, 2017 -- Yayasan Lembaga SABDA

 

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org