Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengadakan Permainan di Luar Ruangan yang Aman


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Rabu Gembira biasanya identik dengan permainan di luar ruangan. Oleh karena itu, Redaksi menyajikan satu tips yang dapat memberikan pandangan kepada kita ketika akan mengadakan acara permainan di luar ruangan.

MENGADAKAN PERMAINAN DI LUAR RUANGAN YANG AMAN

Walaupun ada banyak risiko dalam bermain di luar rumah/ruangan, misalnya tersandung, terluka akibat kurang hati-hati, lutut yang tergores, dan sebagainya, namun ada banyak cara yang dapat dilakukan agar permainan-permainan itu aman bagi anak-anak.

LINGKUNGAN YANG AMAN

Lingkungan yang aman adalah langkah pertama untuk menjadikan sebuah permainan aman. Daerah taman bermain seharusnya terdapat pagar yang mengelilingi untuk menghindari orang asing masuk, dan juga untuk menjaga anak-anak supaya tidak berkeliaran ke daerah yang tidak aman. Taman bermain juga seharusnya bebas dari bahaya yang mungkin timbul, seperti akar pohon yang menonjol yang dapat membuat anak-anak tersandung, sampah, tanaman-tanaman berbahaya (duri, tumbuhan yang mengandung racun, dll.), sarang lebah, dan liang binatang. Agar murid aman dari bahaya lain yang mungkin muncul saat bermain di luar ruangan, anak-anak perlu disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman, termasuk sepatu dan pelindung dari sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan.

TINGKAH LAKU YANG AMAN

Salah satu faktor paling penting dalam permainan yang aman adalah memastikan bahwa para murid memainkan permainan dengan benar. Tenaga yang sangat bersemangat ditambah dengan imajinasi anak-anak yang tak terbatas, membuat mereka melakukan permainan yang sangat bervariasi namun bisa membahayakan, khususnya jika murid lain mulai bertingkah laku tidak aman. Sebelum memulai sebuah permainan, para murid perlu mengerti peraturan main dan konsekuensinya ketika mereka melanggar peraturan tersebut dengan bertingkah laku yang tidak aman. Permainan kasar atau tingkah laku yang sembrono harus segera ditangani dan dikontrol untuk menghindari terjadinya hal serupa, dan perilaku yang berbahaya sebaiknya tidak dibiarkan.

PERLENGKAPAN YANG AMAN

Permainan membutuhkan perlengkapan yang lengkap supaya aman saat dimainkan. Bola, pemukul, jaring, dan peralatan lain sebaiknya diperiksa sebelum dan setelah digunakan untuk memastikan bahwa tidak ada masalah. Perlengkapan taman bermain, misalnya peralatan olahraga seperti di hutan, dan ayunan, sebaiknya diperiksa secara rutin untuk melihat apakah ada yang berkarat, bagian yang mudah rusak, bagian yang pecah, baut yang terlepas, ujung yang tajam, dan bahaya lain yang dapat menyebabkan luka. Memertahankan perlengkapan dengan benar juga akan memerpanjang keawetannya. Hal ini dapat lebih membuat para murid menikmati permainan dengan aman.

Sebagai tambahan untuk perlengkapan murid dalam bermain, mereka sebaiknya dilengkapi dengan perlengkapan yang diperlukan untuk permainan yang mereka ikuti. Alas kaki yang benar sangatlah penting, sandal, contohnya, tidak aman untuk bermain sepak bola. Para murid sebaiknya diajarkan bahwa memakai beberapa perlengkapan adalah keputusan yang bijak supaya dapat bermain dengan aman.

PENGAWASAN YANG AMAN

Pengawasan yang memadai berguna untuk menjaga keamanan selama beraktivitas dan bermain di luar ruangan. Sebaiknya minimal ada satu orang dewasa yang menjaga para murid yang sedang tergabung dalam permainan yang sudah diatur, dan idealnya, seharusnya ada beberapa orang dewasa yang mendampingi murid dalam kelompok yang besar. Orang dewasa yang sedang mengawasi para murid sebaiknya tidak ikut bermain, misalnya menjadi pelempar di permainan bola tangan, karena itu akan membatasi kemampuan mereka untuk menjaga keamanan terhadap semua pemain. Selain itu, saat mengawasi keributan supaya tidak terjadi kekerasan, orang dewasa sebaiknya juga mencatat tingkah laku lain, seperti mengganggu orang lain atau sikap acuh yang dapat menimbulkan luka.

Sayangnya, terkadang jumlah guru yang dibutuhkan tidak cukup untuk mengawasi anak-anak saat melakukan kegiatan di luar ruangan. Para orang tua sering kali dipersilakan untuk dengan sukarela membantu dalam mengawasi kegiatan dan memberi waktu istirahat bagi para guru. Bila jumlah orang dewasa yang mengawasi bisa lebih banyak, maka hal tersebut akan membatasi situasi yang membahayakan.

IDE-IDE UNTUK PERMAINAN YANG AMAN

Jenis-jenis permainan yang tepat untuk kegiatan di luar ruangan tidak hanya dilaksanakan di lingkungan yang bebas dari risiko dengan perlengkapan yang benar, tingkah laku, dan pengawasan yang diharapkan, tetapi permainan tersebut juga dirancang untuk meminimalisir keadaan berbahaya yang mungkin terjadi. Permainan yang aman mengandung sedikit kontak antarpemain, dan peraturannya sederhana serta mudah untuk dimengerti dan diikuti semua orang. Permainan di luar ruangan yang populer di antaranya adalah:

  • mematung (seolah-olah menjadi patung selama beberapa menit),
  • sepak bola,
  • melompat dengan satu kaki,
  • lompat tali,
  • kucing dan tikus, dan
  • petak umpet.

Permainan-permainan yang populer ini sering kali dimodifikasi. Orang dewasa sebaiknya mengawasi jalannya permainan dengan saksama dan membuat beberapa perubahan jika diperlukan supaya permainan tersebut tetap aman dan menyenangkan.

MENGANTISIPASI KEADAAN DARURAT

Permainan yang aman pun dapat menimbulkan kecelakaan atau luka. Orang dewasa harus siap menangani keadaan darurat seperti di bawah ini.

  • Minimal satu orang dewasa menguasai CPR (bantuan pernapasan buatan) anak dan teknik pertolongan pertama.
  • Minimal satu orang dewasa memiliki telepon seluler yang dapat dipakai memanggil bantuan jika diperlukan.
  • Daftar nomor telepon darurat sebaiknya tersedia untuk setiap murid, termasuk cara menghubungi orang tua atau wali mereka, catatan mengenai alergi yang dimiliki para murid, dan informasi detail lainnya.
  • Kotak pertolongan pertama sebaiknya disiapsediakan dan sebaiknya terdapat sarung tangan sekali pakai, perban, dan alat-alat lain yang diperlukan.
  • Orang dewasa yang menjadi pengawas sebaiknya mengenali murid yang memunyai kebutuhan khusus, misalnya alergi tehadap sengatan lebah dan membutuhkan pengobatan yang segera.

KESIMPULAN

Dengan menciptakan lingkungan yang tepat, mengajarkan perilaku yang bertanggung jawab, menyediakan perlengkapan yang benar, dan siap untuk mengatasi keadaan darurat, maka permainan di luar ruangan dapat dinikmati sehingga memberikan kesenangan dan kegembiraan untuk memecahkan suasana. (t/Hilda)

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Komentar