Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Melatih Anak Berdoa Dengan Disiplin


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Agar pembinaan kepada anak-anak semakin efektif, perlu dikembangkan hal-hal yang dapat dilakukan anak-anak setiap hari secara mandiri di rumah, yaitu:

1. Jam doa.

Guru dapat meminta anak-anak menentukan sendiri jam-jam doa mereka setiap hari. Guru secara berkala membicarakan dan mengevaluasi pelaksanaan jam doa ini. Apakah setiap anak sudah menepati jam doanya dengan baik? Jika belum, mengapa?

Tentu saja, tekanan pelajaran kita bukanlah pada soal "jam berapa"nya, melainkan mendidik anak-anak secara disiplin agar memiliki kehidupan doa pribadi yang hidup.

2. Renungan harian anak.

Anak-anak ternyata tidak hanya cukup mengikuti kegiatan sekolah minggu yang hanya 1 -- 1,5 jam per minggu. Perasaan semacam ini timbul dari pengamatan orangtua dan guru terhadap perilaku anak-anak setiap hari. Anak-anak juga membutuhkan bimbingan rohani setiap hari agar memiliki kerohanian dan kepribadian yang terus bertumbuh. Karena itulah, diperlukan media untuk memelihara dan menumbuhkan kerohanian mereka setiap hari.

Agar media itu efektif dan tepat sasaran, diperlukan beberapa syarat:

  1. Menarik (kreatif) dan sesuai dengan dunia anak-anak.

  2. Tidak boleh menyita banyak waktu karena anak-anak sudah sangat sibuk dan lelah dengan berbagai kegiatan studi dan les-les yang setiap hari harus mereka ikuti.

  3. Tidak sekadar menghibur, tetapi juga dapat membentuk kerohanian dan kepribadian anak-anak dengan kurikulum yang terarah dan teratur (terencana).

  4. Menjawab pergumulan anak sehari-hari. Salah satu yang dapat memenuhi kriteria di atas adalah renungan harian anak.

Diambil dan disunting seperlunya dari dari:

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Artikel: 
Arah Tugas dan Tanggung Jawab Setiap Anak
Judul Buku: 
Mereformasi Sekolah Minggu
Pengarang: 
Paulus Lie
Halaman: 
124
Penerbit: 
PBMR ANDI
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
2003

Komentar