Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Lima Cara untuk Membantu Anak-Anak Memahami Alkitab


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 755 - Apakah Anak-Anak Mendengar Injil atau Cerita dari Alkitab? (II)

Ingat ketika Yesus menceritakan perumpamaan tentang penabur (Matius 13)? Seorang penabur pergi dan melemparkan benih ke berbagai jenis tanah. Beberapa benih dihimpit oleh duri, yang lainnya dimakan oleh burung-burung, dan beberapa dari benih itu bertumbuh dan menghasilkan banyak buah. Para murid (seperti biasa) benar-benar bingung dan meminta Yesus untuk menjelaskan perumpamaan-Nya. Yesus (seperti biasa) berbicara kepada mereka menjelaskannya, langkah demi langkah.

  • Ketika ada orang yang mendengar firman tentang Kerajaan Allah dan tidak memahaminya, datanglah si jahat dan merampas apa yang telah ditaburkan dalam hatinya. Inilah benih yang ditaburkan di pinggir jalan.
  • Adapun yang ditaburkan di tanah yang berbatu adalah orang yang mendengar firman itu dan segera menerimanya dengan gembira, tetapi firman itu tidak berakar dalam dirinya sendiri. Orang ini bertahan untuk sementara waktu, tetapi ketika penindasan atau penganiayaan muncul karena firman itu, ia segera menjadi murtad.
  • Adapun yang ditaburkan di tengah semak duri adalah orang yang mendengar firman itu, tetapi kekhawatiran dunia dan tipu daya kekayaan menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.
  • Adapun yang ditaburkan di tanah yang baik adalah orang yang mendengar firman itu dan memahaminya. Dia benar-benar berbuah dan menghasilkan, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh, dan ada yang tiga puluh.

Banyak orang akan mendengar firman Tuhan, tetapi dengan alasan yang berbeda, Firman itu tidak bertumbuh dalam kehidupan mereka. Anak-anak kita mungkin tidak mengalami banyak penganiayaan atau bahkan tipu daya kekayaan. Namun, tahukah Anda apa yang mereka gumulkan? Pemahaman. Anak-anak sama sekali tidak mengerti apa yang ada di dalam Alkitab. Dan, lihatlah apa yang Yesus katakan: ketika mereka tidak mengerti, si jahat akan datang dan merebut apa yang ditaburkan dalam hati mereka! Merebutnya!!

Inilah sebabnya, mengapa membantu anak-anak kita memahami firman Tuhan sangatlah penting! Jika kita dapat membantu mereka memahaminya sekarang, firman itu akan dapat bertumbuh hingga 100 kali dalam hati mereka sebelum mereka bahkan menjadi orang dewasa dengan semua permasalahan di dunia.

Akan tetapi, bagaimana caranya? Mempelajari firman Allah cukup sulit bagi diri kita sendiri. Membantu anak-anak kita belajar Alkitab dapat benar-benar menakutkan! Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda melakukan tindakan lebih lanjut pada studi Alkitab dengan anak-anak Anda yang akan mengurangi rasa takut:

1. Buatlah itu dapat dimengerti.

Sama seperti yang Yesus katakan, anak-anak kita perlu memahami Alkitab. Carilah versi untuk anak-anak, yang sesuai dengan tingkat usia anak-anak Anda. Bacakan versi yang sesuai untuk mereka, biarkan mereka membacanya sendiri dan menghafalnya (bahkan, jika itu terdengar berbeda dari apa yang Anda hafal saat Anda anak-anak!).

2. Buatlah itu menjadi pendek.

Apakah Anda tahu anak-anak Anda memiliki rentang perhatian yang pendek? Aha! Itu harus menjadi trik pertanyaan--tentu saja! Umumnya, rentang perhatian adalah sekitar satu menit untuk setiap usia. Jadi, anak Anda yang berusia lima tahun dapat memperhatikan selama sekitar lima menit. Itu berarti Anda memiliki sekitar 5 menit untuk studi Alkitab! Dan, itu sempurna!

Bacalah satu atau dua ayat dan selesaikan. Baca bagian pertama dari cerita Alkitab saat sarapan dan menyelesaikannya saat makan malam. Lakukan perenungan firman Anda sesuai dengan tingkat usia mereka dan Anda akan melihat lebih banyak minat dan respons!

3. Buatlah itu menjadi menyenangkan.

Gunakan apa yang Anda bisa untuk membuat firman Tuhan menjadi hidup. Bagaimana dengan membuat kerajinan domba setelah membaca Mazmur 23? Atau, bermain peran di dalam kolam renang anak-anak dengan perahu mainan setelah membaca tentang Yesus menenangkan badai? Atau, membangun menara dengan blok ketika membaca kisah Nehemia? Ada banyak ide menyenangkan secara daring, tetapi lihatlah di sekitar ruang bermain dan dapatkan ide kreatif!

4. Lakukan itu di mana-mana.

Saya sebenarnya mencuri tip ini dari Allah. Dalam Ulangan 6, Dia mengatakan kepada orang Israel, "Ingatlah selalu perintah-perintah yang kusampaikan kepadamu hari ini. Kamu harus mengajarkan semuanya itu terus-menerus kepada anak-anakmu dan bicarakanlah ketika kamu duduk di rumahmu, ketika kamu sedang dalam perjalanan, ketika kamu sedang berbaring, dan ketika kamu bangun. Ikatkanlah itu sebagai tanda peringatan pada tanganmu dan pasangkanlah itu di dahimu. Tuliskanlah itu pada tiang pintu rumahmu dan gerbangmu."

Kelilingi diri Anda dengan firman Tuhan. Pasang hiasan ayat Alkitab di dinding Anda (bahkan, jika anak-anak Anda harus membuatnya!), putar lagu-lagu Alkitab (seperti Seeds Family Worship, the Rizers atau Yancy) di mobil Anda dan saat Anda bersiap-siap untuk sekolah, berbicaralah tentang penciptaan ketika Anda melihat awan tipis, gunakan moral televisi dan tema film untuk mengarahkan percakapan tentang firman Tuhan. Lihat berapa kali Anda dapat berkata, "Itu mengingatkan saya pada sebuah ayat/cerita dalam Alkitab ...." Buatlah firman Allah menjadi bagian dari kata-kata Anda setiap hari.

5. Buatlah itu menjadi santai.

Ya. Santai. Bersantailah. Mengajarkan anak-anak kita dalam firman Allah dapat terlihat menakutkan. Akan tetapi, coba tebak? Firman-Nya adalah hidup (sehingga Anda tidak bertanggung jawab membuatnya menjadi hidup untuk anak-anak Anda). Ini adalah sebuah benih (sehingga Anda tidak akan melihat buahnya saat itu juga, Anda benar-benar harus setia menanamnya). Ini adalah pedang (menusuk ke hati, Anda tidak perlu memukul anak-anak Anda dengan gada). Dan, itu seperti hujan yang menyirami bumi (Anda tidak harus membuat firman Allah melakukan apa pun, Allah mengawasinya untuk memastikan bahwa itu melakukan apa yang Dia rencanakan!).

Tugas Anda adalah berbicara kepada anak-anak Anda tentang firman Allah yang menakjubkan, yang memberi hidup, mengubah hidup. Adalah tugas Allah untuk mengubah hati anak Anda dan menarik mereka kepada-Nya. Anda memiliki bagian yang menyenangkan--yaitu mengalami Allah dengan anak Anda! Betapa karunia dan kesempatan yang sungguh indah!

Apa yang akan Anda lakukan hari ini untuk memperkenalkan Alkitab kepada anak Anda? (t/Jing-Jing)

Download Audio

Diterjemahkan dari:
Nama situs : One Hope
Alamat situs : https://onehope.net/ohamanda/
Judul asli artikel : 5 ways to help kids understand the Bible
Penulis artikel : Amanda White
Tanggal akses : 18 April 2017

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar