Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Dasar Para Pelayan Kristus


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Cakupan dan dampak pelayanan kita menyebabkan setiap pelayan Tuhan perlu memperlengkapi diri dengan memerhatikan dasar, nilai-nilai, atau etika seorang pelayan Kristus yang harus diterapkan setiap hari. Nilai-nilai ini harus melekat di dalam diri kita dan menjadi gaya hidup, sehingga kita tidak dicap sebagai orang percaya yang memakai topeng, yang kelihatan sangat rohani di waktu-waktu tertentu saja. Ketika menghidupi dasar dan nilai-nilai yang alkitabiah ini, sesungguhnya kita sedang berusaha mendisiplin

Cakupan dan dampak pelayanan kita menyebabkan setiap pelayan Tuhan perlu memperlengkapi diri dengan memerhatikan dasar, nilai-nilai, atau etika seorang pelayan Kristus yang harus diterapkan setiap hari. Nilai-nilai ini harus melekat di dalam diri kita dan menjadi gaya hidup, sehingga kita tidak dicap sebagai orang percaya yang memakai topeng, yang kelihatan sangat rohani di waktu-waktu tertentu saja. Ketika menghidupi dasar dan nilai-nilai yang alkitabiah ini, sesungguhnya kita sedang berusaha mendisiplin diri untuk terus mengenakan karakter Kristus setiap hari.

Dasar Bagi Para Pelayan Kristus

  1. Mengakui Alkitab adalah firman Tuhan dan merupakan otoritas tertinggi dalam hidup. Alkitab adalah firman Tuhan, bukan sebagian dari firman Tuhan. Jika kita menjadikan Alkitab yang adalah firman Tuhan sebagai otoritas tertinggi di dalam hidup kita, maka ajaran-ajaran Alkitab akan menjadi standar dalam hidup kita setiap hari. Karena itu pelayanan kita harus dibangun di atas dasar kebenaran Alkitab dan norma-norma yang tertulis di dalamnya (2 Timotius 3:15-17).

  2. Hidup dan tindakan pelayan Kristus harus dibangun di atas ajaran serta teladan hidup sang Guru Agung, Tuhan Yesus Kristus (1 Yohanes 2:6; Filipi 2:5-11). Prinsip dan nilai-nilai yang diajarkan Yesus selama Dia masih berada di bumi ini menjadi patokan bagi kita sebagai pelayan-pelayan Kristus.

  3. Pelayanan haruslah diwujudkan berdasarkan ketaatan kepada kehendak Tuhan, bukan pada keinginan atau ambisi diri sendiri. Ketaatan merupakan pernyataan kasih kita kepada Tuhan yang kita layani (Matius 22:37-39).

  4. Pola pikir dan perilaku seorang pelayan Kristus harus dibangun di atas idealisme teologi serta etika Kerajaan Allah, yang tentunya akan membawa kemuliaan bagi nama Tuhan (Roma 11:36).

  5. Pelayanan haruslah dibangun di atas komitmen dan tanggung jawab kepada Tuhan yang memercayakan pelayanan itu kepada kita. Sikap atas tanggung jawab ini haruslah diwujudkan dalam hubungan-hubungan yang patut kepada Tuhan dan sesama. Pelayanan haruslah dilakukan secara bertanggung jawab untuk membawa kebaikan kepada semua pihak, khususnya terhadap mereka yang dilayani (Kolose 3:23- 24).

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Artikel: 
Excellent Servant
Judul Buku: 
Manna Sorgawi (Majalah)
Pengarang: 
Tidak dicantumkan
Halaman: 
Tidak dicantumkan
Penerbit: 
YPI Kawanan Kecil Divisi Renungan Harian

Komentar