Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info

Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Lebih dekat dengan lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas Budaya
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
| suku 111
dari 128 suku

SUKU MANDAR

Rumpun : Bugis
Wilayah : Sulawesi
Jumlah Penduduk : 250.000
Persentase Kristen : 0,002%
Kristen yang diketahui : 5
Alkitab : Belum
Film Yesus : Belum

Suku Mandar terletak di Kabupaten Majene, Propinsi Sulawesi Selatan. Mendiami daerah di sepanjang aliran sungai Mandar dan Tajung Mandar. Daerah ini dilingkupi oleh pegunungan. Terdapat lahan persawahan yang luas. Hasil lautnya yang terkenal yakni ikan cakalang dan penyu. Konon di sana ada sejenis burung langka yang disebut burung Mandar, dan jenis ini berasal dari famili arimadea (Latin). Burung ini merupakan burung yang dilindungi. Tidak jelas apa hubungan nama burung dengan nama suku ini, tetapi yang pasti belum jelas jikalau ada dijumpai pada suku ini murid Yesus. Sudah ada beberapa orang yang menyambut Sang penebus orang Mandar.

  1. Mari kita mendoakan beberapa orang yang telah percaya agar hidup mereka dijaga oleh Yesus. Di antara mereka dapat dipakai menjadi alat Tuhan. Pembicara Injil yang berani bersaksi datang dan menetap pada suku Mandar. Mulai mendoakan dan membagi berkat rohani bagi orang Mandar.
  2. Mari kita memerangi kuasa kegelapan. Seringkali hal ini menghalangi pemberitaan Injil. Berdoa juga tokoh ulama di sana agar hati mereka dilembutkan oleh Roh Kudus. Mereka menjadi sasaran penjangkauan pelayanan Kabar Baik.
  3. Berdoalah untuk mempersiapkan perintisan. Doakan agar Allah yang empunya ladang mengutus pekerja dan penuai ke sana. Doakan lembaga rohani agar sadar akan pentingnya pengutusan kepada jiwa-jiwa yang sedang tersesat.
  4. Berdoa dengan sungguh-sungguh agar ada jiwa dari suku Mandar yang percaya kepada Tuhan Yesus pada akhir abad ini.


|




 Ke atas 
© 2003 YLSA