Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info
Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Lebih dekat dengan lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
 
| suku 33
dari 61 suku
SUKU KOMERING
Sumatera Selatan

Letak : Sumatera Selatan
Populasi : 800.000 jiwa
Bahasa : Komering
Anggota Gereja : 65 (0,01%)
Alkitab dalam bahasa Komering : Dalam proses
Film Yesus dalam bahasa Komering : Ada
Siaran radio pelayanan dalam bahasa Komering : Ada

Sebagian besar suku ini tinggal di bagian tenggara P. Sumatera. Nama Komering berasal dari sungai Komering karena kehidupan mereka sangat bergantung pada sungai itu. Suku Komering terbagi atas dua kelompok besar : Komering Ilir yang tinggal di sekitar Kayu Agung dan Komering Ulu yang tinggal di sekitar kota Baturaja. Bahasa mereka disebut bahasa Komering.

SOSIAL BUDAYA

Mata pencaharian mereka pada umumnya adalah bertani dan berdagang. Mereka cenderung menanam padi dan kopi, karena tanah dimana mereka tinggal umumnya berpaya-paya dan merupakan tanah datar yang cocok untuk penanaman padi. Karet dan kayu gelondongan juga penting untuk perekonomian mereka. Hasil panen mereka umumnya dijual di pasar setempat atau di toko-toko. Kehidupan mereka cukup keras dan pendapatan mereka rendah; banyak anak-anak harus meninggalkan sekolah mereka supaya bisa bekerja dan membantu menambah penghasilan keluarga.

Sebagian besar rumah orang Komering terletak di sepanjang sungai Komering dan terletak di atas tiang yang tinggi untuk menghindari banjir pada waktu air sungai meluap. Rumah mereka hanya boleh terdiri dari satu kamar tidur dan satu ruang keluarga yang besar. Lantai dan dinding terbuat dari kayu atau bambu yang diratakan. Atap rumah adalah genteng yang terbuat dari tanah liat atau atap lalang terbuat dari semacam daun palem.

Struktur keluarga mereka : suami sebagai kepala rumah tangga dan boleh lebih dari satu istri, walaupun tidak umum terjadi disebabkan oleh biaya yang harus ditanggung. Istri adalah pengurus rumah bersama-sama dengan anak-anaknya. Banyak kaum wanita terlihat juga ikut bekerja keras di ladang dan membawa barang-barang berat di atas kepala mereka.

AGAMA/KEPERCAYAAN

Di samping ajaran agama Islam yang berpengaruh kuat pada kebudayaan mereka, suku Komering juga memiliki kepercayaan yang kuat pada tahayul dan roh-roh. Dukun-dukun sering dipanggil untuk menyembuhkan orang sakit atau untuk mengusir setan. Karena ketakutan mereka akan roh-roh jahat, mereka hidup sangat jujur.

KEBUTUHAN

KEBUTUHAN fisik orang Komering masih banyak, sebab sepertiga dari orang Komering hidupnya masih tergolong miskin dan membutuhkan perawatan kesehatan dan air bersih. Rumah mereka kebanyakan rusak dan sangat sedikit kesempatan bagi anak-anak orang Komering untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

POKOK DOA
Kemudian daripada itu aku melihat : sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhintung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. Dan dengan suara nyaring mereka berseru : "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba !" (\\/TB #Wahyu 7:9-10*\\)
  1. Berdoa agar Tuhan mencurahkan Roh Kudus, berkat dan kasihNya di tengah-tengah suku Komering, agar terang dan kemuliaan Tuhan bercahaya di atasnya. Berdoa agar hati mereka disentuh oleh kasih Tuhan melalui berbagai cara dan mereka yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan.
  2. Berdoa agar Tuhan yang empunya tuaian membangkitkan gerejaNya untuk bersatu dan bekerjasama, menyediakan pekerja : pendoa syafaat, penerjemah Alkitab, kaum profesional, penabur dan penuai untuk memberkati dan meningkatkan kesejahteraan hidup suku Komering
  3. Berdoa bagi adanya lembaga & gereja yang digerakkan oleh Tuhan untuk mengadopsi suku Komering yang juga berbeban dalam meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Jika saudara ingin mengetahui informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi :
PJRN
Kotak Pos 6739/JKUKP - Jakarta 14607
Telp/Fax. (021) 45843235-42

Untuk kalangan sendiri
|



 Ke atas 
© 2003 YLSA