Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereBagian D. Penuntun Pemahaman Alkitab Pribadi:

Bagian D. Penuntun Pemahaman Alkitab Pribadi:


  1. Tabel Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
    1. Penuntun Untuk Mempelajari Perjanjian Lama
    2. Penuntun Untuk Mempelajari Perjanjian Baru
  2. Memilih Alkitab untuk Bahan Pemahaman
  3. Alat Bantu untuk Pemahaman Alkitab
  4. Bagaimana Cara Menggunakan Buku Tafsir

PENUNTUN UNTUK MEMPELAJARI PERJANJIAN LAMA










JENIS TULISAN : SEJARAH/BIOGRAFI (Kejadian sampai Ester, kecuali Imamat)
SITUASI ROHANI DAN BUDAYA : Allah menjangkau manusia di mana mereka berada dan mewahyukan diri dan kebenaran-Nya secara bertahap.
AJUKAN PERTANYAAN KUNCI : Apa yang terjadi? Kapan? Mengapa hal itu dicatat? Apa yang dinyatakannya tentang Allah? Tentang sejarah manusia? Pelajaran praktis apakah bagi kita saat ini?


JENIS TULISAN
:
HUKUM (Imamat; beberapa bagian Keluaran; Bilangan; dan Ulangan)
SITUASI ROHANI DAN BUDAYA
:
Hukum-hukum ini diberikan kepada bangsa Israel yang hidup di tengah-tengah bangsa bengis penyembah berhala. Beberapa hukum diadaptasi untuk diberlakukan secara praktis waktu itu.
AJUKAN PERTANYAAN KUNCI
:
Apa maksud hukum-hukum tersebut? (Gal 3:19-25). Apakah hukum khusus yang saya pelajari adalah perintah dasar? Jika itu merupakan hukum sipil, mengapa Allah memberikannya? Jika bersifat tatacara, bagaimana hal itu dapat melambangkan bayang-bayang keselamatan dalam PB? Apa yang dapat saya pelajari dari hal tersebut?


JENIS TULISAN
:
PUISI/HIKMAT (Ayub sampai Kidung Agung)
SITUASI ROHANI DAN BUDAYA
:
Puisi Ibrani dipenuhi dengan gambaran. Gagasan-gagasan diulang dengan kata-kata yang berbeda. Secara umum Amsal mengungkapkan prinsip, bukan janji-janji Allah.
AJUKAN PERTANYAAN KUNCI
:
Apa arti bagian ini bagi orang-orang sebelum zaman Kristus? Apa artinya bagi saya? Apa yang disampaikannya tentang penyembahan? Tentang kehidupan? Tentang Allah?


JENIS TULISAN
:
NUBUATAN (Yesaya sampai Maleakhi)
SITUASI ROHANI DAN BUDAYA
:
Nubuatan bukanlah ide sederhana yang kemudian menjadi sejarah. Nubuatan atas suatu peristiwa yang akan terjadi di masa depan terkait dengan peristiwa yang akan terjadi dalam waktu dekat.
AJUKAN PERTANYAAN KUNCI
:
Apa konteks sejarah dari nubuat ini? Apakah sudah digenapi sebelum Kristus? Melalui Kristus? Unsur nubuatan apakah yang masih belum digenapi? Apa yang dapat saya pelajari dari nubuatan ini?

  1. Tabel Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
    1. Penuntun Untuk Mempelajari Perjajian Lama
    2. Penuntun Untuk Mempelajari Perjajian Baru
  2. Memilih Alkitab untuk Bahan Pemahaman
  3. Alat Bantu untuk Pemahaman Alkitab
  4. Bagaimana Cara Menggunakan Buku Tafsir

PENUNTUN UNTUK MEMPELAJARI PERJANJIAN BARU









JENIS TULISAN : INJIL
(Matius sampai Yohanes): Kelahiran, pengajaran, mujizat, penderitaan, kematian, dan kebangkitan Kristus
SITUASI ROHANI DAN BUDAYA : Yesus berbicara terutama kepada orang-orang Yahudi yang hidup di bawah hukum Taurat dan yang beribadah di bait Allah. Gambaran-gambaran tersebut terdapat di dalam semua Injil.
AJUKAN PERTANYAAN KUNCI : Apa maksud tindakan dan perkataan Tuhan bagi orang-orang pada zaman-Nya? Bagaimana saya dapat menerapkannya pada kehidupan saat ini?




Sejarah kekristenan pada abad pertama.





JENIS TULISAN : KISAH PARA RASUL
SITUASI ROHANI DAN BUDAYA : Kabar baik tentang keselamatan melalui Kristus diterima bukan saja oleh kaum Yahudi, tetapi juga oleh bangsa-bangsa asing. Masa transisi dari kepercayaan Yudaisme kepada kekristenan berlangsung secara berangsur-angsur.
AJUKAN PERTANYAAN KUNCI : Unsur apakah yang terdapat dalam pengalaman dan pengajaran para rasul yang memiliki arti penting pada masa transisi tersebut? Manakah yang dapat saya terapkan dalam kehidupan?









JENIS TULISAN : SURAT-SURAT PARA RASUL
(Roma sampai Yudas): Surat-surat yang ditulis dan ditujukan kepada gereja-gereja dan/atau pemimpin-pemimpin gereja.
SITUASI ROHANI DAN BUDAYA : Kepada gereja-gereja dan para pemimpinnya telah diberikan petunjuk-petunjuk teliti tentang iman kepada Allah dan petunjuk-petunjuk praktis bagi gereja segala zaman.
AJUKAN PERTANYAAN KUNCI : Siapa penulis surat ini? Mengapa surat ini ditulis? Kepada siapa surat ini ditujukan? Apa garis besar isi surat ini? Doktrin dasar apa yang ingin diajarkan? Bagaimana menerapkannya dalam hidup saya? Dalam gereja? Pada orang non-Kristen?









JENIS TULISAN : WAHYU
Gambaran rencana Allah tentang akhir zaman dalam bahasa simbolik.
SITUASI ROHANI DAN BUDAYA : Sebuah pesan bagi gereja-gereja pada akhir abad pertama dan bagi semua orang percaya segala zaman. Berbicara tentang peristiwa yang akan terjadi di masa depan.
AJUKAN PERTANYAAN KUNCI : Mengapa kitab ini ditulis? Kepada siapa kitab ini ditujukan? Apa yang dibicarakan di dalamnya? Nilai apakah yang ingin disampaikan kepada pembaca mula-mula? Tuntunan apakah yang kita dapat darinya?

  1. Tabel Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
    1. Penuntun Untuk Mempelajari Perjanjian Lama
    2. Penuntun Untuk Mempelajari Perjanjian Baru
  2. Memilih Alkitab untuk Bahan Pemahaman
  3. Alat Bantu untuk Pemahaman Alkitab
  4. Bagaimana Cara Menggunakan Buku Tafsir

MEMILIH BAHAN PEMAHAMAN ALKITAB

Dr. Irving Jensen, guru besar Alkitab dari Bryan College, yang pemahaman Alkitab induktifnya telah dikenal secara luas, memulai pelajaran metode pemahaman Alkitab di kelasnya dengan menunjukkan empat hal pokok untuk melakukan pemahaman Alkitab, yakni: Alkitab, mata, pensil, dan kertas.

Hal pertama adalah Alkitab. Anda dapat menggunakan Alkitab Terjemahan Baru terbitan Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) sebagai pedoman pembacaan. Juga tidak tertutup kemungkinan Anda menggunakan Alkitab dalam bahasa Indonesia sehari-hari sebagai pembanding. Namun itu saja belumlah cukup. Akan sangat menolong bila Anda juga menggunakan Alkitab bahasa Inggris dan Alkitab khusus untuk pemahaman Alkitab.

Khusus untuk Alkitab bahasa Inggris, haruslah dipilih dengan bijaksana. Pertama-tama Anda harus mempertimbangkan versi yang akan digunakan, sebelum membeli Alkitab tersebut. Berbagai penjelasan dan catatan khusus yang ada di dalamnya akan memberi berbagai informasi yang berguna, menghemat waktu dan mencegah Anda menarik kesimpulan yang salah. Mari kita perhatikan beberapa versi Alkitab bahasa Inggris yang dapat kita gunakan dalam pemahaman Alkitab.

Terjemahan Alkitab Dalam Bahasa Inggris

  • The King James Version. Versi ini telah digunakan selama berabad-abad. Keindahan bahasanya telah dikenal oleh berjuta pembaca. Versi ini akan sangat menolong bila digunakan sebagai rujukan untuk menjelaskan arti kata-kata yang telah kuno.

  • The New King James Version. Versi yang lebih kemudian ini diterbitkan oleh Thomas Nelson, dengan memperbarui bahasa yang digunakan pada versi King James namun tetap mempertahankan gayanya yang unik.
  • The New American Standard Bible Version. Bahasa yang digunakan dalam Alkitab ini adalah bahasa yang paling harfiah dari bahasa Ibrani dan Yunani. Diterbitkan oleh Lockman Foundation. Banyak pengajar Alkitab merekomendasi Alkitab versi ini untuk bahan pemahaman Alkitab pribadi
  • The New International Version. Terjemahan ini dilakukan oleh International Bible Society bekerjasama dengan Zondervan. Versi ini mengkombinasikan teks pengajaran formal dan gaya penulisan harfiah yang mudah dibaca.
  • Alkitab untuk Pemahaman

    • The New Scofield Reference Bible. Sebuah hasil kerja yang handal dari C.I. Scofield yang diperbarui tahun 1966 di bawah koordinasi E. Schuyler English. Catatan kaki, ringkasan doktrin, catatan pinggir dan atlas akan sangat menolong kita. Kata pengantar diberikan pada setiap kitab, disertai kepala pasal dan perikop.

  • Thompson Chain-Reference Bible. Keistimewaannya terletak pada sistem indeks ringkasan topik yang demikian cermat dari lebih kurang 4.200 pokok bahasan dalam Alkitab. Topik-topik ini disusun sedemikian rupa sehingga menyajikan kekayaan informasi yang siap dimanfaatkan. Manfaat lainnya adalah adanya analisa pada setiap kitab, garis besar biografi karakter dalam Alkitab, keselarasan berita Injil dan atlas berindeks dari Rand-McNally.
  • The Ryrie Study Bible. Catatan-catatan kaki dari buku karya Charles Ryre ini memberikan ringkasan tafsiran dari seluruh Alkitab. Sistem referensi silang marginal dan indeks yang penting, disajikan bersama peta Hammond dan tabel berdasarkan masa. Setiap kitab diberi garis besar yang cermat dan mendalam.
    1. Tabel Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
      1. Penuntun Untuk Mempelajari Perjanjian Lama
      2. Penuntun Untuk Mempelajari Perjanjian Baru
    2. Memilih Alkitab untuk Bahan Pemahaman
    3. Alat Bantu untuk Pemahaman Alkitab
    4. Bagaimana Cara Menggunakan Buku Tafsir

    ALAT-ALAT BANTU PEMAHAMAN ALKITAB

    Pada masa kini tidaklah sulit mencari buku-buku yang dirancang untuk memperlengkapi pembaca dalam mempelajari Alkitab secara pribadi. Di bawah ini kami sarankan beberapa di antaranya.

    Konkordansi

    • Konkordansi Alkitab. Konkordansi ini dalam bahasa Indonesia, dikerjakan oleh Dr. D.F. Walker, diterbitkan oleh BPK Gunung Mulia dan Kanisius.
    • Strong's Exhaustive Concordance of the Bible. Konkordansi ini telah menjadi referensi standar pemahaman Alkitab selama beberapa dekade. Daftar kata-kata yang disusun menurut abjad (teks King James Version) menawarkan referensi silang yang sangat menolong. Adanya kamus singkat bahasa Yunani dan Ibrani menambah manfaat buku ini.
    • Young's Analytical Concordance to the Bible
    • Cruden's Complete Concordance

    Ensiklopedia Alkitab

    Ensiklopedia Alkitab biasanya merupakan titik mula yang baik untuk memahami dengan lebih dalam sebuah kitab atau topik khusus.

    • Ensiklopedia Alkitab Praktis, diterbitkan oleh Lembaga Literatur Baptis.
    • Ensiklopedi Perjanjian Baru, diterbitkan oleh Kanisius.
    • The Zondervan Pictorial Encyclopedia of the Bible. Ensiklopedia ini sebanyak 5 volume, diterbitkan oleh Zondervan Publishing House.
    • Wycliffe Bible Encyclopedia. Ensiklopedia ini sebanyak 2 volume, diterbitkan oleh Moody Press
    • .
    Buku Pegangan Alkitab

    Buku pegangan pemahaman Alkitab berisi antara lain: bahan-bahan pengantar, latar belakang, tabel-tabel informasi, atlas, gambar-gambar dan komentar ringkas.

    • The New Unger's Bible Handbook, diterbitkan oleh Moody Press.
    • Eerdman's Handbook to the Bible, diterbitkan oleh Eerdmans Publishing Company.

    Kamus Alkitab

    Kamus Alkitab memuat penjelasan kata-kata penting dalam Alkitab.

    • Kamus Alkitab, diterbitkan oleh Nusa Indah.
    • Kamus Alkitab, diterbitkan oleh YPI Immanuel.
    • Kamus Istilah Teologia, diterbitkan oleh BPK Gunung Mulia.
    • Unger's Bible Dictionary, diterbitkan oleh Moody Press.
    • New Bible Dictionary, diterbitkan oleh Eerdmans Publishing Company.

    Tafsiran Alkitab

    • Tafsiran Alkitab Masa Kini (3 jilid), diterbitkan oleh Yayasan Komunikasi Bina Kasih.

  • Tafsiran Alkitab, diterbitkan oleh BPK Gunung Mulia.
  • The Wycliffe Bible Commentary (1 vol.), diterbitkan oleh Moody Press. Eksposisi ringkas ini menyajikan informasi latar belakang, garis besar dan tafsiran.
  • The Bible Knowledge Commentary (2 vol.), diterbitkan oleh Victor Books. Ditulis oleh staf Dallas Theological Seminary, merupakan kombinasi dari pengajaran yang tajam dan jelas.
  • Atlas Alkitab

    Atlas dapat menjadi petunjuk yang berharga untuk menempatkan orang dan lokasi pada sudut pandang yang tepat.

    • Atlas Alkitab Masa Kini, diterbitkan oleh SAAT.
    • Atlas Alkitab, diterbitkan oleh BPK Gunung Mulia.
    • Peta Alkitab, diterbitkan oleh SAAT.
    • Atlas of Bible Lands, diterbitkan oleh Hammond, Inc.
    • Bakers's Bible Atlas, diterbitkan oleh Baker Book House.
    • The Moody Atlas of Bible Lands, diterbitkan oleh Moody Press.
    Pemahaman Bahasa

    Untuk memperoleh pemahaman yang lebih luas tentang arti kata, sejarah dan konteks linguistik dalam Alkitab, buku-buku berikut ini sangat baik.

    • An Expository Dictionary of Biblical Words, karya W.E. Vine, diterbitkan oleh Revell.
    • Theological Wordbook of the Old Testament (2 vol.), diterbitkan oleh Moody Press.
    • Dictionary of New Testament Theology (3 vol.), diterbitkan oleh Zondervan Publishing House
    Pemahaman Topik

    Semua ayat dalam topik-topik khusus dikumpulkan dan diklasifikasikan.

    * Nave's Topical Bible, diterbitkan oleh Moody Press.

    Pengantar Alkitab

    Pengantar Alkitab menawarkan pandangan tentang penulis, teologia, dan latar belakang sejarah.

    • Pengantar Perjanjian Lama, diterbitkan oleh BPK Gunung Mulia.
    • Mari Mengenal Perjanjian Lama, diterbitkan oleh BPK Gunung Mulia.
    • Pengantar Perjanjian Baru, diterbitkan oleh Kalam Hidup.
    • Dunia Perjanjian Baru, diterbitkan oleh Yakin dan Gandum Mas.
    • A Survey of Old Testament, diterbitkan oleh Moody Press.
    • Introduction to the New Testament, diterbitkan oleh Eerdmans Publishing Company.
    • New Testament Indoduction, diterbitkan oleh InterVarsity Press.

    1. Tabel Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru
      1. Penuntun Untuk Mempelajari Perjajian Lama
      2. Penuntun Untuk Mempelajari Perjajian Baru
    2. Memilih Alkitab untuk Bahan Pemahaman
    3. Alat Bantu untuk Pemahaman Alkitab
    4. Bagaimana Cara Menggunakan Buku Tafsir

    CARA MENGGUNAKAN BUKU TAFSIRAN

    Tafsiran adalah buku yang menguraikan dan menjelaskan teks Alkitab. Tafsiran yang baik melibatkan setiap ayat -- memberi arti kata, menjelaskan latar belakang, dan menawarkan rujukan dari bagian-bagian lain Alkitab. Sebagian besar tafsiran adalah hasil studi yang cermat, tekun dan dilandasi doa. Beberapa di antaranya diterbitkan dalam satu atau dua volume, lainnya dalam satu seri lengkap. Tafsiran sangat diperlukan bagi pemahaman Alkitab yang efektif, tetapi harus digunakan secara tepat. Sebelum Anda menggali sendiri suatu bagian Alkitab dengan teliti, kami tidak menganjurkan Anda memakai buku tafsiran.

    Setelah Anda berusaha sebaik-baiknya untuk memahami suatu bagian, barulah Anda membandingkannya dengan tiga atau empat tafsiran yang baik. Jika Anda menggunakan tafsiran sebelum berusaha menggalinya sendiri, hal itu akan mempersempit wawasan pemikiran Anda. Jika Anda hanya bersandar pada apa yang ditulis orang lain, Anda akan kehilangan gairah dalam menggali dan sukacita dari proses kreatif yang dipimpin Roh Kudus dalam pemahaman Alkitab.

    Manfaat efektif apakah yang dapat diberikan buku-buku tafsiran yang baik ketika Anda melakukan pemahaman Alkitab? Di bawah ini ada beberapa hal yang mungkin Anda harapkan.

    1. Kadang-kadang tafsiran dapat meyakinkan pengertian Anda akan bagian tersebut. Jika Anda menemukan semua tafsiran yang Anda gali secara pokok menginterpretasikan hal yang sama, Anda dapat diyakinkan bahwa kesimpulan yang Anda tarik adalah tepat.
    2. Kadang-kadang tafsiran akan mempertajam pemahaman kita akan bagian tersebut. Para penafsir mungkin memberi wawasan yang tidak pernah terpikir oleh Anda, dengan demikian akan memperdalam dan memperkaya pemahaman Anda akan bagian tersebut.
    3. Kadang-kadang tafsiran membuat Anda mengevaluasi kembali penafsiran Anda. Suatu kali mungkin Anda menemukan bahwa tafsiran yang Anda pakai memberikan kesimpulan yang berbeda dengan kesimpulan yang Anda tarik. Anda juga mungkin akan menemukan bahwa antara satu tafsiran dengan tafsiran lainnya berbeda. Jika hal ini terjadi, Anda patut bersyukur atas penggalian yang Anda lakukan. Hal ini akan menolong Anda untuk mengevaluasi pandangan-pandangan tersebut. Setelah dipikirkan secara cermat, Anda mungkin akan memilih sebuah penafsiran yang sangat berbeda dengan penafsiran yang mula-mula Anda tarik.

    4. "Jika Anda menggunakan tafsiran sebelum berusaha menggalinya sendiri, hal itu akan mempersempit wawasan pemikiran Anda."

    5. Kadang-kadang tafsiran memperlihatkan bahwa pemahaman Anda akan bagian tersebut hampir semua salah. Dengan membaca tafsiran, Anda akan memperoleh informasi yang akan menyadarkan Anda dari kesalahan persepsi atau pemahaman terhadap suatu elemen dalam bagian atau ayat yang Anda pelajari. Jika hal ini terjadi, Anda harus kembali ke teks dan memikirkannya kembali.