Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info
Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Lebih dekat dengan lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas Budaya
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
| negara 10
dari 43 negara

GAMBIA

Lima tahun yang lalu, Ellen adalah seorang pembantu yang buta huruf. Sekarang dia dapat membaca dan menulis. Dia juga bertumbuh secara rohani dan menjadi anggota paduan suara gereja. Sebuah program pemberantasan buta huruf bagi orang-orang dewasa yang telah dirintis oleh sebuah organisasi misi pribumi (dengan bantuan dari Christian Aid) merupakan kunci keberhasilan transformasi yang dialami oleh wanita itu. Menjadi pembantu yang buta huruf membuat Ellen tidak memiliki harapan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Meskipun dia menjadi orang percaya, kemungkinan besar dia hanya dapat kembali mengikuti budaya lama yang dianut lingkungannya. Tapi Ellen bersama beberapa orang teman wanitanya mengikuti program pemberantasan buta huruf yang diadakan di rumah seorang misionaris. Mereka datang setelah menyelesaikan tugas-tugasnya sepanjang hari itu. Bersama dengan pelatihan membaca/menulis itu, pemberitaan Injil dan pemuridan juga disampaikan.

Pendidikan menjadi dasar bagi penginjilan yang efektif. Meskipun penginjilan di wilayah itu tidak dilarang pemerintah, tingkat kemiskinan yang tinggi, buta huruf dan pengangguran merupakan penghalang terjalinnya komunikasi yang efektif. Salah satu pendekatan yang dilakukan oleh lembaga misi tersebut adalah menolong mengurangi permasalahan sosial melalui intervensi-intervensi di bidang pendidikan. Setiap pelayanan itu sekaligus merupakan sarana untuk memberitakan Injil.

Sumber: NEWSBRIEF--2002-02-21

  • Doakan lembaga misi dan para pekerja misi yang saat ini sedang giat melayani di Gambia, agar setiap pelayanan yang mereka lakukan dapat memuliakan nama Allah dan dapat memenangkan penduduk Gambia.
  • Berdoa supaya Allah mencurahkan berkat, kekuatan dan hikmat bagi para penduduk Gambia yang telah percaya. Doakan proses follow-up bagi mereka.

e-JEMMi 14/2002


|




 Ke atas 
© 2003 YLSA