Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Saksi Kristus yang Diurapi - Praktika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


SAKSI KRISTUS YANG DIURAPI
Info
Kata Pengantar
Daftar Isi
Mengenal Prinsip Bahan KTB Kontekstual
Mengenal Struktur Umum Bahan KTB Kontekstual
Pengantar Kitab
Urapan Saksi Kristus
Pengalaman Saksi Kristus
Berita Saksi Kristus
Pelayanan Saksi Kristus
Keberanian Saksi Kristus
Doa Saksi Kristus
Otoritas Saksi Kristus
Resiko Saksi Kristus
Pendelegasian Saksi Kristus
Apologia Saksi Kristus
Karunia Saksi Kristus
Kepekaan Saksi Kristus
Panggilan Saksi Kristus
Pengaruh Saksi Kristus
Visi Saksi Kristus
Konfirmasi Saksi Kristus
Penyerahan Saksi Kristus
Memahami Kebutuhan Anggota KTB Kontekstual
Daftar Bahan KTB Kontekstual
Lembar Komitmen Anggota KTBK
Kartu KTB Kontekstual

[Daftar Isi 00166]

Seri KTB Kontekstual

SAKSI KRISTUS YANG DIURAPI
(Kisah Para Rasul 1-12)

Oleh:
Dr. Timotius Haryono
Trifena Yuliati, MA

Persekutuan Mahasiswa Kristen Surakarta
Sekolah Tinggi Teologi Gamaliel

Diterbitkan oleh:
PMK Surakarta & STT Gamaliel
Jl. Petir 18 Jebres
Surakarta 57126
Telepon (0271) 648423
Facsimile (0271) 648429

Cetakan pertama, 2004 Cetakan kedua, 2005



[Daftar Isi 00166]

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur hanya dinaikkan kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah memimpin dan mengaruniakan pada penulis untuk menyelesaikan bahan KTBK seri yang ke sembilan. Bahan ini berjudul Saksi Kristus yang di Urapi dari Kitab Kisah Para Rasul. Bahan ini diharapkan dapat menjadi sarana pertumbuhan rohani dalam melaksanakan visi Allah yaitu Gerakan Cinta Alkitab seDunia.

Pada mulanya bahan KTBK ini hanya ditujukan untuk para mahasiswa yang tergabung dalam Persekutuan Mahasiswa Kristen di Surakarta diantaranya PMKS, PMK UNS, PMK AUB, PMK UTP, PMK ATMI, PMK ABA, PMK ASMI, PMK UKS, dsb. Akan tetapi, dalam perkembangannya seri bahan KTBK ini telah digunakan di berbagai denominasi gereja baik di dalam maupun luar negeri serta berbagai kalangan dari anak-anak, remaja, pemuda, orang dewasa, dan orang tua. Penulis bersyukur bahwa bahan ini dapat memenuhi kebutuhan rohani anggota, alkitabiah dan kontekstual.

Bahan KTBK "Saksi Kristus yang di Urapi" merupakan bahan studi Kisah Para Rasul. Kisah Para Rasul mencatat pengurapan Roh Kudus dalam sepanjang kehidupan pelayanan para Rasul sebagai saksi­saksi Kristus. Bahan ini disusun untuk menolong orang percaya menemukan pengertian tentang Roh Kudus dan perananNya dalam kehidupan orang percaya.

Terima kasih kepada Staff Gamaliel & mahasiswa STTG yang dengan setia menguji tiap topik dalam bahan ini dan telah memberi koreksi dan perbaikan. Terima kasih kepada KTBK FGBMFI Solo Chapter (Harry R, Musa Herlambang, Kis Yudhanto, Herry Margono, Wendy Y, Sabidan, Thomas Hutomo) yang pertama kali menggunakan bahan ini. Harapan penulis, bahan ini bermanfaat bagi anggota KTBK dan jemaat Tuhan pada umumnya.

Surakarta, Maret 2005
Penulis


[Daftar Isi 00166]

DAFTAR ISI

00164 Info
00165 Kata Pengantar
00166 Daftar Isi
00167 Mengenal Prinsip Bahan KTB Kontekstual
00168 Mengenal Struktur Umum Bahan KTB Kontekstual
00169 Pengantar Kitab
00170 1. Urapan Saksi Kristus
00171 2. Pengalaman Saksi Kristus
00172 3. Berita Saksi Kristus
00173 4. Pelayanan Saksi Kristus
00174 5. Keberanian Saksi Kristus
00175 6. Doa Saksi Kristus
00176 7. Otoritas Saksi Kristus
00177 8. Resiko Saksi Kristus
00178 9. Pendelegasian Saksi Kristus
00179 10. Apologia Saksi Kristus
00180 11. Karunia Saksi Kristus
00181 12. Kepekaan Saksi Kristus
00182 13. Panggilan Saksi Kristus
00183 14. Pengaruh Saksi Kristus
00184 15. Visi Saksi Kristus
00185 16. Konfirmasi Saksi Kristus
00186 17. Penyerahan Saksi Kristus
00187 Memahami Kebutuhan Anggota KTB Kontekstual
00188 Daftar Bahan KTB Kontekstual
00189 Lembar Komitmen Anggota KTBK
00189 Kartu KTB Kontekstual


[Daftar Isi 00166]

MENGENAL PRINSIP BAHAN KTB KONTEKSTUAL

Bahan KTB Kontekstual disusun untuk memenuhi kebutuhan rohani anggota-anggotanya. Kebutuhan ini meliputi aspek: rohani, kognitif (pengetahuan), afektif (sikap dan karakter), konatif (tingkah laku dan ketrampilan), dan relasi.

Bahan KTB Kontekstual dirancang meliputi 3 scope:

  • Peneguhan, tujuannya adalah menghantar anggota KTBK memiliki kehidupan iman yang teguh di dalam Kristus. (Surat I Yoahnes dan Injil Yohanes)
  • Pembinaan Dasar, tujuannya untuk menolong anggota KTBK bertumbuh ke arah kedewasaan penuh dalam Kristus dengan memahami dasar-dasar kekristenan. (Surat Efesus, Surat Kolose, dan Surat Yakobus).
  • Pembinaan Lanjutan, tujuannya adalah menolong anggota KTBK agar dapat terus bertumbuh ke arah Kristus dan melayani Tuhan. (menggunakan bahan Kitab Nehemia, Markus, Kisah Rasul, dan Surat II Timotius).

Bahan Referensi adalah buku-buku rohani yang terseleksi. Bahan ini digunakan setiap anggota KTBK untuk memperkaya pengetahuan rohani dan Firman Allah dari setiap scope. Pemilihan dan penggunaan bahan berdasarkan kesepakatan anggota.

Bahan KTBK yang sedang saudara baca ini merupakan Bahan untuk scope Pembinaan Lanjutan yang diambil dari Kitab Kisah Para Rasul. Dengan mempertimbangkan kebutuhan rohani scope ini adalah meliputi Urapan Saksi Kristus, Pengalaman Saksi Kristus, Berita Saksi Kristus, Pelayanan Saksi Kristus dan lain-lainnya.

Setelah ber-KTBK dengan bahan ini, lanjutkanlah KTBK saudara dengan bahan-bahan scope Pembinaan Lanjutan lainnya dan sharingkan kepada rekan-rekan saudara agar mereka rindu bertumbuh ke arah Kristus. Mulailah membentuk dan memimpin KTBK baru.


[Daftar Isi 00166]

MENGENAL STRUKTUR UMUM BAHAN KTB KONTEKSTUAL

Bahan Utama KTB Kontekstual disusun dengan struktur umum yang terdiri dari dua bagian yaitu Pengantar Kitab dan Bahan KTBK untuk setiap pertemuan.

I. Pengantar Kitab

Pengantar Kitab berisi fakta dan data seputar kitab untuk menuntun anggota KTBK ke dalam studi teks secara alkitabiah dan kontekstual. Bagian ini dibahas pada setiap awal pertemuan KTBK.

II. Bahan KTBK Untuk Setiap Pertemuan

Bahan KTBK untuk setiap pertemuan disusun dengan pola umum sebagai berikut:

1. Topik

2. Sasaran

Berisi penjelasan tentang arah pertemuan KTBK dalam membahas setiap topik agar anggota mengerti fokus.

3. Teks Alkitab

4. Introduksi

Berisi pengantar singkat ke dalam Pemahaman Alkitab (PA) untuk pertemuan yang bersangkutan. KTBK memakai metode PA Induktif Kontekstual yang meliputi Observasi, Interpretasi, dan Aplikasi.

5. Observasi

Usaha mencari fakta dan data Alkitab sebanyak­banyaknya sebagai dasar untuk mengerti maksud yang dianiaya, dipenjara, disiksa di negara tirai besi! penulis. Tersedia beberapa pertanyaan penolong seperti: siapa, apa, kapan, dimana dan bagaimana?

6. Interpretasi

Menafsirkan bagian Alkitab yang talah diselidiki. Kolom ini berisi pertanyan penolong yang mengarahkan penafsiran pada teks sesuai dengan maksud penulis.

7. Aplikasi

Bagian ini menolong peserta mengenal kerohanian pribadi dan melangkah secara konkrit untuk mentaati setiap kebenaran Firman Allah yang telah ditemukan.

8. Diskusi

Pembicaraan terarah mengenai pokok masalah masa kini yang diungkapkan melaui pertanyaan diskusi. Solusi dan kesimpulan akan menjadi perenungan bersama semua anggota KTBK.

9. Aksi

Berisi beberapa proyek ketaatan terhadap Firman Allah yang baru saja dibahas. Aksi ini dilaksanakan oleh setiap anggota segera setelah pertemuan KTBK.

10. Evaluasi

Kolom ini untuk mencatat segi positif dan negatif anggota KTBK dalam melaksanakan aksi minggu lalu. Untuk hal-hal yang negatif perlu dicari jalan keluar agar aksi lebih efektif. Evaluasi dilakukan pada setiap awal pertemuan KTBK.

11. Doa

Berisi beberapa pokok doa pribadi yang didoakan secara bersama pada setiap pertemuan. Tambahkan pula pokok-pokok doa syafaat bagi gereja Tuhan dan pelayanan.


[Daftar Isi 00166]

PENGANTAR KITAB KISAH PARA RASUL

Kitab Kisah Para Rasul (The Acts of Apostles) merupakan kelanjutan dari Injil Lukas dan buku pertama sejarah misi gereja. Kata "Kisah" disini menunjukkan bahwa apa yang tertulis merupakan tindakan nyata, bukan mimpi, teori atau spekulasi. Sedangkan kata "Para Rasul" menunjuk pada rasul-rasul yang sungguh-sungguh mengerjakan Amanat Agung Tuhan Yesus (Mat 28:19-20) dan mulai menyebarkan Injil sampai ke ujung dunia. Tokohnya terutama Petrus (Kis 1-12) dan Paulus (Kis 13-28). Kisah Para Rasul juga dinamakan Kisah Roh Kudus karena memang kitab ini mencatat karya Roh Kudus yang bekerja melalui para rasul.

Penulis kitab ini adalah Lukas. Ia sahabat Paulus (Kis 16:10-11; 20:5; 21:1) dan juga penulis Injil Lukas. Kisah Para Rasul ditulis sekitar tahun 62-63 dan dialamatkan kepada Teofilus, orang yang sama dengan alamat Injil Lukas (Lukas 1:1). Lukas tidak bermaksud menulis hanya untuk satu orang saja namun lebih luas. Seperti dalam Injil Lukas, ia mengalamatkan Kisah Para Rasul kepada orang-orang non Yahudi yang berlatar belakang kafir, sehingga mereka akan melihat perbuatan­perbuatan Allah dan melaluinya iman mereka dikuatkan.

Kisah Para Rasul mencatat penggenapan awal dari Amanat Agung Tuhan Yesus. Perkataan terakhir Tuhan Yesus sebelum kenaikanNya ke surga (Kis 1:8) tergenapi secara sempurna: "Tetapi kamu akan menerima kuasa kalau Roh Kudus turun keatas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem (1:1-8:4) dan di seluruh Yudea dan Samaria (8:5-12:25) dan sampai ke ujung bumi (13:1-28:31)"

Tujuan kitab ini ditulis adalah pertama, untuk mencatat kelanjutan pelayanan Kristus dari surga atas segala sesuatu yang telah Ia mulai kerjakan dan ajarkan di bumi (Kis 1:1). Kedua, memberikan gambaran tentang sejarah kelahiran, pembentukkan dan perkembangan gereja mula-mula. Perkembangan gereja dicatat dari Yerusalem, Yudea,

Samaria sampai ke ujung bumi. Ketiga, menunjukkan peranan Roh Kudus yang bekerja dalam dan melalui rasul-rasul untuk menjadi saksi Kristus dalam pemberitaan Injil dan pembangunan jemaat Tuhan.

Bagian Kisah Para Rasul mencatat dua tokoh utama yaitu Petrus dan Paulus dan dibagi menjadi dua bagian: pasal 1-12 dan pasal 13-28. Kitab ini sangat cocok bagi anggota KTBK untuk menjadi saksi Kristus yang di urapi Roh Kudus dalam pemberitaan Injil. Kisah Para Rasul akan disajikan dalam 17 topik menarik tentang bagaimana menjadi saksi Kristus yang diurapi Roh Kudus.

1. Urapan Saksi Kristus
2. Pengalaman Saksi Kristus
3. Berita Saksi Kristus
4. Pelayanan Saksi Kristus
5. Keberanian Saksi Kristus
6. Doa Saksi Kristus
7. Otoritas Saksi Kristus
8. Resiko Saksi Kristus
9. Pendelegasian Saksi Kristus
10. Apologia Saksi Kristus
11. Karunia Saksi Kristus
12. Kepekaan Saksi Kristus
13. Panggilan Saksi Kristus
14. Pengaruh Saksi Kristus
15. Visi Saksi Kristus
16. Konfirmasi Saksi Kristus
17. Penyerahan Saksi Kristus

Setelah memahami ketujuh belas topik dari Kisah Para Rasul dalam Kelompok Tumbuh Bersama Kontekstual, saudara akan ditolong untuk menjadi saksi Kristus yang diurapi Roh Kudus dan berani memberitakan Injil dengan penuh kuasa. Anggota KTBK akan lebih lengkap lagi jika melanjutkan bahan Kisah Rasul pasal 13-28 yang berjudul Saksi Kristus Yang Misioner.


[Daftar Isi 00166]

1. URAPAN SAKSI KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK mau menjadi saksi Kristus yang memiliki pengalaman diurapi dengan Kuasa Roh Kudus.

TEKS

Kis 1:1-26

INTRODUKSI

Stefen Tong dalam bukunya Yesus Kristus Juru Selamat Dunia mengatakan bahwa orang Reformed yang mengajarkan pengajaran Roh Kudus sedemikian setia kepada Alkitab. Roh Kudus memberikan kekuatan kepada orang percaya untuk mengabarkan Injil dan mengutus rasul-rasul ke seluruh dunia. Roh Kudus memenuhi mereka dengan kuasa, pengertian, iman, keberanian, kasih, kekuatan dan karunia rohani untuk pergi keseluruh dunia memberitakan Injil. Sudahkah saudara mengerti Roh Kudus? Apakah saudara menyadari sebagai saksi Kristus?

OBSERVASI

  • Sebelum Yesus naik ke surga. Apakah yang disaksikan Lukas tentang Yesus? (ayat 1­4). Bagaimana inti dialog antara Yesus dengan para murid? Dan apakah perintah Yesus kepada para murid? (ayat 2-8)
  • Saat Yesus naik ke surga. Amatilah apa yang disaksikan para murid! (ayat 9-12)
  • Setelah Yesus naik ke surga. Apakah yang dilakukan para murid dalam menanti janji Bapa? (ayat 12-22)

INTERPRETASI

  • Apakah artinya "dibaptis dengan Roh Kudus" dan "menerima kuasa kalau Roh Kudus turun ke atasmu?" Bagaimana caranya? (ayat 4,8)
  • Mengapa murid-murid Yesus perlu kuasa Roh Kudus dalam bersaksi?

APLIKASI

  • Apa yang saudara pelajari dalam KTBK ini?
  • Sharingkan pengalaman pribadi saudara dalam menanti dan saat menerima kuasa Roh Kudus?
  • Hal apa saja yang saudara lakukan supaya menerima kuasa Roh Kudus?

DISKUSI

  • Apakah motivasi orang Kristen bersaksi? Bagaimana menjadi saksi Kristus yang ideal? Sejauh mana jangkauan saksi Kristus?
  • Apakah persamaan dan perbedaan dibaptis dengan Roh Kudus, dipenuhi dengan Roh Kudus, karunia Roh Kudus, dan urapan Roh Kudus?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kisah Para Rasul 1:8
  • Bacalah Injil Yohanes 1
  • Saksikanlah kepada dua orang tentang kebangkitan Yesus dan berilah bukti-buktinya bahwa Ia benar-benar hidup dan naik ke Surga dalam minggu ini!

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Doakan jemaat Tuhan agar bersedia menjadi saksi Kristus pada masa kini. Doakan mereka supaya memiliki kuasa Roh Kudus dan keberanian dalam menyaksikan Injil Yesus.

[Daftar Isi 00166]

2. PENGALAMAN SAKSI KRISTUS

Agar anggota KTBK mengenal dipenuhi Roh Kudus dan berani menjadi saksi Kristus dengan benar.

TEKS

Kis 2:1-36

INTRODUKSI

Robert Heidler dalam bukunya Mengalami Roh mengakui bahwa selama ini ia tidak pernah mendapat pengajaran mengenai peristiwa mengalami Roh tersebut. Ia meluangkan waktu selama satu tahun mempelajari Alkitab untuk mengenal hal mengalami Roh. Ternyata ia mengalami sesuatu yang sangat menakjubkan. Sudahkah saudara mengalami dipenuhi dengan Roh Kudus? Bagaimana relasi Roh Kudus dengan bersaksi?

OBSERVASI

  • Saat murid-murid Kristus penuh dengan Roh Kudus. Jelaskan pengalaman tersebut, kapan terjadinya, tanda­tandanya, dan caranya? (Pasal Kis 1:13-14, 2:1-8)
  • Setelah murid-murid Kristus penuh dengan Roh Kudus. Bagaimana respon orang lain? Siapa saja yang melihat dan dari mana asalnya? (ayat Kis 2:5-13). Telitilah isi penjelasan Petrus tentang pengalamannya penuh dengan Roh Kudus! (ayat Kis 2:14-21, 32-33)

INTERPRETASI

  • Mengapa murid-murid Kristus membutuhkan pengalaman penuh dengan Roh Kudus? Dan bagaimana dampaknya?
  • Bandingkan pengalaman Petrus sebelum dan setelah penuh dengan Roh Kudus dalam rangka bersaksi tentang Yesus!

APLIKASI

  • Bagaimana pengalaman pribadi saudara saat dipenuhi dengan Roh Kudus? Apa perubahan hidup saudara sebelum dan sesudah menerima kuasa Roh Kudus?
  • Sharingkanlah manfaat yang saudara alami setelah dipenuhi Roh Kudus!

DISKUSI

  • Bagaimana hubungan antara doktrin Roh Kudus dengan pengalaman Roh Kudus?
  • Apakah pencurahan Roh Kudus pada akhir jaman untuk semua orang masih berlangsung sampai sekarang ini? Bagaimana hal itu bermanfaat dalam hidup saksi Kristus?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 2:36 dan Pe 2:24
  • Bacalah Injil Yohanes 2
  • Daftarkanlah lima rekan saudara yang perlu didoakan dan di Injili. Dekatilah mereka dan kenalkanlah tentang inti Injil dalam minggu ini.

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
_____________________________________________

DOA

  • Doakanlah suku-suku terasing di Indonesia yang belum pernah mendengar Injil agar mereka digerakkan Roh Kudus untuk percaya Yesus. Doakanlah pula para saksi Kristus agar memiliki kebe­ranian dalam menyaksikan Injil.

[Daftar Isi 00166]

3. BERITA SAKSI KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK dapat menjadi saksi Kristus yang menyampaikan berita Injil secara benar dan setia dalam menindaklanjuti orang yang baru bertobat dan menerima Kristus.

TEKS

Kis 2:22-47

INTRODUKSI

Stanley Heath dalam bukunya Penginjilan Pribadi meringkas tentang Injil sebagai berikut "Yesus adalah Anak Allah yang telah mengganti hukuman saya pada kayu salib. Ia disyahkan menjadi penebus pribadi saya Dalam hal Allah sudah membangkitkan Dia dari kuburNya sesuai dengan isi Alkitab". Bagaimana kesaksian saudara tentang Injil selama ini? Apakah inti berita yang saudara sampaikan?

OBSERVASI

  • Saat Petrus memberitakan Injil Apakah isi kesaksian Petrus tentang Yesus? (ayat Kis 2:22-24). Bagaimana kesaksian Daud tentang Yesus dan keselamatan? (ayat Kis 2:25-31) Bagaimanakah inti kesaksian Petrus tentang Yesus dan anjurannya bagi para pendengar? (ayat Kis 2:32-40)
  • Setelah Petrus memberitakan Injil Teliti respon mereka dan urutkan tindakan yang dilakukan mereka setelah di baptis! (ayat Kis 2:41-47)

INTERPRETASI

  • Apa keistimewaan berita yang disampaikan Petrus bisa membuat tiga ribuan orang dibaptis?
  • Mengapa mereka setelah dibaptis masih perlu bertekun dalam pengajaran rasul-rasul, doa, persekutuan, dan lainnya?

APLIKASI

  • Sharingkanlah pengalaman saudara menyaksikan Yesus kepada orang lain secara maksimal!
  • Bagaimana cara saudara bersaksi tentang Yesus kepada orang lain secara alkitabiah dan kontekstual?

DISKUSI

  • Apakah Inti Injil? Bandingkanlah dengan 1Ko 15:3-4!
  • Bagaimana cara meyakinkan orang lain bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat? Bagaimanakah argu­mentasi dan tindakan saudara agar banyak orang menerima Yesus?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat 1Ko 15:3-4
  • Bacalah Injil Yohanes 3
  • Sampaikanlah kepada dua teman saudara tentang Injil yang benar dan tantanglah mereka agar mau menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi serta mau dibaptis.

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Doakanlah anggota KTBK agar menyampaikan berita Injil dengan benar dan berkuasa. Doakan pula anggota jemaat Tuhan agar mereka lebih tepat menyampaikan berita Injil sehingga banyak jiwa dimenangkan bagi Yesus Kristus.

[Daftar Isi 00166]

4. PELAYANAN SAKSI KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK memahami cara bersaksi tentang Injil yang disertai tanda-tanda dan mujizat Allah, agar banyak orang menjadi percaya kepada Yesus Kristus.

TEKS

Kis 3:1-26

INTRODUKSI

Seorang dosen teologi bergelar doktor mengungkapkan bahwa KKR dengan slogan: datanglah yang sakit, lumpuh, buta, tuli... Tuhan akan menyembuhkanmu. Alamilah kuasaNya. Hal ini tidak benar karena tugas orang percaya adalah penginjilan. Orang yang percaya Yesus nanti akan mengalami mujizat Allah. Menurut saudara manakah yang lebih dulu menyembuhkan orang sakit atau menyaksikan Injil?

OBSERVASI

  • Sebelum si lumpuh berjumpa Petrus. Telitilah siapakah dia, kondisinya, pekerjaannya dan harapan hidupnya! (ayat Kis 3:1-5,10)
  • Saat si lumpuh berjumpa Petrus. Apa yang Petrus katakan dan lakukan kepada dia? Apa yang terjadi pada dia? Bagaimana respon orang banyak melihat peristiwa itu? (ayat Kis 3:3-11)
  • Setelah si lumpuh berjalan. Apakah yang disaksikan Petrus kepada orang banyak? Bagaimana caranya? (ayat Kis 3:6-18) Apakah nasehat dan tantangan Petrus kepada orang banyak itu? (ayat Kis 3:19-26)

INTERPRETASI

  • Apa yang dipunyai Petrus? (Ayat Kis 3:6)
  • Mengapa setelah peristiwa mujizat dilanjutkan Petrus bersaksi tentang Yesus kepada orang banyak?
  • Mengapa nama Yesus berkuasa membuat mujizat dan menyembuhkan? (ayat Kis 3:6,16, bandingkan Kis 3:4:12)

APLIKASI

  • Apa yang saudara pelajari dalam KTBK ini?
  • Sharingkanlah pengalaman saudara bersaksi kepada orang lain yang disertai dengan mujizat Allah!
  • Bagaimanakah respon pendengar? Bagaimanakah hasilnya?

DISKUSI

  • Bagaimanakah ciri-ciri dan konteks pendengar masa kini?
  • Masih perlukah penginjilan disertai mujizat dalam konteks sekarang? Diskusikanlah kekuatan-kelemahan-nya dan peluang-ancaman bersaksi yang disertai dengan mujizat?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 4:12
  • Bacalah Injil Yohanes 4
  • Bacalah buku tentang tokoh-tokoh penginjil yang memberitakan Injil disertai dengan tanda-tanda dan mujizat Allah masa kini. Sharingkanlah kepada teman­teman KTBK minggu depan.

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Doakanlah teman-teman saudara yang saat ini sakit berat, lumpuh, kanker, dan cacat fisik yang dokter sudah angkat tangan untuk menyembuhkan. Mohon Tuhan Yesus memberi mujizatnya agar mereka percaya dan menerima Injil Yesus Kristus.

[Daftar Isi 00166]

5. KEBERANIAN SAKSI KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK mengenal kuasa nama Yesus yang menyelamatkan dan menyembuhkan orang percaya dan berani menjelaskan kepada orang yang bertanya.

TEKS

Kis 4:1-22

INTRODUKSI

Yohanes menegaskan bahwa Yesus adalah satu-satunya jalan, kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada Bapa kalau tidak melalui Yesus. Hal ini diteguhkan oleh Lukas dalam Kis 4:12 bahwa keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain didalam Yesus. Mengapa nama Yesus memiliki otoritas untuk menyelamatkan? Apakah saudara berani menyaksikan bahwa nama Yesus adalah satu-satunya juru selamat?

OBSERVASI

  • Sebelum Petrus di sidang Makamah Agama. Bagaimanakah kesaksian dan keadaan Petrus? Siapakah yang marah? Apa alasannya? (ayat Kis 4:1-6)
  • Saat Petrus di sidang Makamah Agama. Bagaimana imam-imam menyelidiki Petrus tentang mujizat yang diperbuatnya? (ayat Kis 4:3-7) Bagaimanakah argumentasi Petrus dalam menjawab dakwaan para Imam? (ayat Kis 4:8-12) Bagaimana respon imam-imam dan orang banyak? (ayat Kis 4:13-17) Bagaimana jawaban Petrus saat dilarang berbicara dalam nama Yesus? (ayat Kis 4:18-22)

INTERPRETASI

  • Mengapa hanya nama Yesus yang berkuasa menyela­matkan dan menyembuhkan?
  • Mengapa Petrus berani berdebat dengan para penyelidik di Makamah Agama dan taat kepada Allah? Bagaimana dampak kesaksiannya?

APLIKASI

  • Sharingkanlah keyakinan saudara tentang nama Yesus dalam bersaksi dan mendoakan orang lain!
  • Ceritakanlah pengalaman saudara saat ditentang, dicerca, dianiaya karena menyaksikan nama Yesus!

DISKUSI

  • Bagaimanakah jika penguasa melarang orang percaya bersaksi tentang Injil Yesus? Apa yang harus dilakukan? Diskusikanlah langkah-langkah praktis menghadapi oposisi yang keras, pembunuhan, penganiayaan, seperti yang pernah terjadi di negara-negara lainnya!

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 4:19-20
  • Bacalah Injil Yohanes 5
  • Buatlah rencana dan saksikanlah kepada paling sedikit dua orang teman yang paling menentang Injil Yesus Kristus. Saksikanlah Injil dengan lemah lembut dan argumentasi alkitabiah.

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Doakanlah negara-negara yang menganiaya para penginjil agar Tuhan Yesus terus mengasihi mereka. Doakan juga penginjil-penginjil yang saat ini masih dipenjara karena Injil Yesus Kristus agar Tuhan menguat­kan imannya.

[Daftar Isi 00166]

6. DOA SAKSI KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK memahami dan meneladani kehi­dupan doa dan partisipasi murid-murid Yesus saat tantangan datang.

TEKS

Kis 4:23-37

INTRODUKSI

E.M. Bounds dalam bukunya Kuasa Karena Doa menuliskan tokoh-tokoh pendoa syafaat seperti: Charles Simeon, John Wesley, John Fletcher, Samuel Rutherford, dan lain-lainnya. Mereka adalah orang-orang yang senantiasa berdoa dan bersyafaat. Apakah sebagai orang Kristen perlu selalu berdoa syafaat? Sudahkah saudara menjadi saksi Kristus yang berdoa syafaat bagi orang lain?

OBSERVASI

  • Setelah Petrus dilepaskan Mahkamah Agama Apa yang diceritakan kepada teman-temannya? Bagaimana respon teman-teman Petrus? (ayat Kis 4:23-24)
  • Saat teman-teman Petrus berdoa Selidikilah isi doanya, caranya, permohonannya dan imannya!(ayat Kis 4:24-30) Carilah paling sedikit tiga dampak jawaban doanya!(ayat Kis 4:31)
  • Setelah teman-teman Petrus berdoa Bagaimana cara hidup mereka? Apa yang mereka laku­kan bagi rasul-rasul? (ayat Kis 4:32-35)

INTERPRETASI

  • Mengapa teman-teman Petrus berdoa untuk rasul-rasul dan hasilnya penuh dengan Roh Kudus?
  • Mengapa setelah berdoa tempatnya bergoyang? Mengapa mereka mau berpartisipasi di depan rasul­rasul? Apa motivasinya?

APLIKASI

  • Apa yang saudara pelajari dalam KTBK ini?
  • Sharingkanlah doa saudara bagi para penginjil dan pelayan Kristus!
  • Bagaimana partisipasi saudara bagi para saksi Kristus?

DISKUSI

  • Carilah faktor-faktor yang menghambat orang Kristen sehingga tidak berdoa syafaat dan tidak mau mendukung dana bagi para saksi Kristus pada masa kini! Bagaimana solusinya?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 4:31
  • Bacalah Injil Yohanes 6
  • Buatlah daftar nama orang yang belum percaya; penginjil-penginjil dan suku-suku terasing. Kemudian isilah 5 nama untuk didoakan dalam KTBK

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Doakan setiap anggota KTBK agar memiliki beban doa syafaat bagi para saksi Kristus. Mohon Tuhan memberi hati yang suka berdoa

[Daftar Isi 00166]

7. OTORITAS SAKSI KRISTUS

SASARAN

Agar peserta KTBK memahami dan memiliki otoritas sebagai saksi Kristus

TEKS

Kis 5:1-16

INTRODUKSI

Seorang hamba Tuhan mengatakan bahwa apabila peristiwa Ananias dan Safira terjadi pada masa kini maka banyak anggota jemaat yang mati. Kata jemaatnya justru jemaat sekarang tidak mati karena tidak ada hamba Tuhan yang memiliki otoritas dan kualitas seperti Petrus dulu! Pikirkanlah dan diskusikanlah pernyataan tersebut di atas. Sudahkah saudara memiliki otoritas dalam bersaksi?

OBSERVASI

  • Sebelum Ananias dan Safira ditanya Petrus Apa komitmen Anansias dan Safira? (Kis 4:35-36 & ayat Kis 5:1-2)
  • Saat Ananias dan Safira ditanya Petrus Selidikilah teguran Petrus dan dasar otoritasnya! (ayat Kis 5:3-4, 8-9). Bagaimana jawaban dan keadaan Ananias dan Safira? (ayat Kis 5:5-10)
  • Setelah Ananias dan Safira mati Bagaimana respon orang banyak? (ayat Kis 5:5, 11-14). Bagaimana dampak pelayanan Petrus selanjutnya? (ayat Kis 5:12-16)

INTERPRETASI

  • Mengapa Petrus berani menegur Ananias dan Safira? Bagaimana Petrus mengetahui ketidakjujuran mereka?
  • Bagaimana Ananias dan Safira bisa sepakat mendustai Roh Kudus? Apa artinya "hatimu dikuasai iblis dan mendustai Roh Kudus"?

APLIKASI

  • Apa yang saudara pelajari dalam KTBK ini?
  • Sharingkanlah pengalaman saudara memiliki otoritas dari Roh Kudus dalam bersaksi dan menegur orang lain!
  • Bagaimana sikap saudara sebagai saksi Kristus menghadapi orang lain yang hidupnya berdosa?

DISKUSI

  • Bagaimana otoritas atau kewibawaan hamba Tuhan di dalam jemaat pada masa kini? Bandingkanlah dengan teladan Petrus.
  • Beranikah mereka menegur Jemaatnya yang berbohong, menyeleweng dan berdosa sekalipun ia sebagai donatur, kaya, berpangkat dan orang yang berpengaruh?
AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 4:33
  • Bacalah Injil Yohanes 7
  • Buatlah evaluasi kesaksian saudara selama ini! Tanyakanlah kepada tiga orang percaya tentang kekuatan dan kelemahan kewibawaan rohani sebagai saksi Kristus!

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Doakanlah hamba Tuhan dan jemaat Tuhan yang saudara kenal dan hidupnya masih tidak taat kepada Firman Tuhan. Mohon Tuhan agar menolong mereka mengalami transformasi rohani dan hidup suci.

[Daftar Isi 00166]

8. RESIKO SAKSI KRISTUS

Agar anggota KTBK mengerti resikonya sebagai saksi Kristus dan berani menghadapinya.

TEKS

Kis 5:17-42

INTRODUKSI

Yulia adalah wanita Kristen dari Kartago (Th 429) yang menjadi budak Eusebeus. Dia tidak ikut hadir dalam pesta penyembahan berhala yang diikuti Eusebeus. Sikap Yulia ini mendatangkan kemarahan Gubernur Feliks. Gubernur meminta Eusebeus supaya Yulia menyembah dewa­dewa. Karena Yulia menolak, gubernur menyiksa dan menggantung Yulia. Yulia tidak menyangkal imannya. Bagaimana pendapat saudara tentang resiko menjadi saksi Kristus?

OBSERVASI

  • Sebelum rasul-rasul berada di Bait Allah Bagaimana pengalaman rasul-rasul dengan malaikat? Apa yang diperbuat oleh rasul-rasul?Apa yang diperbuat oleh Imam Besar dkk? (ayat Kis 5:17-25)
  • Saat rasul-rasul di Bait Allah Apa yang rasul-rasul perbuat? (ayat Kis 5:21-25) Bagaimana rencana dan tindakan Imam Besar dan pengikut-pengi-kutnya? (ayat Kis 5:21-27)
  • Saat rasul-rasul di Mahkamah Agama Apa pertanyaan, larangan dan tindakan Imam Besar kepada rasul-rasul (ayat Kis 5:28, 33, 40). Bagaimana jawaban Petrus dan rasul-rasul (ayat Kis 5:29-32). Apa inti kesak­siannya? Selidikilah keistimewaan nasehat Gamaliel! (ayat Kis 5:34-39)
  • Setelah rasul-rasul ke luar Mahkamah Agama Bagaimana hidup dan pelayanan mereka? (ayat Kis 5:41-42)

INTERPRETASI

  • Mengapa rasul-rasul tetap taat dan terus bersaksi sekalipun banyak tantangan? (Band. Mat 10:18-20)
  • Bagaimana Allah menolong rasul-rasul menghadapi tantangan itu?

APLIKASI

  • Apa yang saudara pelajari dalam KTBK ini?
  • Resiko apa saja yang pernah saudara alami akibat bersaksi nama Yesus? Bagaimana saudara mengalami perto­longan Tuhan dalam bersaksi?

DISKUSI

  • Carilah paling sedikit 10 resiko bersaksi tentang Injil Kristus dalam konteks pelayanan pada masa kini! Bagai­mana solusinya dalam menghadapi resiko tersebut?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 5:29, 31
  • Bacalah Injil Yohanes 8
  • Kunjungilah dua rekan seiman saudara yang sedang mengalami aniaya karena Injil. Sharingkanlah Firman Tuhan ini dan doakanlah!

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Doakanlah para penginjil yang sedang teraniaya, dipenjara dan diancam karena kesaksiannya bagi Injil Yesus Kristus. Doakan pula teman KTBK agar berani bersaksi sekalipun ada resikonya!

[Daftar Isi 00166]

9. PENDELEGASIAN SAKSI KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK memahami pentingya mende­legasikan pelayanan kepada orang lain dan mau bekerja secara tim.

TEKS

Kis 6:1-8

INTRODUKSI

Stephen Covey pengarang buku Seven Habit pernah mengatakan bahwa seorang pemimpin adalah dia yang memanjat pohon tertinggi, mensurvei seluruh situasinya lalu berseru: "bukan yang ini hutannya!" Seringkali seorang saksi Kristus tidak mengenal ladang pelayanannya bahkan kebingungan bekerja sama dengan temannya. Apakah saudara sebagai saksi Kristus mengetahui fokus pelayanan dan mau bekerja sama dengan orang lain? Bagaimana mendelegasikan pelayanan kepada orang lain?

OBSERVASI

  • Sebelum pemilihan pelayan Tuhan Apakah tuntutan jemaat setelah jumlah murid-murid bertambah banyak? (ayat Kis 6:1) Carilah paling sedikit 5 hal yang dilakukan rasul-rasul dalam menanggapi tuntutan itu! (ayat Kis 6:1-4)
  • Saat pemilihan pelayan Tuhan Siapakah yang memilih mereka dan siapakah yang dipilih? Bagaimana kriteria dan prosesnya? (ayat Kis 6:2-6).
  • Setelah pemilihan pelayan Tuhan Bagaimana dampak pelayanan rasul-rasul?(ayat Kis 6:7-8)

INTERPRETASI

  • Mengapa rasul-rasul mau mendelegasikan pelayanannya kepada orang lain?
  • Apa artinya orang yang dipilih harus terkenal baik, penuh dengan Roh Kudus dan hikmat?

APLIKASI

  • Sharingkanlah fokus pelayanan saudara sebagai saksi Kristus!
  • Bagaimana cara saudara mendelegasikan pelayanan kepada orang lain?

DISKUSI

  • Bagaimana proses pendelegasian pelayanan di gereja atau persekutuan saudara masa kini?
  • Bandingkanlah cara memilih pelayan Kristus menurut standar alkitabiah atau standar gereja saudara dengan standar dunia? Berilah contoh nyata!

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 6:3
  • Bacalah Injil Yohanes 9
  • Buatlah daftar tugas-tugas pelayanan, study, pekerjaan dan lainnya setiap hari. Manakah tugas pelayanan saudara yang akan di delegasikan kepada orang lain?

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Mohon Tuhan memimpin pelayanan dan kesakasian saudara agar terfokus. Doakanlah orang-orang yang akan saudara beri tanggung jawab pelayanan!Doakanlah para pemimpin rohani agar bisa dan mau mendelegasikan pelayanan kepada orang lain!

[Daftar Isi 00166]

10. APOLOGIA SAKSI KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK dapat mempertanggungjawabkan imannya kepada orang lain yang mempertanya kannya dengan kasih.

TEKS

Kis 6:8-7:60

INTRODUKSI

Apologia dan apologeomai berasal dari Bahasa Yunani yang berarti pembelaan atau pertanggungjawaban. Johanes Verkuyl menyatakan bahwa setiap orang Kristen wajib mempertanggungjawabkan isi iman dan pengha­rapannya untuk memberi jawab kepada orang yang bertanya atau meragukan (1Pe 3:15-16) Bagaimana cara membela iman Kristen?

OBSERVASI

  • Sebelum Stefanus diseret ke Mahkamah Agama Bagaimana ciri-ciri Stefanus? (ayat Kis 6:8,10,15) Apa yang dilakukan jemaat Yahudi terhadap Stefanus? (ayat Kis 6:9-15)
  • Saat Stefanus di Mahkamah Agama Kasus apa dan bagaimana mereka menyidang Stefanus? (Kis 6:13-14). Telitilah jawaban Stefanus dalam tiga cara: menurut cerita Abraham, Musa, Daud dan Salomo (Kis 7:2-19,20-45,46-50). Apa isi dan cara Stefanus menegur mereka? (ayat Kis 7:51-53) Bagaimana respon mereka? (ayat Kis 7:54-59)
  • Setelah Stefanus disidang Mahkamah Agama Bagaimana keistimewaan doa, sikap dan tindakan Stefanus ketika ia dilempari batu (ayat Kis 7:54-60)

INTERPRETASI

  • Mengapa Stefanus mempertanggungjawabkan imannya dengan penjelasan dan teguran keras?
  • Apa arti doa Stefanus: "Tuhan, janganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka?"

APLIKASI

  • Bagaimana pengalaman saudara memberi jawab iman Kristen kepada orang yang ragu-ragu dan bertanya tentang Injil?
  • Sharingkanlah langkah-langkah praktis saudara dalam meyakinkan orang lain yang bertanya tentang Injil!

DISKUSI

  • Apakah yang diperlukan bagi seorang apologet (yang membela Injil)? Sikap apa saja yang harus ada pada mereka?
  • Bagaimana metode yang alkitabiah dan kontekstual dalam meyakinkan Injil kepada orang lain?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat 1Pe 3:15
  • Bacalah Injil Yohanes 10
  • Bacalah buku Framenta Apologetika, J. Verkuyl, BPK: 1966. Catatlah hal-hal penting tentang pembelaan iman Kristen!

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Mohon kepada Tuhan memberi kekuatan kepada para penginjil yang teraniaya, dipenjara dan menjadi martir karena Injil Yesus Kristus!

[Daftar Isi 00166]

11. KARUNIA SAKSI KRISTUS

Agar anggota KTBK memahami dan memiliki karunia Roh Kudus yang bermanfaat untuk penginjilan.

TEKS

Kis 8:1-25

INTRODUKSI

Ensiklopedi Alkitab Masa Kini menjelaskan penum­pangan tangan adalah tindakan yang melambangkan mengalirnya berkat rohani dari seorang kepada yang lain. Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru memberikan contoh penumpangan tangan, misalnya Yakub memberkati anak-anak Yusuf, Yesus menumpangkan tangannya atas orang sakit, dll. Apakah sebagai saksi Kristus membutuhkan orang lain mendoakan dan menumpang tangan agar menerima karunia Roh Kudus?

OBSERVASI

  • Setelah Stefanus mati Apa yang terjadi setelah Stefanus mati dan bagaimana jemaat menghadapinya? (ayat Kis 8:1-4)
  • Saat Filipus di Samaria Telitilah perbedaan Rasul Kristus dengan Simon tukang sihir (berita, tanda mujizat dan dampaknya)! (ayat Kis 8:5-13)
  • Saat Petrus dan Yohanes di Samaria Bagaimana Petrus dan Yohanes menindaklanjuti orang percaya di Samaria? Telitilah bagaimana mereka mene­rima Roh Kudus! (ayat Kis 8:14-17). Apa yang dilihat Simon tentang pemberian Roh Kudus? Bagaimana konsepnya? Bagaimana jawaban Petrus? (ayat Kis 8:18-25)

INTERPRETASI

  • Mengapa Simon tukang sihir mau membeli kuasa Roh Kudus?
  • Mengapa orang Samaria yang sudah menerima Injil dan dibaptis masih perlu menerima Roh Kudus? (ayat Kis 8:12, 14, 17, 19)

APLIKASI

  • Sharingkanlah pengalaman saudara menantang dan mendoakan orang untuk menerima Injil!
  • Bagaimana saudara melayani orang agar menerima Roh kudus?

DISKUSI

  • Bagaimana hubungan antara penumpangan tangan dengan menerima Roh Kudus? Diskusikanlah mengapa transfer Roh melalui penumpangan tangan hamba­hamba Tuhan? Bedakanlah antara kuasa Roh Kudus dengan kuasa setan. Bagaimana perbedaan penginjilan yang disertai dengan kuasa Roh Kudus dengan yang tidak disertai kuasa Roh Kudus.

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 8:17
  • Bacalah Injil Yoh 11
  • Doakanlah tiga orang teman saudara agar menerima karunia Roh Kudus dan bersedia menjadi saksi Kristus dalam minggu ini!

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Doakanlah hamba-hamba Tuhan agar dalam bersaksi menggunakan karunia-karunia Roh Kudus dengan benar dan alkitabiah!

[Daftar Isi 00166]

12. KEPEKAAN SAKSI KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK belajar peka mendengar suara Roh Kudus dan bersedia menaati perintahNya dalam rangka menyaksikan Injil

TEKS

Kis 8:26-40

INTRODUKSI

Roberts Liardon dalam bukunya Pertajam Kepekaan Anda mengatakan bahwa hari ini Tuhan sedang mencari orang yang harus mengenali Roh Kudus dan orang-orang yang mengijinkan Roh Allah bekerja dengan dahsyat Melalui mereka. Sebagai saksi Kristus pada masa kini masih perlukah kepekaan terhadap Roh Kudus? Bagaimana kita bisa mengenali pimpinanNya dalam kehidupan praktis?

OBSERVASI

  • Sebelum Filipus bertemu Sida-Sida Apakah yang diperintahkan malaikat Tuhan dan Roh kepada Filipus (ayat Kis 8:26-29). Telitilah hubungan antara malaikat Tuhan dan Roh Kudus!
  • Saat Filipus bertemu Sida-Sida Apakah inti pertanyaan Sida-Sida dalam dialog itu? Bagaimana Filipus menjelaskan Injil dan bagaimana respon Sida-Sida? (ayat Kis 8:30-39). Selidikilah cara Filipus menantang terima Injil!
  • Setelah Filipus membaptis Sida-Sida Apakah yang dikerjakan Roh Kudus kepada Filipus? (ayat Kis 8:39-40)

INTERPRETASI

  • Mengapa Sida-Sida mau percaya Injil dan dibaptis? Apakah hubungan antara percaya dan dibaptis?
  • Bagaimana peran Roh Kudus sebelum, saat dan setelah Filipus memberitakan Injil?

APLIKASI

  • Apakah yang saudara pelajari dalam KTBK ini?
  • Bagaimana kebergantungan saudara sebagai saksi Kristus dengan Roh Kudus?
  • Sharingkan pendekatan saudara dalam menginjili secara pribadi!

DISKUSI

  • Pentingkah menginjili dengan memakai Alkitab secara benar?
  • Bagaimana metode-metode penginjilan pribadi yang efektif untuk konteks saudara?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Rom 1:16-17
  • Bacalah Injil Yoh 12
  • Doakanlah dan dekatilah dua teman saudara dengan Injil secara pribadi dalam minggu ini. Catatlah respon mereka!

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Mohon Tuhan memberi kepekaan terhadap pimpinan Roh Kudus agar setiap anggota KTBK dapat menginjili secara tepat dengan hasil maksimal.

[Daftar Isi 00166]

13. PANGGILAN SAKSI KRISTUS

Agar anggota KTBK mengenali panggilan Tuhan menjadi saksi Kristus yang sesuai kehendakNya

TEKS

Kis 9:1-19a

INTRODUKSI

Michael Griffiths dalam bukunya Ambillah Aku Melayani Engkau menulis: Yesus sering memanggil manusia untuk mengikutiNya. Murid-murid yang pertama: Petrus dan Andreas, diperintahkan "Mari, Ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusa". Mereka segera meninggalkan segala sesuatu dan mengikuti Yesus. Mengapa mereka mau dipanggil Yesus? Bagaimana mengenali Panggilan Tuhan Yesus?

OBSERVASI

  • Sebelum Saulus berjumpa Yesus. Siapakah dia dan apa yang diperbuatnya? (ayat Kis 9:1-3;13-14)
  • Saat Saulus berjumpa Yesus. Bagaimana pengalamannya? Dan apa inti dialognya? (ayat Kis 9:4-9)
  • Setelah Saulus berjumpa Yesus. Apa yang dilakukan Saulus? Apa pesan Tuhan melalui Ananias? Apakah konfirmasi Ananias tentang penglihatan Saulus? Apa tugas panggilan Saulus? (ayat Kis 9:10-19a)

INTERPRETASI

  • Apa maksud "Tuhan memanggil Saulus, Saulus? (ayat Kis 9:15-16)
  • Bagimana Saulus tahu, yakin dan menaati panggilan Tuhan Yesus menjadi saksi Kristus? (Bandingkanlah dengan maksud dan tujuan hidup sebelum dipanggil Tuhan (ayat Kis 9:4-7; 15-16; 17-19)

APLIKASI

  • Apakah yang saudara pelajari dalam KTBK ini?
  • Bagaimana saudara yakin dan tahu dipanggil Tuhan untuk menjadi saksiNya? Carilah tanda-tanda yang menegaskan panggilan itu!
  • Bagaimana akibatnya kalau panggilan Tuhan itu ditolak? Berilah contoh-contoh nyata dari tokoh Alkitab atau tokoh pelayanan Kristus masa kini.

DISKUSI

  • Apa yang meyakinkan orang dipanggil Tuhan? Konfirmasi apa saja yang meneguhkan?
  • Halangan apa saja yang membuat orang lari dari panggilan Tuhan?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 9:15
  • Bacalah Injil Yoh 13
  • Jelaskan kepada tiga orang, bagaimana mengenali panggilan Tuhan dan tanda-tanda yang menyertainya!

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Doakanlah agar seluruh anggota KTBK yang saudara ikuti dapat mengenali panggilan Tuhan menjadi saksi Kristus yang sesuai dengan kehendaknya dan mau menaatinya.

[Daftar Isi 00166]

14. PENGARUH SAKSI KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK memiliki pengaruh yang besar terhadap orang sekelilingnya sehingga mudah bersaksi tentang Injil.

TEKS

Kis 9:19-43

INTRODUKSI

John Maxwell penulis buku Menjadi Orang yang Berpengaruh mengusulkan tahapan-tahapan pengaruh dan dampaknya. Pengaruh tingkat terendah berdasarkan posisi, kemudian hubungan dengan orang lain, produktif dalam pekerjaan, mengembangkan orang lain. Tingkat teratas adalah orang yang menghabiskan waktu seumur hidupnya untuk menyuk­seskan orang lain ke potensi tertinggi. Sudahkah saudara menjadi saksi Kristus yang berpengaruh?

OBSERVASI

  • Setelah Saulus bertobat dan dibaptis. Bagaimana aktivitas Saulus (ayat Kis 9:19-22;26-29) dan pengaruhnya terhadap orang-orang Yahudi (ayat Kis 9:22-24), dan orang-orang percaya? (ayat Kis 9:30-31)
  • Saat Petrus mengadakan Kunjungan. Apakah yang dilakukan Petrus terhadap Tabita dan Eneas? Bagaimana pelayanan Petrus dan pengaruhnya di Lida (ayat Kis 9:32-35) dan di Yope? (ayat Kis 9:36-43)

INTERPRETASI

  • Mengapa kesaksian Saulus dan Petrus berpengaruh luas di masyarakat? (ayat Kis 9:31, 35, 42)
  • Carilah unsur-unsur penting yang membuat kesaksian rasul-rasul berpengaruh luas! (ayat Kis 9:20-21,32,34,40-41)

APLIKASI

  • Apakah yang saudara pelajari dalam KTBK ini?
  • Sharingkanlah pengaruh kesaksian saudara di masyarakat? Berapa banyak orang menjadi percaya Yesus?
  • Apa saja halangan saudara menjadi orang berpengaruh di sekeliling saudara?

DISKUSI

  • Bagaimana pendekatan penginjilan melalui sosial; bantuan makanan, minuman, obat-obatan, pengobatan pada rumah sakit berpengaruh pada masyarakat sekeliling saudara?
  • Bagaimana kehidupan praktis saksi Kristus di masyarakat?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 9:22
  • Bacalah Injil Yohanes 14
  • Daftarkanlah tiga tetangga saudara yang mengalami kesulitan hidup! Berilah perhatian dan bantulah mereka sesuai kerelaan saudara dalam minggu ini!

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Mohon Tuhan Yesus mendorong setiap anggota KTBK memperhatikan dan mau menolong tetangga yang sedang mengalami sakit dan kesulitan ekonomi.

[Daftar Isi 00166]

15. VISI SAKSI KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK mampu melihat visi dari Allah dalam rangka pemberitaan Injil kepada semua suku bangsa.

TEKS

Kis 10:1-48

INTRODUKSI

George Barna dalam bukunya The Power of Vision mengatakan: "Pelayanan yang benar harus dimulai dengan visi. Visi adalah pandangan yang memberikan instruksi kepada pemimpin dan membimbing jalannya. Bila untuk alasan apapun juga anda berusaha memimpin umat Allah tanpa visi Allah bagi pelayanan anda, anda sekedar memainkan permainan yang berbahaya." Sudahkah visi Allah memimpin saudara sebagai saksi Kristus?

OBSERVASI

  • Sebelum Petrus bertemu Kornelius Siapa Kornelius? (ayat Kis 10:1-2, 22). Telitilah apa dan bagai­mana penglihatan Kornelius! (ayat Kis 10:3-8) Apa artinya? (ayat Kis 10:30-33). Telitilah apa dan bagaimana penglihatan Petrus! (ayat Kis 10:9-17) Apa artinya? (ayat Kis 10:18-29; 34)
  • Saat Petrus bertemu dengan Kornelius Apa yang disaksikan Petrus kepada Kornelius (ayat Kis 10:34-43) Bagaimana peran Roh Kudus saat Petrus bersaksi? (ayat Kis 10:44-47). Bagaimana respon mereka? (ayat Kis 10:48)

INTERPRETASI

  • Mengapa visi Allah sangat penting bagi orang yang bersaksi? Apa maksudnya Petrus dan Kornelius mendapat visi Allah?
  • Apa maksudnya Kornelius menerima karunia Roh Kudus sebelum dibaptis air? Bagaimana Petrus dan teman-temannya mengetahui hal itu?

APLIKASI

  • Ceritakanlah visi dari Allah yang mendorong saudara bersaksi tentang Injil kepada suku dan agama lain!
  • Bagaimana saudara menaati visi itu?

DISKUSI

  • Bagaimana cara dan syaratnya orang menerima visi Allah? Apa tandanya orang bersaksi tentang Injil yang diawali dari visi Allah?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 10:15
  • Bacalah Injil Yoh 15
  • Rumuskanlah dalam satu kalimat visi Allah bagi saudara dan tuliskanlah misi saudara dalam bersaksi tentang Injil kepada suku dan agama lain.

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Memohon kepada Tuhan supaya semakin dipertajam visi untuk memberitakan Injil. Mohon Tuhan memberi hati yang taat untuk mengerjakan visi tersebut

[Daftar Isi 00166]

16. KONFIRMASI SAKSI KRISTUS

SASARAN

Agar anggota KTBK mengetahui konfirmasi Roh Kudus akan menguatkan panggilan sebagai saksi Kristus.

TEKS

Kis 11:1-18

INTRODUKSI

Benny Hinn dalam bukunya Selamat Datang Roh Kudus bersaksi: dalam perjalanan pulang dari San Jose, Roh Kudus menyuruhnya untuk membangun gereja di Orlando. Ia ragu karena tahu istrinya Suzane tidak suka Tinggal di Orlando. Sesampai di depan pintu, Suzanne menyambutnya dengan mengatakan: "Beny, Roh Kudus berbicara kepadaku bahwa kamu harus membangun gereja di Orlando." Menurut saudara pentingkah konfirmasi Roh Kudus bagi saksi Kristus?

OBSERVASI

  • Sebelum Petrus menjelaskan Penginjilan kepada bangsa-bangsa lain. Telitilah pokok perselisihan antara golongan orang bersu­nat dengan Petrus! (ayat Kis 11:1-3)
  • Saat Petrus menjelaskan Penginjilan kepada bangsa­bangsa lain. Bagaimana penjelasan Petrus tentang Injil bagi bangsa­bangsa lain? Urutkanlah argumentasi Petrus meliputi apa yang dilihatnya dan didengarnya konfirmasi dari orang lain dan dari Roh Kudus. Bagaimana kesimpulan Petrus terhadap turunnya Roh Kudus untuk bangsa-bangsa lain! (ayat Kis 11:4-17)
  • Setelah Petrus menjelaskan tentang PI kepada bangsa­bangsa lain. Bagaimana respon orang banyak? (ayat Kis 11:18)

INTERPRETASI

  • Mengapa Petrus perlu menjelaskan pengalaman penginjilan kepada bangsa-bangsa lain?
  • Bagaimana keistimewaan penjelasan Petrus sehingga mereka menerima?

APLIKASI

  • Kebenaran Firman Tuhan apa saja yang saudara terima dari penjelasan Petrus di atas?
  • Sharingkanlah pengalaman saudara tentang konfirmasi Roh Kudus melalui orang lain!

DISKUSI

  • Mengapa konfirmasi dari orang lain dibutuhkan bagi saksi Kristus yang dipanggil dalam ladang penginjilan? Apa akibatnya jika seseorang tidak mendapat konfirmasi saksi Kristus?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 11:19
  • Bacalah Injil Yoh 16
  • Datangilah dua teman seiman dan teguhkanlah mereka agar mau menjadi saksi Kristus di tempat mereka!

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Doakanlah supaya saksi Kristus menerima konfirmasi Roh Kudus melalui orang lain sehingga menguatkan dalam melaksanakan panggilan pelayanan!

[Daftar Isi 00166]

17. PENYERAHAN SAKSI KRISTUS

Agar anggota KTBK tetap berserah kepada Tuhan sewak­tu menghadapi tantangan dalam pelayanan penginjilan.

TEKS

Kis 12:1-25

INTRODUKSI

Christiana Tsai dalam bukunya Ratu Kamar Gelap mengisahkan pengalamannya. Selama 51 tahun penyakit telah merusak tubuhnya dan membelenggunya di tempat tidur di kamar gelap. Namun ia tidak putus asa Tidak mengeluh dan tidak menyalahkan Tuhan. Ia tetap memberitakan Injil. Sudahkah saudara memiliki penyerahan hidup yang total sebagai saksi Kristus kendati banyak tantangan?

OBSERVASI

  • Sebelum Petrus di penjara Apa yang dilakukan Herodes terhadap Petrus, rasul-rasul dan jemaat? (ayat Kis 12:1-4, 19-23)
  • Saat Petrus di penjara Bagaimana sikap jemaat terhadap Petrus yang dipenjara? (ayat Kis 12:5). Apa yang dilakukan Petrus di dalam penjara? (ayat 6) Selidikilah hasil doa jemaat! Bagaimana tindak­an malaikat mengeluarkan Petrus dan bagaimana respon Petrus? (ayat Kis 12:6-11)
  • Setelah Petrus ke luar dari penjara Apa yang dilakukan Petrus setelah keluar dari penjara? (ayat Kis 12:12-17)

INTERPRETASI

  • Mengapa malaikat Tuhan mengeluarkan Petrus dari penjara?
  • Apa artinya "tiba-tiba berdirilah malaikat Tuhan dan tiba-tiba malaikat meninggalkan Petrus?"

APLIKASI

  • Bagaimana sikap doa saudara terhadap para saksi Kristus yang sedang di penjara, dalam penderitaan dan lain-lain?
  • Ceritakanlah sikap dan karakter saudara saat mengalami tantangan karena Kristus!

DISKUSI

  • Diskusikanlah ciri-ciri saksi Kristus yang dalam hidupnya berserah kepada Tuhan Yesus! Berilah contoh tokoh­tokoh penginjilan. Kesulitan apa yang membuat saksi Kritus hidupnya tidak berserah kepada Tuhan Yesus?

AKSI

  • Hafalkanlah ayat Kis 12:17
  • Bacalah Injil Yoh 17
  • Bacalah Buku Hidupku Bagi Kristus karya Wellem, BPK, Jakarta, 2003

EVALUASI
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________
______________________________________________

DOA

  • Mengucap syukurlah kepada Tuhan Yesus yang senan­tiasa memberikan pertolongannya sewaktu menghadapi tantangan pelayanan. Doakanlah penginjil-penginjil yang dianiaya, dipenjara, disiksa di negara tirai besi!

[Daftar Isi 00166]

MEMAHAMI KEBUTUHAN ANGGOTA KTBK

Gambar Tabel ==> Image 00026


[Daftar Isi 00166]

BAHAN KTB KOTEKSTUAL
______________________________________________________________________________________________________________
|           | BAHAN UTAMA                           |  BUKU REFERENSI                                          |
|           |                                       |                                                          |
| PENEGUHAN | "Teguh di Dalam Kristus"              |  * Robert Cook, Setelah Aku Percaya,                     |
|           | (Surat I Yohanes)                     |    Kalam Hidup.                                          |
|           | "Mengenal Kristus Yang Sebenarnya 1   |  * John RW. Stott, Kedau latan & Karya                   |
|           | (Injil Yohanes)                       |    Kristus, YKBK/OMF, Jakarta                            |
|           | "Mengenal Kristus Yang Sebenarnya 2   |  * WS. Heath, Tak Mengambang, Tak Meleset,               |
|           | (Injil Yohanes 1-12)                  |    Andi Offset, Yogyakarta                               |
|           |                                       |  * Neil Anderson, Siapakah Anda Sesungguhnya,            |
|           |                                       |    LLB, Bandung                                          |
|           |                                       |                                                          |
| PEMBINAAN | "Bertumbuh Ke Arah Kristus"           |  * Jerry White, Kuasa Penyerahan Diri,                   |
|           | (Surat Kolose)                        |    Kalam Hidup, Bandung                                  |
| DASAR     | "Dewasa di Dalam Kristus"             |  * John White, Harga Penyerahan Diri,                    |
|           | (Surat Efesus)                        |    Kalam Hidup, Bandung                                  |
|           | "Melangkah Bersama Yesus"             |  * James Dobson, Kala Tuhan Tidak Dipahami,              |
|           | (Surat Yakobus)                       |    Abdi Tandur, Jakarta                                  |
|           | "Serupa Dengan Kristus"               |  * Michael L. Brown, Melawan Godaan Dosa,                |
|           | (Surat Filipi)                        |    Yayasan Andi, Yogyakarta                              |
|           |                                       |  * Gerald R. McDemott, Mengenali 12 Tanda                |
|           |                                       |    Kerohanian Sejati, Yayasan Andi, Yogyakarta           |
|           |                                       |                                                          |
| PEMBINAAN | "Menjadi Pelayan Kristus"             |  * Robert Coleman, Rencana Agung Penginjilan,            |
| LANJUTAN  | (Injil Markus)                        |    Kalam Hidup                                           |
|           | "Diutus Bagi Kristus"                 |  * Visi & Misi Pelayanan Mahasiswa, Jurnal Alethein,     |
|           | (Kitab Yunus)                         |    PMKS/PAPS, Edisi 02/Th II                             |
|           | "Pelayan Kristus Muda"                |  * Watcman Nee, Pekerja Kristus, Kalam Hidup             |
|           | (Surat Timotius)                      |  * Gottfied O Mensah, Dicari Pemimpin Yang Melayani,     |
|           | "Pemimpin Yang Berkualitas"           |    YKBK/OMP, Jakarta                                     |
|           | (Kitab Nehemia)                       |  * Oswald J. Sanders, Kepemimpinan Rohani, Kalam Hidup,  |
|           |                                       |    Bandung                                               |
|           |                                       |  * John C. Maxwell, Law of Leadership,                   |
|           |                                       |    Interaksara                                           |
|           |                                       |  * John C. Maxwell, Mengembangkan Kepemimpinan           |
|           |                                       |    di Sekeliling Anda, Profesional Books, Jakarta        |
|___________|_______________________________________|__________________________________________________________|


[Daftar Isi 00003]

LEMBAR KOMITMEN PERTEMUAN KTB KONTEKSTUAL

Saya rindu dan mau mengambil komitmen dalam KTB Kontekstual

Nama          : ...............................................................
Tgl. Lahir    : ................................. [   ] Pria       [   ] Wanita
Alamat        : ...............................................................
Kota          : .......................................... Kode Pos............
Telp.         : ............................. Fax..............................
E-mail        : ...............................................................
Gereja Lokal  : ...............................................................
Alamat Gereja : ...............................................................



....................., ................

Yang bertanda tangan,



(.....................)


1 lembar untuk pemimpin
1 lembar untuk data dan pokok doa STTG
Kirimkan data ini ke:
Sekolah Tinggi Teologi Gamaliel
Jl. Petir 18 Jebres Surakarta 57126 Telp. (0271) 48423

______________________________________________________________________________________________
|GERAKAN CINTA ALKITAB           |         KARTU TANDA ANGGOTA                                 |
|KTB KONTEKSTUAL                 |   KELOMPOK TUMBUH BERSAMA KONTEKSTUAL (KTBK)                |
|                                |                                                             |
|PMK Surakarta-STT Gamaliel-PAG  |   Nomor Kartu    : ................ No Anggota ...........  |
|(0271) 648423                   |   Pemimpin       : .......................................  |
|                                |   Alamat Lengkap : .......................................  |
|                                |   Mulai KTBK     : .......................................  |
|                                |   Bahan          : .......................................  |
|________________________________|_____________________________________________________________|
|                                |                                                             |
|________________________________|_____________________________________________________________|
|                                |                                                             |
|________________________________|_____________________________________________________________|
|                                |                                                             |
|________________________________|_____________________________________________________________|
|                                |                                                             |
|________________________________|_____________________________________________________________|
|                                |                                                             |
|________________________________|_____________________________________________________________|

Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta © 2005-2014 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati