Sabda Katalog Yayasan Lembaga SABDA Pendidikan Elektronik Study Teologia Awam e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik e-Learning - Situs Sumber Bahan Pelajaran Kristen dan Pendidikan Elektronik
Home | Bahan | Seri

Hidup Baru Di Dalam Kristus - Praktika

Kategori: Sistematika | Biblika | Praktika | Historika


HIDUP BARU DI DALAM KRISTUS
Bukan Dari Roti Saja
Fasal 1: Siapakah Yesus Kristus Itu?
Fasal 2: Karya Yesus Kristus
Fasal 3: Hidup Kekal Di Dalam Yesus Kristus


BUKAN DARI ROTI SAJA

Sepertiga dari penduduk dunia naik ke tempat tidur mereka dengan perut yang lapar. Namun menjadi seorang di antara begitu banyak orang yang menderita kekurangan makan secara rohani adalah lebih jelek lagi. Perkataan yang tertulis dalam Alkitab berabad-abad yang lampau memang benar: "..... Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari firman yang keluar dari mulut Allah." (Mat 4:4).

Karena mereka menyadari bahwa hati yang lapar ini hanya dapat dipuaskan oleh Firman Tuhan saja, maka oleh karena itu lebih banyak orang melibatkan diri mereka di dalam penyelidikan Alkitab dengan sungguh-sungguh. Makanan rohani yang disediakan Allah bagi kesehatan dan pertumbuhan rohani memang sangat diperlukan untuk mereka yang masih baru di dalam iman Kristen, dan mereka yang sudah mengenal Kristus bertahun-tahun lamanya.

Pelajaran-pelajaran Alkitab mengenai kehidupan Kristen ini masih baru, dan telah disusun dengan cermat untuk menolong anda ......

  • Memulai suatu program penyelidikan Alkitab secara pribadi.
  • Belajar dan mempraktekkan perkara-perkara yang penting dari kehidupan Kristen yang seimbang.
  • Bertumbuh di dalam suatu rencana penyelidikan Alkitab sehingga anda dapat meneruskan sendiri.

Agar anda dapat memperoleh keuntungan yang besar dari penyelidikan Alkitab ini, maka sangatlah penting jikalau anda belajar dari BUKU ke-1 terlebih dahulu, kemudian BUKU ke-2, BUKU ke-3 dan seterusnya sampai BUKU ke-10.

Seri buku-buku penyelidikan Alkitab ini akan membentuk anda secara progresif selagi anda meneruskannya. Kami berani pastikan bahwa anda tidak akan mau kehilangan kesempatan untuk mempelajari tiap-tiap buku dari Seri Pelajaran Alkitab ini.

Anda hanya memerlukan sebuah Alkitab atau Kitab Perjanjian Baru. Setiap pertanyaan akan memimpin anda kepada suatu bagian Firman Tuhan. Setelah anda membaca bagian dari Firman Tuhan itu dengan seksama, maka jawablah pertanyaan itu dengan perkataan anda sendiri.

Wah 3:20, hal ini berarti Kitab Wahyu, fasal Wah 3:20.

Kami sarankan agar anda mengerjakan pelajaran Alkitab setiap hari sedikit- sedikit, dengan menjawab tiga atau empat pertanyaan sehari, maka anda akan menyelesaikan satu fasal seminggu.

JANGAN LUPA BERDOA. Pintalah kepada Tuhan agar anda diberi pengertian pada waktu anda mempelajari fasal-fasal mengenai ............

* SIAPAKAH YESUS KRISTUS ITU?

* KARYA YESUS KRISTUS

* HIDUP KEKAL DI DALAM YESUS KRISTUS


Fasal 1

SIAPAKAH YESUS KRISTUS ITU?

Bila kita diperkenalkan kepada seseorang, maka sering timbul dua pertanyaan dalam pikiran kita mengenai orang tersebut: "Siapakah dia? dan Apakah pekerjaannya?"

Sambil memeriksa Alkitab untuk belajar mengenai Yesus Kristus, kita boleh menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang sama seperti di atas. Yesus pernah sekali bertanya kepada para pengikutNya: "Menurut kata orang, Siapakah Aku ini?"

Sebenarnya pertanyaan itu penting - dan sangat penting sekarang. Jawabannya adalah DASAR IMAN orang Kristen - dan juga suatu alasan bagi penyelidikan Alkitab ini disusun.

Dalam fasal 1 ini, kita memperhatikan pertanyaan: SIAPAKAH YESUS KRISTUS ITU? - dan dalam fasal 2 pertanyaan: APAKAH PEKERJAANNYA?

KEMANUSIAANNYA

  1. Bagaimanakah Gal 4:4 melukiskan tentang kelahiran Yesus Anak Allah? (CONTOH JAWABANNYA: "Ia diutus Allah dan lahir melalui seorang wanita biasa")
  2. Di manakah Yesus dilahirkan? (Mat 2:1)

  3. (Yudea adalah suatu propinsi di sekeliling Yerusalem). Agar anda dapat mengetahui cerita mengenai kelahiran Yesus Kristus secara keseluruhannya, maka bacalah Mat 1:18-2:12 dan Luk 1:26-2:20.
  4. Di dalam hal apakah masa kanak-kanak Yesus itu memiliki persamaan dengan anak-anak lain? (Luk 2:52)
  5. Bagaimanakah kondisi Yesus sesudah Ia berpuasa empatpuluh hari empat puluh malam di padang belantara? (Mat 4:2)
  6. Bagaimanakah keadaan Yesus sebagai manusia yang dinyatakan dalam Yoh 4:6?
  7. Apakah yang telah dilakukan oleh Yesus sesudah Ia mengajar sepanjang hari yang melelahkan? (Mar 4:38)
  8. Bagaimanakah Yesus menunjukkan perasaan sedihNya, karena sahabat-sahabatNya mengalami dukacita? (Yoh 11:35)
    			| "Yesus Kristus telah berjalan di dunia ini. Jejak  |
    			| Kaki Ilahi yang tidak dapat dihapuskan. Dan Jejak  |
    			| Ilahi ini adalah Jejak Kaki seorang MANUSIA......  |
    			| bukan malaikat, bukan roh tanpa tubuh, bukan angan |
    			| -angan abstrak, tetapi - MANUSIA YESUS KRISTUS."   |
    			|                                  -Peter Bayne      |

    MANUSIA - TETAPI TANPA DOSA

  9. Meskipun Yesus Kristus telah dicobai sebagaimana yang dialami semua orang, tetapi di dalam hal apakah Ia berbeda daripada kita?(Ibr 4:15)
  10. Didalam Yoh 8:46, Yesus menantang orang-orang Yahudi untuk
    KEILAHIANNYA
    Sebagian orang menyatakan bahwa Yesus Kristus itu sebagai seorang yang agung. Oleh sebagian orang Dia dianggap sebagai pendiri suatu agama yang baru. Yang lain-lainnya memandang Dia sebagai seorang Nabi. Tetapi Yesus sendiri menuntut, bahwa Ia adalah Allah. Jikalau hal ini tidak benar, maka Ia tidak dapat disebut seorang yang baik, melainkan sebagai penyesat atau penipu.
    Nabi Yesaya menubuatkan mengenai kelahiran Kristus 750 tahun sebelum hal itu terjadi, dan Nabi Yesaya telah mencatat di dalam kitab Yes 9:5, ".... Namanya disebutkan orang: Penasehat Ajaib, Allah Yang Kekal, Raja Damai."
  11. Dalam Ibr 1:8, bila Allah Bapa berbicara mengenai AnakNya Yesus Kristus, bagaimanakah Allah Bapa menyebut AnakNya?
  12. Dalam Yoh 5:23, Yesus Kristus mengajar kita, bahwa Ia patut menerima kehormatan sama seperti
  13. Setelah para murid melihat Kuasa Yesus atas Lautan dan Angin Ribut (dalam Mat 14:22-33), apakah yang telah mereka lakukan? (ayat Mat 14:33)
  14. Bagaimanakah Yesus membiarkan Tomas menyapa Dirinya? (Yoh 20:28)
    			 _________________________________________________________________
    			|                                                                 |
    			| "Jikalau Socrates memasuki ruangan, maka kita akan bangkit      |
    			|  berdiri, dan memberikan penghormatan kepadanya. Tetapi jikalau |
    			|  Yesus Kristus memasuki ruangan, kita akan sujud menyembah Dia."|
    			|_________________________________________________________________|

    Pelajarilah lebih banyak mengenai Keilahian Yesus Kristus di dalam Kol 1:15-20 dan Ibrani fasal 1 (Ibr 1).

    SIFAT-SIFAT KEILAHIANNYA

    Yesus Kristus mempunyai banyak gelar, yaitu Anak Allah, Anak Manusia, Juruselamat, Tuhan, Guru, Mesias, dsb. Salah satu gelar di dalam Injil Yohanes adalah "FIRMAN", karena Yesus adalah "Pesan Allah yang hidup" kepada manusia.
  15. Sejak kapankah Firman (Yesus Kristus) itu telah ada? (Yoh 1:1; bandingkanlah dengan Yoh 1:14,17).
  16. Dalam Mat 28:18, Yesus mengatakan bahwa kepadaNya diberikan
  17. Yesus menyatakan kuasaNya atas:
    1. _____________ (Mat 8:23-27)
    2. _____________ (Luk 4:40)
    3. _____________ (Luk 4:33-36)
    4. _____________ (Yoh 11:43-44)
  18. Dalam Markus 2:3-12 Yesus menyatakan KuasaNya dengan menyembuhkan orang lumpuh dan juga menandaskan bahwa Ia berkuasa untuk
  19. Salah satu tujuan kedatangan Kristus adalah (Yoh 10:10)
  20. Yesus berkuasa menghidupkan (Yoh 5:21)
  21. Apakah yang menghalangi seseorang untuk menerima hidup yang kekal? (Yoh 5:40)
    Didalam ayat-ayat ini Yesus tidak hanya semata-mata berbicara mengenai hidup jasmani, tetapi hidup yang kekal - hidup yang di dalam persekutuan dengan Allah. Anda akan belajar lebih banyak lagi mengenai hal-hal ini di dalam fasal 3 buku ke 1 - dan di dalam buku ke 2.
  22. Ulangilah kembali semua pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban dalam fasal 1 ini dengan seksama. Hal-hal baru apakah yang anda telah pelajari mengenai Yesus Kristus, dan Siapakah Dia menurut penyelidikan Alkitab Anda?

Fasal 2

KARYA YESUS KRISTUS

Apakah yang telah dilakukan Yesus? Ia telah menyembuhkan orang sakit, Ia membangkitkan orang mati, Ia memberikan makan ribuan orang yang lapar, Ia menjadi sahabat kepada orang-orang yang disisihkan masyarakat dan orang-orang berdosa. Dari bibirNya keluar perkataan yang bijaksana dan berkuasa, yang mentakjubkan para pendengarNya. Ia hidup dalam suatu kehidupan tanpa dosa, yang menjadi teladan peringatan yang keras kepada semua orang yang tahu mengenai diriNya. Kemudian Ia memperkenankan DiriNya untuk dibawa kepada kematian oleh musuh-musuhNya - kematian seperti seorang penjahat biasa!

Kehidupan dan ajaran Yesus adalah penting, tetapi tujuan yang paling utama dari kedatanganNya terlihat di dalam kematianNya, kebangkitanNya, dan kenaikanNya, yang merupakan bahan pelajaran dalam fasal ini.

IA MATI UNTUK DOSA-DOSA KITA

  1. Ketika malaikat memberitakan kelahiranNya, alasan apakah yang ia berikan bagi kedatangan Yesus ke dalam dunia ini? (Mat 1:21)
  2. Yesus menyatakan kepada murid-muridNya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan __________ dari pihak pemimpin-pemimpin agama lalu ___ dan ______ pada hari ketiga (Mat 16:21)
  3. Kematian yang bagaimanakah yang harus diderita oleh Yesus? (Mat 27:35) ___________ dan dengan orang-orang yang bagaimanakah Ia mati? (Mat 27:38)
    Laporan mengenai pengadilan dan kematian
    Yesus Kristus juga diberikan di dalam
    Luk 22:47-23:56 dan Yoh 18:1-19:42.
  4. Apakah yang dikatakan Allah mengenai semua orang? (Rom 3:23)
  5. Bagaimanakah kasih Allah telah dinyatakan oleh Kristus? (Rom 5:8)
  6. Menurut nubuat Nabi Yesaya, mengapa Kristus menderita? (Yes 53:5)
  7. Dalam Yes 53:6
    1. Bagaimanakah sikap manusia yang berdosa dilukiskan?
    2. Apakah yang terjadi dengan dosa kita?
  8. Menurut 1Pe 2:24
    1. Apakah yang dilakukan Kristus pada salib?
    2. Bagaimanakah seharusnya kita hidup sekarang?

    DOSA mengakibatkan permusuhan;
    KRISTUS MEMBAWA DAMAI

    DOSA menciptakan jurang antara Allah dan manusia;
    KRISTUS MENJEMBATANI JURANG

    DOSA menghancurkan persekutuan;
    KRISTUS MEMPERBAHARUI PERSEKUTUAN

  9. Allah memiliki suatu hubungan yang baru dengan manusia melalui kematian Kristus. Dalam Ibr 10:17, apakah yang Ia katakan dan lakukan dengan dosa-dosa mereka itu? (Garis di bawah jawaban yang benar)
    1. Menangguhkan hukuman.
    2. Melupakan dengan mutlak.
    3. Memandangnya sebagai kelemahan manusia.
    4. Sekarang mengizinkan manusia "berbuat baik" untuk memperoleh keampunan.

    IA BANGKIT DARI KEMATIAN

  10. Apakah yang Yesus katakan yang akan terjadi terhadap diriNya sesudah kematianNya? (Yoh 2:19-22)
  11. Malaikat-malaikat di kuburan Yesus bertanya kepada wanita-wanita itu, mengapa mereka mencari (Luk 24:1-5)
  12. Menurut Rasul Paulus, orang-orang dan kelompok-kelompok lain manakah yang telah melihat Yesus Kristus setelah kebangkitanNya? (1Ko 15:3-8)
  13. Dalam 1Ko 15:14-19, sekurang-kurangnya dua hal apakah yang akan terjadi jikalau Kristus tidak bangkit dari kematian?
  14. Mengenai fakta agung yang manakah Para Rasul berulang-ulang bersaksi?
    1. Kis 3:14,15
    2. Kis 4:33
  15. Yesus Kristus dinyatakan sebagai apakah sesudah kebangkitanNya? (Rom 1:4)
  16. Pendiri-pendiri semua agama buatan manusia meninggal. Orang- orang Kristen mempunyai seorang Juruselamat yang hidup, Ia bangkit sebagai Pemenang atas kematian.

    Cerita yang lebih lanjut secara terperinci mengenai kebangkitan Yesus Kristus, dapat diperhatikan di dalam Mat 28:1-20; Luk 24:1-53; Yoh 20:1-21:25.

    			___________________________________________________________________
    		       |                                                                   |
    		       | "Saya sebagai ahli hukum telah mengadakan penyelidikan lama dan   |
    		       | seksama mengenai bukti-bukti kebangkitan Yesus Kristus. Bagi saya |
    		       | bukti-buktinya cukup jelas, tiap-tiap kali di pengadilan saya     |
    		       | mengambil keputusan dengan pasti berdasarkan kesaksian yang       |
    		       | tulus. Bukti Injil mengenai kebangkitan Yesus Kristus ... saya    |
    		       | terima dengan sebulat-bulat hati sebagai kesaksian dari orang-    |
    		       | orang yang benar mengenai fakta yang mempunyai bukti yang tegas." |
    		       |                                   --Sir Edward Clarke             |
    		       |___________________________________________________________________|

    IA TELAH NAIK KE SORGA

  17. Bacalah Kis 1:9-11. Pada waktu para murid menatap ke langit, terjadi apakah dengan Yesus?
  18. Di dalam Yoh 14:2, kita telah mempelajari bahwa Yesus Kristus telah
  19. Di dalam Efe 1:20-23
    1. Ke tempat kekuasaan manakah Yesus Kristus telah diangkat? (ayat Efe 1:20)
    2. Sekarang Yesus Kristus lebih tinggi daripada apakah? (ayat Efe 1:21)
    3. Dua akibat apakah dari kedudukanNya di sebelah kanan Allah? (ayat Efe 1:22)
  20. Apakah yang Yesus Kristus sekarang sedang perbuat bagi kita di sebelah kanan Allah? (Rom 8:34; Ibr 7:25).
  21. Pada masa Yesus Kristus hidup di dunia, Ia tidak hanya berdoa bagi murid-muridNya saja, tetapi juga bagi kita (Yoh 17:20). Selama hampir 2.000 tahun Yesus Kristus masih berdoa bagi barangsiapa yang telah mempercayaiNya -- dan apa yang Ia inginkan pada waktu dulu, Ia juga inginkan sekarang.

  22. Dalam DOA AGUNG TUHAN YESUS (Yoh 17), tatkala Ia masih ada di dunia, apakah yang Ia inginkan dan minta bagi murid-muridNya?
    1. Ayat Yoh 17:11
    2. Ayat Yoh 17:13
    3. Ayat Yoh 17:15
    4. Ayat Yoh 17:17
    5. Ayat Yoh 17:21
    6. Ayat Yoh 17:24
    			|                                                      |
    			| "Yesus Kristus sedang menyediakan tempat bagi kita - |
    			| dan kita bagi tempat tersebut".                      |
    			|						       |
  23. Ulangilah pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban di dalam fasal ini, berhentilah sejenak untuk memikirkan tiap-tiap pertanyaan dan jawaban. Apakah anda telah mempelajari sesuatu yang menjadi pertolongan istimewa bagi anda pribadi? Tuliskanlah dengan kata-kata anda sendiri hal tersebut, dan bagaimana hal tersebut dapat menolong anda.
			 _________________________________________________________________
			| "Semua pasukan angkatan darat yang pernah berbaris, semua       |
			|  pasukan angkatan laut yang pernah dibentuk, dan semua parlemen |
			|  yang pernah bersidang, dan semua raja yang pernah memerintah,  |
			|  apabila dijadikan satu, belum pernah mempengaruhi kehidupan    |
			|  manusia di dunia ini seperti sehebat pengaruh kehidupan dari   |
			|  seseorang saja - yaitu YESUS KRISTUS."                         |
			|                                        -Philip Brooks-          |
			|_________________________________________________________________|


Fasal 3

HIDUP KEKAL DI DALAM KRISTUS

Sepanjang masa manusia telah berusaha untuk mengetahui mengenai rahasia hidup sesudah kematian. Dalam beberapa waktu yang singkat ini setiap orang di antara kita harus menghadapi kekekalan, yaitu kematian yang kekal atau hidup yang kekal. Apakah hidup kekal itu? Siapakah yang dapat memiliki hidup yang kekal? Bagaimanakah seseorang dapat memastikan bahwa ia sudah memiliki hidup yang kekal itu? Alkitablah yang memberikan jawabannya.

APAKAH YANG MENJADI SUMBER HIDUP YANG KEKAL ITU?

  1. Dalam Yoh 14:6
    1. Apakah yang dituntut oleh Yesus mengenai diriNya?
    2. Bertentangan dengan kepercayaan-kepercayaan lain yang mengatakan, bahwa ada banyak jalan yang menuju kepada Allah, maka apakah yang dikatakan Yesus?
  2. Menurut Rasul Petrus di dalam Kis 4:10,12. Siapakah yang menjadi satu- satunya sumber hidup yang kekal itu (keselamatan)?
  3. Barangsiapa yang percaya kepada Kristus memiliki ___________ tetapi barangsiapa yang tidak percaya tidak akan melihat hidup, melainkan (Yoh 3:36)
  4. Apakah yang dikatakan Yesus mengenai hidup yang kekal di dalam Yoh 17:3?
  5. Apakah keadaan setiap orang yang belum dihidupkan oleh Yesus Kristus? (Efe 2:1)
    Sejak semua orang telah berdosa, semuanyapun berada di bawah kuasa akibat dosa, yaitu kematian kekal - dan terpisah secara kekal dari Allah. Barangsiapa yang tidak menerima hidup kekal dari Yesus Kristus, maka ia terpisah daripada Allah di dalam masa sekarang ini - dan bahkan untuk selama-lamanya.
  6. Dua perkara apakah yang ditekankan oleh Rasul Paulus di dalam khotbahnya? (Kis 20:21)
  7. BAGAIMANAKAH KITA DAPAT MEMPEROLEH HIDUP YANG KEKAL?
  8. Apakah yang Paulus katakan kepada penjaga penjara kota Filipi, yang harus ia lakukan untuk diselamatkan? (Kis 16:30,31) (Garis di bawah jawaban yang benar)
    1. Melayani Tuhan Yesus Kristus.
    2. Meluruskan jalan hidupnya.
    3. Percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.
    4. Berhenti menekan tahanannya di dalam penjara.
  9. Janji apakah yang Tuhan Yesus berikan kepada mereka yang percaya kepadaNya? (Yoh 11:25)
  10. Salah satu hal apakah yang kita peroleh, bila kita percaya kepada Kristus? (Kis 10:43)
  11. Ketika kita menaruh iman kita kepada Tuhan Yesus, apakah yang menjadi milik kita juga? (Kis 26:18) Iman yang menyelamatkan adalah lebih daripada menyetujui fakta- fakta mengenai Yesus Kristus - itu berarti berbalik dari dosa dan bergantung kepada Kristus untuk keselamatan anda. Anda boleh saja menyetujui fakta bahwa sebuah jembatan melintasi suatu sungai itu cukup kuat dan aman. Tetapi anda belum sesungguhnya mempercayakan jembatan itu sampai anda melangkahnya di atas jembatan tersebut dan menyerahkan nasib nyawa anda kepadanya. Iman kepada Yesus Kristus sebagai Juruselamat pribadi berarti menyerahkan nasib kekal anda kepadaNya secara mutlak. Bila anda melakukannya, anda menerima pengampunan dari Allah, anda selamat dari hukuman bagi dosa- dosa anda, anda memiliki hidup yang kekal.
  12. Yoh 1:12,13 mengajarkan kita bahwa percaya akan namaNya:
    1. adalah sama dengan Kristus.
    2. Sebagai akibatnya adalah dilahirkan daripada
  13. Siapakah yang memiliki hidup yang kekal menurut 1Yoh 5:11,12?
    1. Apakah anda telah memiliki hidup yang kekal?
    2. Jikalau sudah, bagaimanakah anda mengetahuinya?
  14. Apakah alasannya bahwa Allah tidak mengijinkan perbuatan baik kita masuk hitungan untuk memperoleh keselamatan? (Efe 2:8,9)
  15. DAPATKAH KITA MENGETAHUI, BAHWA KITA MEMILIKI HIDUP YANG KEKAL? Beberapa orang mengira bahwa kita tidak dapat mengetahuinya. Orang lain merasa bahwa hanya orang-orang tertentu saja boleh mengetahuinya. Beberapa orang mengatakan: "Kita akan mengetahuinya apabila kita sudah di sana." Iblis bergembira jika kita dibiarkan dengan tanpa kepastian mengenai keselamatan kita. Tetapi Allah melalui FirmanNya memberikan jaminan yang positif mengenai hidup yang kekal.
  16. Apakah yang menjadi tujuan Yohanes menulis suratnya yang pertama? (1Yoh 5:13)
  17. Apakah yang dikatakan Yesus di dalam Yoh 3:18 mengenai:
    1. Barangsiapa yang percaya kepadaNya?
    2. Barangsiapa yang tidak percaya kepadaNya?
  18. Menurut Rom 8:35-39, Apakah yang dapat menceraikan kita daripada kasih Allah? (Garis di bawah jawaban yang benar)
    1. Kematian.
    2. Mara-bahaya.
    3. Kekuatan gaib.
    4. Tak sesuatupun.
  19. Menurut Yoh 10:27-29, di dalam tangan-tangan Siapakah seorang yang sudah percaya dipegang?
  20. Apakah ketiga janji yang diberikan kepada orang mendengarkan Perkataan Kristus dan percaya? (Yoh 5:24)
    1. Keadaan sekarang
    2. Janji untuk masa yang akan datang
    3. Perubahan yang sudah lampau
  21. Dua hal apakah yang telah dijanjikan Allah yang akan diperbuat bagi anak- anakNya? (2Tes 3:3)
  22. Apakah ada beberapa ayat atau kebenaran yang anda telah pelajari dalam fasal ini, dan yang telah menjadi berkat bagi anda atau memberikan tantangan kepada anda? Apakah itu dan apakah yang harus anda perbuat mengenai hal itu? UNTUK MENYIMPULKAN .....
  23. Yoh 3:16 menyimpulkan tiga fasal dari buku ini yang baru anda selesaikan, dan mungkin ayat ini adalah ayat yang paling dikenal dalam Alkitab. Menurut ayat ini:
    1. Siapakah yang dikasihi Allah?
    2. Apakah yang diperbuat Allah oleh sebab KasihNya itu?
    3. Apakah artinya bahwa Allah "mengaruniakan" AnakNya?
    4. Bagaimanakah cara seseorang dapat menerima hidup yang kekal?
    5. Bagaimanakah jikalau seseorang tidak percaya kepada Yesus Kristus?

    Jikalau anda belum pasti mengenai hal sudah percaya dan menerima Kristus, dan hal menerima hidup kekal, perhatikan Wah 3:20. Sebagaimana Yesus Kristus berdiri di muka pintu hati anda,

    1. Apakah yang Ia sedang lakukan?
    2. Apakah yang harus anda perbuat agar Yesus masuk ke dalam hidup anda?
    3. Bila anda melakukan hal ini, apakah yang dijanjikanNya?

Perhatikanlah, bahwa hal ini adalah Janji Yesus Kristus. Ia akan masuk ke dalam kehidupan anda sekarang sebagai Juruselamat dan Tuhan, jikalau anda memohon kepadaNya.

Anda boleh seperti ini:

----- Tuhan Yesus, saya tahu, bahwa saya adalah seorang yang berdosa.

----- Saya percaya bahwa Engkau adalah Anak Allah, dan bahwa Engkau telah mati bagi dosa-dosa saya, dan telah bangkit dari kematian.

----- Sekarang saya mohon kiranya Engkau mengampuni dosa-dosa saya, dan masuk ke dalam hidup saya sebagai Juruselamat dan Tuhan.

Nama saya: _________________________________

Tanggal keputusan saya: _______________________________

Jikalau anda baru melakukan hal ini, Yaitu berdoa untuk menerima Yesus Kristus di dalam hati anda, maka cantumkanlah nama dan tanggal keputusan anda pada garis di atas.

Ulangilah pertanyaan no. 12, dan periksalah apakah anda sudah puas dengan jawaban-jawaban anda?

----- Mengenal Kristus menjadikan orang miskin menjadi kaya. ----- Tidak mengenal Kristus menjadikan seorang terkaya menjadi miskin.

Inilah Buku penyelidikan Alkitab yang pertama yang telah menolong anda mempelajari mengenai hal Yesus Kristus dan Hidup yang kekal. Dapatkah anda menceritakan kepada seseorang akan apa yang anda telah pelajari? Ulangilah dengan seksama pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawaban anda di dalam ketiga fasal pada buku ini, sehingga kebenaran-kebenaran ini jelas sekali bagi anda untuk disampaikan kepada orang lain.

Selagi anda sedang meneruskan, perhatikanlah kata-kata bimbingan bagi Kehidupan Kristen yang paling penting ini .....

BACALAH ALKITAB ANDA TIAP-TIAP HARI

Firman Allah adalah makanan rohani anda. Pertumbuhan rohani anda sebagai seorang Kristen dipengaruhi secara langsung oleh usaha anda untuk makan Firman Tuhan serta menerapkannya. Kami usulkan agar anda mulai membaca Perjanjian Baru, yaitu mulai dengan Injil Yohanes atau Markus. Sisihkan waktu setiap hari untuk membaca sebuah fasal atau lebih dari Alkitab.

BERDOALAH TIAP-TIAP HARI

Berdoa adalah jalan lain untuk bersekutu dengan Allah. Ucapkan syukur kepada Allah untuk segala perkara yang telah Dia perbuat untuk anda. Pintalah kepadaNya agar anda diberikan kebijaksanaan, pertolongan dan bimbingan di dalam segala sesuatu yang anda perbuat.

HADIRILAH GEREJA DENGAN TERATUR DAN BERSEKUTULAH DENGAN ORANG KRISTEN LAIN

Bersekutulah dengan orang-orang Kristen lain! Itulah yang diinginkan oleh Kristus, dan anda sangat membutuhkannya - yaitu untuk menerima semangat dan dorongan, untuk menerima petunjuk-petunjuk dan supaya anda dapat menolong orang lain juga.

BERSAKSILAH BAGI KRISTUS

Anda bersaksi dengan apa yang anda lakukan dan juga dengan apa yang anda katakan. Di rumah, di tempat pekerjaan, di sekolah, di sanalah harus dinyatakan sesuatu yang lain daripada yang lain mengenai diri anda - yaitu bahwa dalam diri anda ada kasih, kesabaran dan pengertian dan lain-lain. Berdoalah dan carilah kesempatan untuk menceritakan apa yang Kristus telah lakukan kepada anda.

SISTIM PENGHAFALAN AYAT BERJUDUL

A. KEHIDUPAN BARU

1  &  2. Kristen sebagai pusat         2Ko 5:17    Gal 2:20
3  &  4. Ketaatan kepada Kristus       Rom 12:1    Yoh 14:21
5  &  6. Firman Tuhan                  2Ti 3:16    Yos 1:8
7  &  8. Doa                           Yoh 15:7    Fil 4:6,7
9  & 10. Persekutuan                   Mat 18:20   Ibr 10:24,25
11 & 12. Bersaksi                      Mat 4:19    Rom 1:16

B. INJIL.

1  &  2. Semua berdosa                 Rom 3:23     Yes 53:6
3  &  4. Hukuman dosa                  Rom 6:23     Ibr 9:27
5  &  6. Hukuman dibayar Kristus       Rom 5:8      1Pe 3:18
7  &  8. Keselamatan-anugrah Allah     Efe 2:8,9    Tit 3:5
9  & 10. Harus menerima Kristus        Yoh 1:12     Wah 3:20
11 & 12. Jaminan keselamatan           1Yoh 5:13    Yoh 5:24

C. PERLENGKAPAN DARI TUHAN

1  &  2. Roh Kudus                     1Ko 3:16     1Ko 2:12
3  &  4. Kekuatan                      Yes 41:10    Fil 4:13
5  &  6. Kesetiaan                     Rat 3:22,23  Bil 23:19
7  &  8. Sejahtera                     Yes 26:3     1Pe 5:7
9  & 10. Pemeliharaan                  Rom 8:32     Fil 4:19
11 & 12. Kemenangan                    Ibr 2:18     Maz 119:9,11

D. TANTANGAN KEMURIDAN

1  &  2. Utamakan Kristus              Mat 6:33     Luk 9:23
3  &  4. Bercerai dari dunia           1Yoh 2:15,16 Rom 12:2
5  &  6. Berdirilah tetap              1Ko 15:58    Ibr 12:3
7  &  8. Layani orang lain             Mar 10:45    2Ko 4:5
9  & 10. Beri dengan sukacita          Ams 3:9,10   2Ko 9:6,7
11 & 12. Amanat Agung                  Kis 1:8      Mat 28:19,20

E. SIFAT-SIFAT MURID KRISTUS

1  &  2. Kasih                         Yoh 13:34,35 1Yoh 3:18
3  &  4. Rendah hati                   Fil 2:3,4    1Pe 5:5,6
5  &  6. Kemurnian                     Efe 5:3      1Pe 2:11
7  &  8. Kejujuran                     Ima 19:11    Kis 24:16
9  & 10. Iman                          Ibr 11:6     Rom 4:20,21
11 & 12. Kebajikan                     Gal 6:9,10   Mat 5:16

PERHATIAN: Cara menghafal yang terbaik adalah --- MENGULANGI; MENGULANGI; MENGULANGI.


Ke Atas


sabdaspace.org Tentang Kami | Kontak Kami | Bukutamu | Link |

Laporan Masalah/Saran | Disclaimer | Hak Cipta 2005-2014 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati