Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Leadership

Loading

Artikel

Artikel

Jenis Bahan Indo Lead: Artikel

Esensi kepemimpinan yang alkitabiah adalah kepemimpinan yang melayani. Yesus menitikberatkan hal ini dalam Yohanes 13:1-17 dengan memberikan contoh pembasuhan kaki kedua belas murid. Dengan melakukannya, Ia memberi contoh yang dapat dilihat oleh para murid untuk menolong mereka memahami tindakan seorang pemimpin yang melayani dengan lebih baik. ... baca selengkapnya »

Jenis Bahan Indo Lead: Artikel

Nas: 1 Petrus 5:1-4

Surat ini ditulis oleh Rasul Petrus kepada orang-orang Kristen yang tersebar di daerah Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil, dan Bitinia. Orang-orang Kristen kala itu sedang mengalami penganiayaan yang sangat berat dari pihak kekaisaran Romawi. Banyak di antara mereka yang mati mengenaskan karena pembantaian yang dilakukan Kaisar Romawi. Itulah sebabnya, Petrus memberi nasihat kepada pembacanya bahwa mereka adalah orang-orang pilihan Allah yang telah ditebus dengan harga yang mahal. Mereka adalah umat Allah yang memiliki tingkah laku dan tanggung jawab yang baru, sekalipun menghadapi berbagai macam penderitaan. ... baca selengkapnya »

Jenis Bahan Indo Lead: Artikel

Dalam skenario yang terdapat dalam Matius 20, ibu dari Yakobus dan Yohanes mendekati Yesus dan meminta supaya kedua anaknya boleh duduk di samping Yesus dalam kerajaan-Nya. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan Indo Lead: Basic Life Skill

Jenis Bahan Indo Lead: Artikel

Pendahuluan

Saat ini, gaya kepemimpinan menjadi isu yang hangat dibicarakan. Dalam kajian soal kepemimpinan umat, para pemimpin gereja saat ini banyak dikeluhkan soal kepemimpinan yang bukan memimpin dengan hati gembala (herding leadership), melainkan memimpin dengan gaya "herder". Masalah ini banyak terjadi di gereja atau institusi di mana banyak pemimpin menjadi putus asa terhadap penerapan prinsip kepemimpinan dan memilih jalan pintas, yaitu dengan gaya autokrasi bahkan kekerasan (gaya "herder"). Sonny Eli Zaluchu menuliskan, "Kelemahan kepemimpinan gembala biasanya ditandai dengan sejumlah aktivitas yang cenderung memaksakan kehendak, gaya penggembalaan yang tidak berkenan, mulut yang tidak terkontrol, menguatnya pengaruh dan intervensi orang-orang tertentu dalam keputusan gembala (orang kuat, anak, menantu), visi yang lemah, doa yang kurang, dan sikap yang mencerminkan kekunoan (seperti plinplan, tidak mau mengakui kesalahan, dan sikap tidak mau tahu). Hal yang paling utama adalah gembala yang tidak mau berubah dan selalu tertutup untuk menerima masukan karena menganggap diri benar." ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan Indo Lead: Self Leadership

Jenis Bahan Indo Lead: Artikel

"Tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: "Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia." (Markus 16:6) ... baca selengkapnya »

Jenis Bahan Indo Lead: Artikel

Bacaan: Efesus 4:28,2 Tesalonika 3:1-15

Alkitab menjelaskan secara jelas bahwa manusia diciptakan dengan jiwa dan natur yang bekerja. Manusia diberi mandat oleh Tuhan untuk mengusahakan dan memelihara taman secara seimbang. Hal ini sesuai dengan prinsip dasar ekonomi (oikos-nomos), yaitu kita diberi akal budi dan kemampuan, dipanggil Tuhan menjadi pengelola sehingga menyejahterakan semua bagian. Manusia diberi kuasa untuk mengelola dan bertanggung jawab kepada Sang Pemberi otoritas. Dengan demikian, ketika bekerja, manusia harus bertanggung jawab terhadap Tuhan. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan Indo Lead: Self Leadership

Jenis Bahan Indo Lead: Artikel

Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan untuk berpartisipasi dalam sebuah konferensi kepemimpinan bersama Dr. Greg Jones, mantan dekan Sekolah Theologi Duke, dan Dr. John Upton, presiden Baptist World Alliance dan Dewan Misi Baptis Virginia. Minggu depan, saya akan membagikan pemikiran Greg Jones dalam hal kepemimpinan, tetapi hari ini saya pikir Anda mungkin ingin mendengar apa yang dikatakan oleh John Upton. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan Indo Lead: Self Leadership

Jenis Bahan Indo Lead: Artikel

Ditulis oleh: Redaksi

Menyikapi krisis kepemimpinan saat ini, diperlukan banyak bahan dan referensi bermutu untuk membekali dan memperlengkapi para pemimpin Kristen. Saat ini, tantangan zaman semakin besar, namun integritas seseorang mulai langka. Sebab itu, tidaklah mengherankan jika para pemimpin kerap menjadi sorotan saat mereka tidak melakukan tugas kepemimpinannya dengan baik. Bahkan, apa yang dilakukan sang pemimpin tidak sesuai dengan harapan orang-orang yang dipimpinnya. Oleh sebab itu, kebutuhan yang paling mendesak saat ini adalah lahirnya seorang pemimpin yang berintegritas. Bagaimana peranan pemimpin Kristen di tengah-tengah dunia kepemimpinan yang mulai tergerus oleh arus zaman ini? ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan Indo Lead: Special Context

Jenis Bahan Indo Lead: Artikel

Di tengah-tengah realitas pengharapan umat manusia yang hampir menuju ketiadaan pengharapan ini, apakah arti Natal bagi kita? Apakah yang dibawa Natal untuk memulihkan harapan dunia ini? Apakah yang sedang ditawarkan Natal untuk manusia yang terancam, ketakutan, kecewa, bimbang, dan putus asa ini? ... baca selengkapnya »

Jenis Bahan Indo Lead: Artikel

Ini bukanlah mengenai apakah kita akan membuat rencana atau tidak. Tidak merencanakan adalah sebuah rencana di dalam rencana itu sendiri, karena perencanaan pada dasarnya tidak lebih dari upaya untuk menentukan sebelumnya apa yang akan atau tidak akan kita lakukan pada menit, jam, hari, bulan, atau tahun-tahun berikutnya. Bagi pemimpin Kristen, perencanaan mempertanyakan, apakah kita akan memengaruhi masa depan secara acak atau dengan tujuan. Karena, kita pasti akan memengaruhinya. Kita memiliki tanggung jawab untuk menentukan akan menjadi apa kita seharusnya atau apa yang seharusnya kita lakukan, dan karena itu haruslah kita merencanakan. ... baca selengkapnya »

Kategori Bahan Indo Lead: Self Leadership

Komentar