Tuhan, Jadikan Aku Seperti Petrus

Kitab Suci memuat aspek yang baik dan yang buruk dari kepemimpinan Petrus. Walaupun ada banyak hal di dalam diri Petrus yang perlu dihindari oleh kita para pemimpin, namun banyak juga yang patut dikagumi. Saat saya sedang memikirkan kesediaan Petrus untuk maju dan bertindak, saya berdoa, "Tuhan, jadikan aku tipe pemimpin yang tahu betapa pentingnya mengambil inisiatif."

Meskipun Petrus lalu ketakutan dan tenggelam ketika ia mencoba berjalan di atas air, tidaklah paling sedikit ia layak menerima pujian karena hanya dialah satu-satunya murid yang melangkah keluar dari perahu? Untuk itu dibutuhkan inisiatif.

Dan tentu saja, kita semua tahu bahwa ia sedikit keterlaluan di Getsemani dan menebas telinga seseorang. Tetapi Petrus tidak bisa hanya duduk-duduk dan tidak melakukan apa-apa sementara Juru Selamat dan sahabatnya ditangkap. Ia harus melakukan sesuatu!

Sebagai seorang aktivis, saya masih tetap menolak mengambil Inisiatif dari waktu ke waktu. Dan saya mengamati para pemimpin gereja lain melakukan hal yang sama. Kami bersembunyi di ruang kerja kami saat gereja menyimpang atau kondisinya memburuk. Atau kami duduk-duduk di kafe menganalisa dan mengkritik para pemimpin lain yang berani mengambil resiko. Tentu, mungkin mereka sesekali melakukan kesalahan, tetapi paling tidak mereka berusaha membuat perbedaan. Betapa lebih baiknya kita jika kita, seperti Petrus, bergabung dengan mereka yang mengambil inisiatif untuk bertindak, mencoba melakukan sesuatu yang baru, dan mencari cara-cara baru untuk menghentikan musuh.

Betapa baiknya jika kita semua berdoa meminta keberanian untuk mengambil inisiatif seperti Petrus.

Diambil dan disunting seperlunya dari: Judul buku: Kepemimpinan yang Berani Judul bab : Doa Seorang Pemimpin Penulis : Bill Hybells Penerbit : Gospel Press, Batam Centre 2004 Halaman : 256 -- 257

File: 

Komentar