Hukum Daya Tarik

HUKUM DAYA TARIK

Siapa Anda Sesungguhnya Menentukan Siapa Yang Akan Tertarik Kepada Anda


Para pemimpin yang efektif selalu mencari orang-orang yang baik. Saya rasa kita masing-masing punya daftar dalam hati, orang seperti apa yang ingin kita miliki dalam organisasi kita. Renungkanlah. Tahukah Anda, siapa yang Anda cari sekarang ini? Bagaimanakah profil karyawan yang sempurna menurut Anda? Kualitas apakah yang mereka miliki? Apakah Anda ingin mereka agresif serta berjiwa wiraswasta? Apakah Anda mencari pemimpin? Apakah Anda peduli jika mereka berusia dua puluhan, empat puluhan, atau enam puluhan? Berhentilah sekarang juga, luangkanlah waktu sejenak, dan buatlah daftar kualitas yang ingin Anda lihat dalam diri orang-orang dalam tim Anda. Ambillah pensil atau pena, dan lakukanlah sekarang juga sebelum Anda membaca lebih lanjut.

ORANG-ORANG SAYA AKAN MEMILIKI KUALITAS INI:

__________________________________________________________

__________________________________________________________

__________________________________________________________

Nah, apakah yang akan menentukan apakah orang-orang yang Anda dapatkan sesuai dengan keinginan Anda, apakah mereka memiliki kualitas yang Anda inginkan? Anda mungkin takkan menyangka jawabannya. Percaya atau tidak, siapa yang Anda dapatkan tidaklah ditentukan oleh apa yang Anda inginkan.

Melainkan oleh siapa Anda sesungguhnya. Pelajarilah kembali daftar kualitas yang baru Anda buat, dan di sebelahnya, berikanlah tanda apakah Anda sendiri memiliki kualitas itu atau tidak. Umpamanya, jika Anda menulis bahwa Anda ingin mendapatkan "pemimpin besar", dan Anda sendiri pemimpin yang sempurna, cocoklah. Tandailah di sebelahnya. Namun jika kepemimpinan Anda tidak lebih baik dari rata-rata, berilah tanda X dan tulislah "hanya pemimpin rata-rata" di sebelahnya. Jika Anda menulis bahwa Anda menginginkan orang yang "punya jiwa wiraswasta", dan Anda sendiri tidak demikian, tandailah. Kalau tidak, berilah tanda X, dan seterusnya. Sekarang evaluasi kembalilah daftar Anda tersebut.

Jika Anda melihat banyak X nya, maka Anda akan mengalami kesulitan karena orang-orang yang Anda gambarkan bukanlah orang yang akan mau menjadi pengikut Anda. Dalam kebanyakan situasi, Anda menarik orang-orang yang memiliki kualitas yang sama dengan Anda. Itulah Hukum Daya Tarik: Siapa Anda sesungguhnya menentukan siapa yang Anda tarik.

MULAI DARI TALENTA SEBAGAI MUSISI HINGGA KEPEMIMPINAN

Ketika masih kecil, Ibu saya suka mengatakan bahwa burung sejenis akan berkumpul. Kalau saya sedang main bola bersama kakak saya, Larry, saya suka teringat akan perkataan Ibu saya itu. Larry seorang atlit yang baik, maka saya pikir saya pun atlit yang baik. Ketika saya beranjak dewasa saya pikir secara naluriah saya tahu bahwa murid-murid yang baik akan bergaul bergaul dengan murid-murid yang baik, orang-orang yang maunya main saja akan berkumpul bersama dan seterusnya. Namun saya rasa belum benar-benar memahami dampak Hukum Daya Tarik hingga saya pindah ke San Diego, California, dan menjadi pemimpin gereja saya yang terakhir.

Pendahulu saya di Skyline Church adalah Dr. Orval Butcher. Ia adalah pria mengagumkan dengan banyak kualitas yang baik. Salah satunya adalah talentanya sebagai musisi. Ia bermain piano dan memiliki suara tenor Irlandia yang indah, bahkan di usianya yang sudah delapan puluhan pun. Ketika saya bergabung pada tahun 1981, Skyline memiliki reputasi yang baik dalam hal musik. Gereja ini dikenal secara nasional untuk produksi musiknya yang luar biasa. Malah gereja ini penuh dengan musisi serta vokalis bertalenta. Dan selama dua puluh tujuh tahun Dr. Butcher memimpin gereja ini, hanya dua direktur musik yang bekerja kepadanya - suatu rekor yang luar biasa (Sebagai perbandingan, selama empat belas tahun saya memimpin gereja ini, saya perkerjakan lima orang direktur musik).

Mengapa ada begitu banyak musisi yang berbakat di Skyline? Jawabannya terletak pada hukum Daya Tarik. Orang dengan bakat musik dengan sendirinya tertarik kepada Dr. Butcher. Mereka menghormatinya dan memahaminya. Mereka juga memiliki motivasi serta nilai-nilai yang sama dengannya. Mereka berada di halaman yang sama dengannya. Sebaliknya, saya suka musik, namun bukan musisi. Lucu memang, namun ketika saya mewawancarai para calon direktur musik di Skyline, salah satu pertanyaan mereka adalah apakah saya bisa bernyanyi. Mereka kecewa ketika saya katakan tidak.

Setelah saya memimpin gereja ini, jumlah musisi barunya cepat melorot. Kami masih memiliki musisi lebih dari cukup, karena Dr. Butcher telah menciptakan momentum serta warisan yang mengagumkan dalam bidang ini. Namun tahukah Anda, orang-orang seperti apa yang mulai berdatangan? Pemimpin. Begitu saya meninggalkan Skyline, bukan saja gereja ini penuh dengan pemimpin sempurna, melainkan juga gereja ini memperlengkapi serta menghasilkan ratusan pria dan wanita sebagai pemimpin selama saya memimpin disana. Alasannya adalah hukum daya tarik. Organisasi kami menjadi magnet bagi orang-orang yang memiliki kemampuan memimpin.

ORANG-ORANG YANG SEPERTI ANDA AKAN MENCARI ANDA

Tentu, adalah mungkin bagi seorang pemimpin untuk merekrut orang-orang yang tidak seperti dirinya. Para pemimpin yang baik mengetahui bahwa salah satu rahasia sukses adalah dengan melengkapi kelemahan-kelemahannya. Dengan demikian mereka dapat memfokuskan perhatiannya serta berfungsi di bidang kekuatannya sementara yang lain megurus hal-hal penting lainnya yang tak tertangani. Namun sangatlah penting untuk menyadari bahwa orang yang berbeda takkan dengan sendirinya tertarik kepada Anda. Para pemimpin akan menarik orang-orang yang seperti mereka.

Umpamanya, bayangkanlah tim Dallas Cowboys-nya NFL. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, citra tim Cowboys sangat bersih. Tex Schramm adalah presiden sekaligus manajer umum tim tersebut ketika itu, dan Tom Landry adalah pelatihnya. Para pemainnya adalah orang-orang seperti Roger Staubach yang disebut "Kapten Kembali", seorang pria keluarga dengan nilai-nilai yang kuat seperti yang dimiliki oleh Tom Landry. Di zaman itu, tim Cowboys disebut "timnya Amerika". Mereka adalah salah satu kelompok atlet yang paling populer di seluruh penjuru negara. Dan mereka dihormati bukan saja karena talenta serta karakter individu-individu yang berhubungan dengan organisasinya, melainkan juga karena kemampuan mereka yang luar biasa untuk bekerjasama sebagai satu tim. Sementara mereka mengembangkan tradisi menang di Dallas, mereka terus menarik lebih banyak pemenang.

Namun dalam sepuluh tahun terakhir, tim Dallas Cowboys telah menjadi tim yang sangat berbeda, mereka telah berubah, dan citra merekapun berubah. Bukannya bekerjasama sebagai satu tim, mereka terkadang tampak seperti sekelompok individu yang bermain bersama demi kepentingan masing-masing (sayangnya, karena negara ini juga telah berubah, mereka masih juga disebut "timnya Amerika"). Berbagai pemain, seperti Michael Irvin, telah berurusan dengan hukum. Bahkan pelatih Barry Switzer pun beberapa kali berurusan dengan pihak hukum, seperti ketika ia berusaha membawa senjata lewat gerbang pemeriksaan di bandara. Megapakah tim ini telah berubah begitu drastis? Karena Hukum Daya Tarik. Pada tahun 1989, kepemilikan atas tim Cowboys berubah. Pemilik barunya, Jerry Jones adalah seorang individualis dan tidak ortodoks. Ia tidak ragu-ragu menandatangani kontraknya sendiri dengan perusahaan-perusahaan sepatu maupun minuman ringan, walaupun seluruh tim NFL telah membuat kontrak dengan pesaing.

Tidak heranlah jika tim Cowboys tidak lagi memiliki reputasi seperti dulunya, sekalipun mereka meraih kemenangan dalam Super Bowl baru-baru ini. Al McGuire, mantan pelatih kepala basket dari Marquette University pernah mengatakan, "Sebuah tim pasti merupakan kepanjangan dari kepribadian pelatihnya. Tim saya angkuh serta kasar". Menurut saya, semua tim pasti merupakan kepanjangan dari kepribadian pelatihnya. Untungnya, Dallas baru saja merekrut pelatih baru, Chan Gailey. Ia adalah seorang pemimpin yang baik dengan karakter nilai-nilai yang kuat. Jika ia diberikan cukup waktu dan kewenangan, mungkin ia akan dapat menarik cukup banyak orang baru yang seperti dirinya untuk mengubah citra tim Cowboys. Dan Hukum Daya Tarik akan berlaku bagi tim Dallas, namun bukan dalam semalam.

DARI MANA MEREKA MENDAPATKAN SIFAT SEPERTI ITU?

Mungkin Anda mulai berpikir tentang orang-orang yang telah Anda tarik ke dalam organisasi Anda. Anda mungkin berkata kepada diri sendiri: "Tunggu dulu. Aku bisa menyebutkan dua puluh hal yang membedakan orang-orangku berbeda dariku". Dan jawaban saya adalah, "Tentu". Namun orang-orang yang tertarik kepada Anda mungkin lebih memiliki kemiripan ketimbang perbedaan, terutama dalam beberapa bidang kunci. Telaahlah karakteristik berikut ini. Mungkin Anda akan menemukan bahwa Anda dan orang-orang yang menjadi pengikut Anda memiliki kesamaan dalam beberapa bidang kunci:

SIKAP

Jarang saya melihat orang yang positif dan yang negatif tertarik satu sama lain. Orang yang memandang hidup ini sebagai serangkaian kesempatan serta tantangan menarik tidak mau mendengar orang lain mengeluh melulu. Yang pasti demikianlah dengan saya. Saya tak dapat membayangkan satu pun orang yang negatif dalam organisasi saya. Dan seandainya Anda berbicara kepada empat presiden perusahaan saya dan seluruh manajer top saya, akan Anda temukan bahwa semuanya sangat positif.

GENERASI

Orang cenderung menarik orang lain yang kira-kira seusia. Para pemimpin top saya adalah contohnya. Tiga dari empat presiden perusahaan saya hanyalah satu dua tahun berbeda usianya dengan saya. Dan pola yang sama juga terlihat di bidang-bidang lain dalam perusahaan saya, seperti di antara beberapa manajer di INJOY. Umpamanya, Kevin Small, yang memimpin bidang seminar pemasaran, adalah pemuda yang tajam, agresif, berusia dua puluhan. Coba terka orang-orang seperti apa yang tertarik kepadanya? Kebanyakan adalah orang-orang yang tajam serta agresif berusia dua puluhan. Siapa Anda sesungguhnya akan menentukan siapa yang Anda tarik.

LATAR BELAKANG

Dalam bab Hukum Proses, saya menulis tentang Theodore Roosevelt. Salah satu prestasinya yang patut dikenang adalah ketika ia dengan berani menyerang San Juan Hill dengan Rough Riders pada saat perang Spanyol-Amerika. Roosevelt secara pribadi merekrut seluruh pasukan kavaleri sukarela, dan katanya, pasukannya ini lain dari pada yang lain, terdiri terutama dari dua jenis orang: bangsawan kaya dari Timur Laut serta koboi dari Wild West. Mengapa? Karena TR dilahirkan sebagai bangsawan, berpendidikan Harvard, dan mengubah dirinya menjadi koboi sungguhan dan pemburu tangguh di Dakotas di sebelah Barat. Ia adalah pemimpin sejati yang kuat dalam dua dunia tersebut, dan akibatnya, ia menarik kedua jenis kelompok itu.

NILAI-NILAI

Orang akan tertarik kepada pemimpin yang nilai-nilai mereka sendiri. Renungkanlah orang-orang yang mengerumuni Presiden John F. Kennedy setelah ia terpilih pada tahun 1960. Ia seorang idealis muda yang ingin mengubah dunia, dan ia menarik orang-orang dengan profil serupa. Ketika ia membentuk Korps Perdamaian dan menghimbau rakyat untuk memberikan pelayanan, dengan mengatakan, "Jangan tanya apa yang dapat dilakukan negaramu bagimu; tanyakanlah apa yang dapat kamu lakukan bagi negaramu", ribuan rakyat muda yang idealis maju untuk menjawab tantangan tersebut.

Tidak menjadi soal apakah nilai-nilai yang sama-sama dianut itu positif ataupun negatif, daya tariknya akan tetap sama. Renungkanlah seseorang yang seperti Adolf Hitler. Ia adalah pemimpin yang sangat kuat (dapat Anda nilai dari pengaruhnya). Namun nilai-nilai yang dianutnya sungguh bejat. Orang-orang seperti apakah yang akan tertarik kepadanya? Pemimpin dengan nilai-nilai serupa: Hermann Goering, pendiri Gestapo; Joseph Goebbels, anti Semit yang sakit hati, yang menjalankan mesin propagandanya Hitler; Reinhard Heydrich, komando kedua dari polisi rahasia Nazi, yang memerintahkan pembantaian massal terhadap penentang Nazi; dan Heinrich Himmler, pimpinan SS dan direktur Gestapo yang menginisiatifkan pembantaian secara sistimatis terhadap keturunan Yahudi. Mereka semua adalah pemimpin yang jahat. Hukum Daya Tarik ini sungguh ampuh. Karakter apa pun yang Anda miliki, akan Anda temukan dalam diri pengikut Anda.

PENGALAMAN HIDUP

Pengalaman hidup adalah satu lagi bidang daya tarik orang. Umpamanya setiap kali saya berbicara kepada kelompok baru, dalam tiga puluh detik saya tahu pembicara seperti apa yang biasanya mereka dengar. Jika secara teratur mereka mendengar komunikator berbakat serta enerjik, mereka akan bersikap tajam serta responsive. Anda dapat melihat pada mimik mereka. Ekpektasi mereka tinggi, bahasa tubuh mereka positif, dan jika Anda siap bicara, mereka telah menyiapkan kertas dan pensil untuk membuat catatan. Namun jika mereka sudah biasa dengan komunikator yang payah, mereka takkan bersemangat.

KEMAMPUAN MEMIMPIN

Akhirnya, orang yang tertarik kepada Anda akan memiliki kemampuan memimpin yang serupa dengan Anda. Seperti telah saya katakan ketika membahas Hukum Kehormatan, orang dengan sendirinya akan mengikuti pemimpin yang lebih kuat daripada mereka sendiri. Namun Anda juga harus memperhitungkan faktor Daya Tarik, yang menyatakan bahwa siapa Anda sesungguhnya akan menentukan orang seperti apa yang akan tertarik kepada Anda. Itu artinya bahwa jika Anda bernilai 7 dalam soal kepemimpinan, rasanya Anda akan manarik mereka yang bernilai 5 dan 6 ketimbang yang bernilai 2 dan 3. Pemimpin yang tertarik kepada Anda akan serupa dalam gaya serta kemampuannya dengan Anda.

BERUBAHNYA JALAN SEJARAH

Contoh yang jelas dari Hukum Daya Tarik dapat dilihat di antara pemimpin militer dalam Perang Sipil. Ketika negara-negara bagian Selatan menarik diri, timbul pertanyaan, yang mana yang akan dibela para jenderal. Robert E. Lee dianggap sebagai jenderal terbaik ketika itu, dan Presiden Lincoln menunjuknya sebagai komando pasukan Sekutu. Namun Lee takkan pernah mau berjuang melawan Virginia, dari mana ia berasal. Ia tolak tawaran Lincoln dan bergabung dengan Konfederasi - dan jenderal-jenderal terbaik ketika itu mengikuti jejaknya.

Seandainya Lee memilih untuk memimpin pasukan Sekutu ketika itu, banyak jenderal baik lainnya akan juga mengikutinya. Akibatnya perangnya mungkin akan jauh lebih singkat. Mungkin hanya berlangsung dua tahun ketimbang lima tahun - dan ratusan ribu jiwa akan selamat. Ini membuktikan bahwa semakin baik kepemimpinan Anda, semakin baik pula pemimpin-pemimpin yang tertarik kepada Anda. Dan itu sangat mempengaruhi segala yang Anda perbuat.

Bagaimanakah orang-orang yang sekarang ini tertarik kepada organisasi Anda atau deperatemen Anda? Apakah mereka pemimpin yang kuat, mampu, serta berpotensi, seperti yang Anda inginkan? Atau mungkinkah mereka menjadi lebih baik? Ingatlah, ujung-ujungnya, kualitas mereka tidaklah tergantung pada proses perekrutannya, pada departemen sumber daya manusia, atau bahkan apa yang Anda anggap kualitas dari orang-orang Anda. Melainkan tergantung pada Anda. Siapa Anda sesungguhnya akan menentukan siapa yang Anda tarik. Itulah Hukum Daya Tarik.

Kategori Bahan Indo Lead: 
Jenis Bahan Indo Lead: 
File: 
AttachmentSize
hukum_daya_tarik.doc96 KB
hukum_daya_tarik.htm15 KB

Komentar