Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Virus CIH

Tanggal: 1999-06-01
Kategori: Virus

Sementara Publik masih gemas dengan kabar virus Mellisa, datang lagi hantaman virus baru yang disebut virus Chernobyl, nama lain dari virus CIH. Virus yang diprediksikan nongol tanggal 26 setiap bulan ini merupakan varian dari virus "CIH". Virus yang bekerja di area sistem operasi windows 95/98 ini dianggap "hebring" karena belum pernah ada virus selain virus CIH (yang menyerang Win9x) yang mampu menetap di memori secara murni dan mampu "menghancurkan" Flash-ROM pada motherboad, uniknya lagi ukurannya hanya sekitar 1 KB dan ukuran file yang terinfeksi tidak bertambah satu byte pun!.

Virus ini mempunyai cara kerja yang unik pula, dia berusaha mencari "celah" dalam file, lalu dia akan memecah-mecahkan dirinya dan menyusup ke celah kosong tadi. Ada dua hal yang membuat CIH ini ditakuti. Hal pertama, CIH di desain untuk menghapus (baca:menimpa) data hard disk sehingga anda akan kesulitan bahkan tidak bisa me-recover data-data tsb dan dia juga mengacak-acak setting dan BIOS supaya komputer nggak bisa di "restart", baik dari hard disk maupun floppy disk. Hal kedua, selain akan menimpa data, CIH juga akan menimpa Flash BIOS atau Flash-ROM yang terdapat di motherboad. Bila hal ini berjalan dengan sukses maka komputer anda tidak dapat dijalankan sampai Flash-BIOS tersebut harus diisi ulang atau motherboad-nya harus diganti dengan yang baru. Bayangkan berapa banyak biaya yang harus anda keluarkan!

Tetapi ternyata sudah ada beberapa pihak yang membuat anti virus khusus untuk "membasmi" serangan virus CIH ini. Salah satunya adalah yang berasal Symantec Anti Virus Research Center. Perusahaan ini menyediakan program utility bernama "KILL_CIH" untuk mengatasi serangan virus CIH. Informasi lengkap ttg KILL_CIH ini dapat anda temukan di Situs Web-nya dengan alamat:

http//www.sarc.com/avcenter/kill_cih.html
http://www.symantec.com/avcenter/venc/

Jika harddisk anda sudah terlanjur kena serangan virus ini, jangan takut dulu... kunjungi Situs berikut untuk mendapatkan program yang bisa mengembalikan data-data pada hard disk anda seperti sedia kala.

http://members.xoom.com/monirdomain/

Dari berbagai sumber /vi

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org