Melatih Si Kecil Membaca | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Melatih Si Kecil Membaca


Kategori: Kesaksian Pembaca

Ditulis oleh: Lani Mulati

Apa sebenarnya yang membedakan negara kita dengan negara-negara maju seperti negara-negara barat dan Jepang? Salah satunya adalah kebudayaan membaca. Ironis memang, jika kita menggebu-gebu ingin memajukan bangsa dan negara kita tapi kita sendiri tidak membudayakan membaca sedari dini. Lantas apa yang harus kita kerjakan? Masih banyak yang bisa kita kerjakan, setidaknya bagaimana menumbuhkan minat baca anak. Karena kemampuan anak bisa berkembang dengan berbagai macam cara. Salah satunya buku. Buku memberi banyak pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi anak. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk melatih anak-anak kita untuk membaca.

Sebagai seorang ibu satu anak tentu saja saya menginginkan anak saya bisa tumbuh menjadi anak yang pintar dan berwawasan luas. Namun saya terkadang bingung bagaimana caranya agar anak saya bisa menjadi anak seperti yang saya inginkan. Bersyukur saya mendapatkan satu buku yang menjawab pergumulan saya selama ini. Satu buku berjudul Cara Menumbuhkan Minat Baca Anda yang berisi enam bab seputar minat baca, manfaat buku, cara menumbuhkan minat baca, menumbuhkan minat baca sesuai dengan kecerdasan majemuk anak, komentar orang tua, dan tips untuk guru di sekolah.

Bertolak dari satu kebenaran bahwa membaca memberikan banyak manfaat baik bagi anak-anak, jadi sangat disarankan untuk menumbuhkan minat baca anak sedini mungkin. Sebagai orang tua kadang saya terlalu sibuk bekerja sehingga belum bisa menjalankan peran saya dengan baik dalam mendidik anak. Melalui buku ini saya diingatkan bahwa jika kita bisa menumbuhkan minat baca anak, kita telah sedang menghantar anak kita ke gerbang keberhasilan. Namun demikian memang ada banyak tantangan yang akan kita hadapi misalnya pengaruh televisi, berbagai macam game, buku yang belum menjadi prioritas, kurangnya fasilitas/resource untuk membaca, dan lingkungan. Namun selama keluarga membudayakan kegiatan membaca, besar kemungkinan bagi anak-anak untuk memiliki minat membaca juga.

Buku ini menulis bahwa minat baca harus sudah ditumbuhkan pada anak tanpa harus menunggu anak tersebut dapat membaca atau memunyai keterampilan membaca, sebab anak-anak kecil bahkan batita sudah bisa ditumbuhkan kecintaannya pada buku lewat orang tua yang menceritakan buku kepadanya. Tapi mengenai keterampilan menggabungkan huruf dan merangkai kata menjadi suatu makna tetap perlu dilatih. Untuk menarik perhatian mereka kita perlu menyediakan buku-buku yang berwarna mencolok dan bergambar. Namun tentu saja bukan sembarang buku tapi kita pilihkan buku dengan mutu yang berbobot yang mengandung cerita pendidikan moral dan karakter, ilmu pengetahuan dan wawasan yang positif untuk anak.

Keunggulan buku ini adalah penyampaiannya yang mudah dipahami dan bersifat tips yang disertai penjelasan. Jadi saya menghimbau Anda untuk segera membaca buku ini. Saya pastikan Anda tidak akan menyesal. Selamat membaca!

Informasi buku:

Judul buku : Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak
Penulis : Anna Yulia
Penerbit : PT Elex Media Komputindo, Jakarta 2005
Ukuran buku : 14 x 21 cm
Tebal : 151 halaman

Komentar