Khotbah Ekspositori yang Membangunkan Pendengar | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Khotbah Ekspositori yang Membangunkan Pendengar


Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul asli : --
Penulis : Dr. D. W. Lee
Penerjemah : --
Penerbit : Lembaga Literatur Baptis, Bandung 2000
Ukuran buku : 13,7 X 21 cm
Tebal : 353 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 19/2007

Zaman yang semakin modern jelas menghadirkan tantangan tersendiri bagi para pengkhotbah. Permasalahan hidup manusia juga semakin kompleks. Kenyataan ini menuntut seorang pengkhotbah untuk dapat memadukan dua konteks sekaligus, konteks zaman modern dan konteks alkitabiah. Pengkhotbah harus berjuang dengan keras agar firman Tuhan yang disampaikan meliputi seluruh sisi kehidupan.

Seorang pengkhotbah itu ibarat sebuah "sampang tambang". Dia menerima pesan dari Allah, kemudian menyampaikannya kepada jemaat. Demikian pernyataan penulis buku ini, Dr. D. W. Lee, pengkhotbah asal Korea yang terkenal. Pengkhotbah seharusnya bergumul dengan nas Alkitab sehingga pengkhotbah dan pendengar dapat bertumbuh secara alkitabiah (hlm. 120). Itulah salah satu hal penting yang menjadi dasar dari khotbah ekspositori. Meski memiliki sejumlah keunggulan, dikemukakan pula kelemahan khotbah ekspositori. Di antaranya, jika dibandingkan dengan khotbah topikal, khotbah ekspositori akan menjadi kurang menarik.

Buku ini boleh dibilang mengupas dengan lengkap mengenai apa dan bagaimana khotbah ekspositori sampai syarat-syarat menyampaikan khotbah tersebut kepada jemaat. Beberapa penjelasan yang mendukung khotbah ekspositori seperti pembahasan hermeneutik, pembahasan hubungan khotbah dengan teologi eksegese, teologi sistematis, dan misi, juga disampaikan oleh penulis. Penekanan khotbah ekspositori secara induktif, bagaimana teknis menyiapkan khotbah ekspositori, dan contoh khotbah ekspositori, akan lebih memperjelas sasaran buku ini.

Buku ini bisa menjadi sebuah panduan yang bagus bagi para pengkhotbah, baik pendeta, majelis gereja, maupun orang yang ingin belajar banyak tentang khotbah. Siapkah Anda untuk membangunkan jemaat dengan khotbah Anda? Selamat membagikan berkat lewat khotbah Anda. Tuhan Yesus memberkati.

Peresensi: Kristina

Komentar