Takut Akan Tuhan

Oleh : Yohanes Wijaya

“Sebab Ahab telah memanggil Obaja yang menjadi kepala istana. Obaja itu seorang yang sungguh-sungguh takut akan TUHAN.” (1Raja-Raja 18:3)

Sikap Obaja haruslah menjadi kekuatan untuk kita sebagai orang yang takut akan Tuhan. Karena Obaja harus mempertaruhkan hidupnya demi kesungguhnya takut akan Tuhan (ayat 2). Takut akan Allah dbuktikan Obaja manakala ia disuruh oleh Ahab untuk mencari mata air dan rumput untuk ternaknya Pada waktu dijalan Obaja bertemu dengan Elia tetapi Elia berkata kepadanya katakan kepada Ahab bahwa ”Elia ada.” Jawaban Elia membuat Obaja tersentak kaget karena kalau kabar itu sampai kepada Ahab dan tentara Ahab akan menuju tempat di mana Elia ada dan tidak ditemukan maka dapat dipastikan Ahab akan membunuhnya karena Obaja berbohong kepadaya (ayat 14).
Apa yang dilakukan Obaja yang menunjukkan bahwa ia takut akan TUHAN :

1. Obaja bersungguh-sungguh takut akan Tuhan (ayat 2,12)
2. Obaja menjadi alat Tuhan (ayat 4,13)

Bagaimana dengan saudara? Apakah saudara takut akan Tuhan dan siap menghadapi segala kemungkinan karena ketaatan saudara kepada Tuhan. Ingat bersungguh-sungguhlah taat dan siap menjadi alat Tuhan itulah ”TAKUT AKAN TUHAN.”