Langkah Aneh

Oleh: Hendry Kornelius

Saya teringat ketika dahulu saya masih menjadi atlet catur. Saya diingatkan dengan langkah-langkah aneh yang sudah selayaknya di punyai oleh semua pemain catur yang profesional. Maksud saya mereka yang minimal mau serius dalam bermain catur, wajib bisa melakukan langkah aneh yang tidak dimiliki orang.


Langkah aneh ini maksudnya, langkah yang kalau dilihat seakan-akan ketika kita yang melakukan langkah ini, terlihat kita rugi. Padahal mungkin dalam 2,3,4,5,6 bahkan 7 langkah berikutnya kita sangat-sangat untung, bahkan kita bisa meraih kemenangan lewat langkah aneh ini, kalau dalam istilah caturnya adalah langkah comby.

Langkah comby ialah langkah pengorbanan kecil atau besar, untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar dari yang ia korbankan sebelumnya, atau bahkan mendapatkan kemenangan.

Wah saya tidak menyarankan anda untuk bermain catur, dan mendalami catur terlebih dahulu agar anda mengerti maksud tulisan ini. Kalian tidak perlu mencari apa-apa tentang catur, kalian hanya perlu membaca tulisan ini sampai selesai.

Banyak mereka yang rajin dan giat berlatih, namun karena tidak mempunyai langkah comby pada akhirnya kalah dengan tidak terhormat. Maksudnya seharusnya mereka dapat menang dalam pertandingan karena mereka lebih giat berlatih dari lawannya dan mungkin lebih berpengalaman, Namun karena tidak mempunyai langkah comby, atau mungkin dia tidak berani melakukan langkah comby ini, akhirnya dia kalah.

Sedikit pengalaman yang ingin saya bagikan, saya mengalahkan banyak pemain senior yang kaya akan teori, namun tidak kaya dalam langkah comby, dan mereka pun kalah. Secara pengalaman, dan jam-jam latihan, mereka lebih banyak dari saya. Namun satu kekurangan senior saya, dia tidak berani mengambil langkah comby seperti yang saya ambil.

Senior saya ini hanya memakai cara-cara klasik untuk dapat memenangkan pertandingan. Cara klasik ialah cara menghitung yang dilakukan oleh pemain catur. Maksudnya begini, mereka yang sudah sangat lama bermain catur bahkan mereka yang sudah punya gelar Master dapat memperhitungkan langkah lawannya lebih baik dibandingkan mereka yang baru terjun dalam bermain catur, atau mereka yang belum terlalu berpengalaman.

Mereka akan menang dengan cara klasik yang mereka lakukan, ketika lawannya hanya menghitung 3 langkah sampai 5 langkah ke depan, dengan semua kemungkinannya, kalau yang sudah sangat berpengalaman, bahkan yang sudah punya gelar master bisa menghitung 7 sampai 9 langkah ke depan, beserta kemungkinannya. Pada umum nya mereka yang bisa menghitung sampai 9 langkah bahkan ada yang 11 langkah dengan segala kemungkinan nya adalah yang bergelar Grand master.

Kalau begitu sudah pasti dong yang bergelar Grand master ini menang dengan mereka semua yang hanya bisa menghitung langkah 5 sampai 10? Pada umumnya iya, benar mereka yang dapat menghitung lebih banyak atau lebih jauh langkahnya yang dapat memenangkan pertandingan catur tersebut.

Namun ingat kebanyakan dari mereka yang mampu menghitung begitu banyak langkah, terkadang mereka lupa mempertimbangkan kalau adanya suatu langkah comby dari lawan. Dan alhasil mereka kalah dengan tidak semestinya.

Namun itu masih imbang. Mereka yang mempunyai langkah comby ini akan dapat menang dengan mereka yang lebih banyak bisa berhitung langkah, begitu juga dengan sebaliknya, mereka yang hanya mempunyai langkah comby tanpa bisa menghitung lebih jauh, mereka pun akan kalah.

Yang bagus ialah mereka yang mempunyai langkah comby briliant dan mereka yang juga dapat memperhitungkan langkahnya secara jauh. Oleh karena apa? oleh karena langkah comby pun bisa saja menjadi langkah comby yang buruk, yang berakibat kekalahan, jika tidak di perhitungkan secara seksama. Ada 2 hal ini yang sangat penting, langkah comby dan memperhitungkan langkah jauh ke depan lebih banyak, dapat membawa kita kepada kemenangan dalam bermain catur.

Hal di atas hanya ilustrasi untuk menggambarkan, kalau permainan catur saja yang menang mereka yang berpikir jauh ke depan. Sama seperti kita hidup, jika kita mau mendapatkan kemenangan dalam hidup kita, kita harus berpikir jauh, dan sangat jauh ke depan.

Semakin kita berpikir tidak jauh ke depan, akan semakin kita kewalahan menghadapi lawan, seperti pemain catur ini yang harus bersaing untuk berpikir jauh ke depan.

Mereka yang berpikir hanya 5 langkah kebawah tidak akan pernah mendapatkan kemenangan apa-apa, karena lawan mereka akan men-skak mati mereka. Mereka yang berpikir 5 langkah kebawah ialah mereka yang hanya berpikir tentang hidup ini dan sekitarnya. Mereka hanya berpikir bagaimana sukses di dunia ini, mereka hanya berpikir bagaimana caranya punya mobil, rumah, dan segala harta yang dapat membuat mereka nyaman di bumi ini. Mereka hanya menjadi orang Kristen agamawi saja, maksudnya orang kristen yang hanya melakukan rutinitas agamawi mereka tanpa benar-benar punya hasrat pada Tuhan. Dan itu adalah suatu kejijikan buat Tuhan.

Sangat berbeda dengan mereka yang berpikir 7 langkah ke atas, mereka akan berpikir kalau bumi ini akan lenyap dan hancur, seperti dalam 2 Petrus 3:10-11, mereka akan berkata bagaimana ya? Terus apa yang saya harus lakukan ya? Mereka yang berpikir 7 langkah ke depan meskipun saat ini belum tahu mau melakukan apa, minimal mereka tahu kalau mereka hidup hanya mengejar kehidupan ini untuk sukses bukan untuk kudus, mereka hanyalah mengejar kesia-siaan, atau kata Bapa Paulus, mereka hanya mengejar sampah.

Ingat makna kata comby ialah, pengorbanan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar dari pada pengorbanan yang kita lakukan. Saya rasa untuk mendapatkan Tuhan Yesus, tidak ada pengorbanan yang terlalu besar.

Bahkan di saat kita mencoba menghabiskan waktu kita hanya untuk membaca Alkitab, dan membuang segala kegiatan kita yang sia-sia, yang mungkin hanya memanjakan tubuh kita, itu pun tidak terlalu besar dibandingkan dengan pengorbanan Tuhan Yesus sendiri.

Bahkan jika saya dan anda menjadi gembel dan tidak mempunyai siapa-siapa dan apa-apa hari ini, untuk mendapatkan Tuhan Yesus selanjutnya, itu pun tidak terlalu besar.

Perhitungan yang baik, tidak ada artinya kalau tidak pernah disertai mempunyai langkah comby dalam hidup kita. Mungkin saja anda dapat lebih mengerti banyak teologi dari Paulus saat ini, namun saya pikir anda tidak lebih banyak mengambil langkah comby dari Rasul Paulus. Dia sudah mengambil langkah comby yang sangat briliant.

Namun jangan lupa langkah comby ini harus benar-benar di perhitungkan baik-baik, karena ada langkah comby yang akhirnya menyebabkan kekalahan, karena perhitungan yang tidak tepat.

Suatu saat saya bertanding, di tengah pertandingan saya berpikir lama untuk mengambil langkah comby ini. Memang langkahnya sangat riskan, antara menang atau kalah langsung. Saya harus dengan cermat memperhitungkannya, kalau tidak saya akan kalah dengan konyol. Masalahnya ini pertandingan profesional, bukan seperti yang di warung-warung sambil ngopi dan waktunya no limit. Ini adalah pertandingan profesional, ada batas waktu yang ditentukan. Alhasil saya kalah, waktu saya habis karena terlalu lama mengambil keputusan.

Begitu juga dengan anda, saya takut anda terlalu lama berpikir untuk mengambil langkah Radikal dalam hidup. Ingat, waktu terus berjalan. Jangan terlalu lama di posisi anda saat ini, ambillah langkah Radikal untuk hidup bagi Tuhan, mencari Tuhan dengan serius, jangan hanya berkutip pada masalah yang sama terus, tanpa berani mengambil keputusan, saya takut anda sudah tidak mempunyai waktu terlalu lama lagi, saya takut kalau bukan Tuhan yang datang sebentar lagi, saya takut kalau hidup anda lah yang tidak lama lagi!

Ibaratnya ada sebuah tirai kehidupan yang akan terus terbuka, terbuka, dan terbuka. Mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, senang atau tidak senang, terima atau tidak terima, tertarik atau tidak tertarik, anda akan segera terlihat di mata Tuhan secara jelas, anda akan segera di hakimi menurut hidup anda saat ini.

Ingat waktunya terus berjalan dan berjalan, tidak ada kesempatan berleha-leha, tidak ada kesempatan menunda-nunda, tidak ada kesempatan mempertimbangkan terlalu lama. Anda harus segera mengambil langkah comby! Anda harus segera mengambil langkah Radikal!

Maksud saya, kita harus segera mengambil langkah aneh! Aneh menurut dunia, dan normal menurut Tuhan.

Aneh menurut dunia, ketika mereka sibuk mengejar sukses, tetapi anda sibuk mengejar kekudusan, itu aneh buat dunia, itu tidak wajar, bahkan itu gila buat dunia!

Jangan heran, jangan aneh, jangan gelisah, atau maksud saya jangan hiraukan ketika dunia ini mencoba menghentikan kegilaan anda untuk mencari Tuhan Yesus secara Radikal! Itu sangat biasa terjadi, di saat ada anak Tuhan yang sudah ingin menang, mereka mencoba hidup Radikal dan beda dengan dunia ini, si iblis kunyuk itu mah pasti lagi meriang dan gelisah. Dia pasti lagi mencari cara untuk menangkap anda kembali, menikmati televisi anda, menikmati liburan anda, menikmati uang anda, dan menikmati dunia ini.

Namun ingatlah bagi anda yang sedang berjalan, atau yang sudah lama berjalan menjadi radikal buat Tuhan, tetap lakukan itu, saya berharap Tuhan Yesus menyertaimu sampai akhir zaman.

Dahulu ketika saya masih bermain di Percasi (persatuan catur se- indonesia) kita rame-rame suka bermain bersama-sama, maksudnya mungkin 5 lawan 5. 1 orang lawan 1 orangnya itu yang bermain, sisanya 4 lawan 4 nya menjadi komentator yang berhak melakukan permainan juga.

Ada hal yang unik di sini, ketika seseorang melakukan langkah comby, atau langkah aneh untuk mendapatkan kemenangan, mereka yang sudah pernah mengambil langkah ini, pasti akan berkata kepada temannya “good job, kawan.” Namun seorang yang lain yang belum pernah melakukan hal itu, bahkan takut kalau bermain catur untuk memakai langkah comby ini, sehingga mereka hanya mencoba bermain “safety”. Sudah pasti mereka akan berkata kepada temannya, “wah salah langkah lu” Atau mereka akan berkata “wah harusnya tidak begitu, kita bisa mendapatkan kemenangan dengan cara yang biasa saja, tidak usah terlalu seperti itu.”

Itu sama halnya dengan kita yang akan mengambil langkah Radikal ini. Jangan terlalu terheran jika sekeliling anda, keluarga anda, bahkan teman-teman anda yang mungkin kelihatannya rohani pun dapat mengatakan anda salah, atau anda tidak seharusnya seperti itu, atau kata-kata lainnya yang akan membuat anda tidak jadi mengambil keputusan ini.

Namun jangan lupa sebelum anda sudah ada mereka-mereka yang mengambil langkah radikal ini, dan mereka akan berkata kepada anda hari ini juga “good job kawan” Jikalau anda mau hidup radikal,

Jadilah radikal terhadap apapun di dunia ini, kejarlah Tuhan Yesus dan kekudusannya. Jadilah remaja-remaja, pemudi-pemudi, orang tua-orang tua yang tangguh dalam memenuhi panggilan anda di bumi ini.

Sumber:
hendrykornelius08.blogspot.com
Situs Anda:
hendrykornelius08.blogspot.com